Benarkah Cabai Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?

Ilustrasi cabai.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Buat pecinta makanan pedas, rasanya ada yang kurang kalau makan tanpa sambal atau yang pedas-pedas. Ya, makanan pedas memang ampuh membangkitkan selera makan.

Ngaku Dikekang Rizky Irmansyah, Nikita Mirzani: Gue Turun Berat Badan Sampai 5 Kg

Tapi tidak hanya itu. Rasa pedas yang berasal dari cabai, ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan lho. Capsaicin, senyawa tanaman bioaktif utama dalam cabai, adalah yang bertanggung jawab atas keunikan rasa pedas dan banyak manfaat kesehatannya. Salah satunya cabai dikatakan dapat membantu menurunkan berat badan. Benarkah?

Dilansir Healthline, Kamis 31 Maret 2022, beberapa bukti menunjukkan, capsaicin dapat membantu penurunan berat badan dengan mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak.  

Daftar Harga Pangan 2 Mei 2024: Cabai Merah hingga Gula Naik

Faktanya, hasil penelitian menunjukkan, konsumsi 10 gram cabai merah secara signifikan dapat meningkatkan pembakaran lemak pada pria dan wanita.

Ilustrasi cabai.

Photo :
  • Pixabay
Tips Gaya Hidup Sehat ala Puteri Indonesia Pertama Indira Sudiro, Bisa Jaga Berat Badan Ideal

Capsaicin juga dapat mengurangi asupan kalori. Sebuah penelitian pada 24 orang yang mengonsumsi cabai secara teratur menemukan, mengonsumsi capsaicin sebelum makan dapat menyebabkan pengurangan asupan kalori.

Namun, studi lain mengamati penurunan nafsu makan dan asupan kalori yang signifikan hanya pada mereka yang tidak rutin mengonsumsi cabai. Tidak semua penelitian menemukan bahwa cabai efektif. Studi lain tidak melihat efek signifikan pada asupan kalori atau pembakaran lemak

Terlepas dari bukti yang beragam, konsumsi cabai merah atau suplemen capsaicin secara teratur dapat membantu penurunan berat badan, bila dikombinasikan dengan penerapan gaya hidup sehat lainnya.

Sebagai informasi, Gebyar Maximal BonCabe telah dilaksanakan selama periode 1 September 2021 - 28 Februari 2022. BonCabe membagikan hadiah berupa 1 unit mobil Brio Satya (off the road), 5 unit Vario 125CC CBS (off the road), 10 unit iPhone 12, 20 unit Galaxy A12, dan pulsa ratusan juta rupiah. 

Ilustrasi-Cabai merah

Photo :
  • ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Para peserta hanya perlu membeli 2 botol sambal tabur BonCabe varian apapun. Di dalam botol tersebut akan ada kode unik yang nantinya bisa di redeem, selama pengundian berlangsung.  

"Sebagai bentuk apresiasi kepada BonCabe Lovers, melalui Gebyar Maximal BonCabe, PT Kobe Boga Utama memberikan hadiah untuk para konsumen setia BonCabe. Harapannya, melalui Gebyar Maximal BonCabe bisa memberikan sedikit kebahagiaan di kala pandemi bagi masyarakat yang dengan bangga menggunakan produk lokal,” tutur Meylanie Tambelangi selaku Brand Communication Head PT. Kobe Boga Utama, dalam keterangannya, Kamis 31 Maret 2022. 

Pengundian Gebyar Maximal BonCabe telah dilakukan pada 5 Maret 2022 lalu. Total penerima hadiah Grand Prize dari BonCabe ada 36 orang, yang berhak mendapatkan berbagai hadiah grand prize. Selain Mobil Brio Satya, ada juga pemenang 5 unit motor Vario 125CC CBS (off the road), 10 unit iPhone 12 dan 20 unit Galaxy A12. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya