Terkuak, Puasa Berkhasiat Buang Racun Tubuh Pasien Hipertensi

Ilustrasi hipertensi.
Sumber :
  • Pixabay/rawpixel

VIVA – Jelang Ramadhan, tentunya umat muslim di seluruh dunia menyambutnya dengan hati yang gembira. Di bulan yang suci ini, ibadah puasa yang dijalankan ternyata memberi manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh, termasuk pengidap hipertensi.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Dokter spesialis penyakit dalam, dr. Djoko Wibisono, SpPD-KGH, menuturkan bahwa berpuasa bagi pasien hipertensi terkontrol memungkinkan untuk dilakukan. Apalagi, berpuasa sendiri ampuh memberi manfaat dengan mengeluarkan racun di tubuh.

"Saat puasa pasien hipertensi makannya lebih selektif. Pengeluaran racun tetap dari ginjal, secara umum sama. Tapi dengan puasa, kita lebih seleksi makan," ujarnya dalam acara Hidup Sehat tvOne, Kamis 31 Maret 2022.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Makanan untuk menurunkan hipertensi

Photo :
  • U-Report

Ada pun dokter Djoko menganjurkan agar pasien hipertensi bisa lebih seleksi dalam pola makannya seperti menghindari makanan tinggi lemak dari gorengan. Apalagi, gorengan sendiri menjadi primadona ketika buka puasa yang membuat kadar lemak menumpuk dan berbahaya untuk pasien hipertensi.

Meninggalnya Babe Cabita Ternyata Bikin Para Sahabat Iri, Kok Bisa?

"Hindari makanan berlemak, gorengan. Perbanyak sayur dan buah, akhirnya akan perbaiki metabolisme sehingga pengeluaran racun lebih baik," tuturnya.

Selain itu, membatasi kafein juga dianjurkan lantaran sifatnya yang diuretik. Artinya, mengonsumsi kopi atau teh dapat membuat tubuh lebih sering mengeluarkan cairan melalui buang air kecil sehingga rentan dehidrasi.

"Pasien hipertensi hindari kopi dan teh terlalu banyak karena bersifat diuretik. Saat berpuasa lebih rentan dehidrasi. Kopi dan teh mengandung kafein. Pasien hipertensi harus cerdik siasati itu terutama saat buka dan sahur. Dianjurkan minum air putih 2 liter atau 8 gelas sehari," uajrnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya