Resep Dokter, Sup Sehat untuk Penderita GERD

Ilustrasi penderita GERD.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Penyakit refluks gastroesofageal atau GERD kerap dialami oleh banyak orang, bahkan sempat membuat musisi Maia Estianty dilarikan ke rumah sakit. Kondisi ini sendiri kerap disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk terlambat saat makan atau salah mengonsumsi sumber nutrisi.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Dikutip dari laman Web MD, adalah gangguan pencernaan yang memengaruhi cincin otot antara kerongkongan dan perut Anda. Cincin ini disebut sfingter esofagus bagian bawah (LES). Jika Anda memilikinya, Anda mungkin mengalami mulas atau gangguan pencernaan asam. 

Istilah "gastroesofageal" mengacu pada perut dan kerongkongan. Refluks berarti mengalir kembali atau kembali. Refluks gastroesofagus adalah ketika apa yang ada di perut Anda kembali ke kerongkongan Anda. Gejala paling umum adalah mulas (asam gangguan pencernaan). Biasanya terasa seperti nyeri dada terbakar yang dimulai di belakang tulang dada dan naik ke leher dan tenggorokan. 

Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Luar Biasa Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Banyak orang mengatakan rasanya seperti makanan masuk kembali ke mulut, meninggalkan rasa asam atau pahit. Rasa terbakar, tertekan, atau nyeri mulas dapat berlangsung selama 2 jam. Ini sering lebih buruk setelah makan.

Untuk mencegahnya, butuh asupan tepat dan nikmat namun menyehatkan lambung penderita GERD. Dituturkan dokter spesialis gizi klinis, dr. Claresta Diella SpGK, M.Gizi, dalam acara Hidup Sehat, TvOne, bahwa sejumlah sayuran bisa menjadi pilihan. Seperti worten, kacang polong dan jamur kuping yang mengandung vitamin serta antioksidan dan serat namun rendah kalori sehingga aman di lambung.

Terungkap Kondisi Melitha Sidabutar Sebelum Meninggal: Lemas dan Derita Asam Lambung

Sumber makanan lainnya seperti jagung manis yang kaya serat dan pemanis alami sebagai sumber karbohdirat. Juga, protein hewani rendah lemak yaitu daging dada ayam tanpa kulit yang baik bagi penderita GERD.

"Putih telur juga bisa ditambahkan untuk tinggi protein yang baik untuk menambah cita rasa sehingga menambah selera makan penderita GERD," ujarnya beberapa waktu lalu.

Berikut resep dan cara membuat sup dada ayam sehat untuk pengidap GERD.

Bahan:

Wortel
Kacang polong
Jamur kuping
Jahung manis
Daging dada ayam tanpa kulit.
Putih telur

Bumbu:

Bawang bombay
Bawang putih 
Kaldu ayam dari rebusan dada ayam
Daun seledri
Garam
Minyak

Cara membuat:

Pilih minyak kelapa karena memiliki titik didih tinggi sehingga baik untuk menumis. Tumis bawang putih hingga harum, tambah bawang bombay. Sisihkan.

Rebus kaldu ayam. Masukan bahan lainnya.

Setelah sayuran dimasukan semua, lalu putih telur dan garam 1/2 sdt. Cek rasa, tunggu hingga matang, sajikan selagi hangat.

"Bawang sebenarnya terlalu baik bagi penderita gastritis tapi kalau dimasak dulu aman. Apalagi mengandung berbagai antioksidan untuk tubuh kita," pungkasnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya