5 Tips Simpel Jaga Kesehatan Sistem Reproduksi Pria

Ilustrasi pria dengan menutup penis
Sumber :
  • The Sun

VIVA – Sistem reproduksi pria merupakan salah satu bagian terpenting dari tubuh dan menjaga kesehatannya penting dilakukan. Sayangnya, kebanyakan pria mengabaikan kesehatan reproduksi mereka, sehingga akhirnya menimbulkan penyakit.

Sosok Pria yang Ikut Terseret Kasus Narkoba Chandrika Chika, Ternyata Bukan Orang Sembarangan

Kesehatan reproduksi yang baik bergantung pada pola makan, gaya hidup, kondisi medis, paparan saat bekerja dan masih banyak faktor lainnya. Berikut beberapa tips mudah menjaga organ intim tepat sehat, terutama untuk cowok, dilansir Prostate Cancer, Sabtu 2 April 2022.

Skrining penyakit menular seksual secara teratur

Pria di Florida Todongkan Pistol ke Pegawai McDonald's Hanya Gegara Saus

Jika saat ini kamu aktif secara seksual dan melakukan hubungan seks tanpa kondom, penting untuk menjalani pemeriksaan rutin untuk HIV dan penyakit menular seksual lainnya. 

Ilustrasi disfungsi ereksi.

Photo :
  • U-Report
Kecanduan Onani Berdampak Pada Pikiran dan Gaya Bicara, Begini Kata dr Boyke

Pertahankan gaya hidup sehat 

Makan-makanan bergizi dan rendah lemak, serta melakukan aktivitas fisik secara teratur akan memastikan sistem reproduksi tetap berfungsi dengan baik. Faktor penting lainnya adalah minum banyak air. Ini akan membantu ginjal mengeluarkan racun dari tubuh melalui urine. 

Berhenti merokok

Merokok dapat menjadi faktor utama disfungsi seksual pada pria. Hasil penelitian menunjukkan, mayoritas pria yang menderita disfungsi ereksi, ternyata adalah perokok. 

Rutin periksa ke dokter

Pastikan kamu melakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh, termasuk organ intim, minimal setahun sekali. Dokter akan menangkap jika ada sesuatu yang salah dan segera mengambil langkah untuk memperbaiki masalah tersebut. Jangan ragu juga untuk memberi tahu dokter mengenai masalah reproduksi yang kamu alami. 

Menjaga kebersihan

Cuci organ intim secara rutin untuk mencegah penumpukan kotoran dan kuman pada alat kelamin yang berpotensi menyebabkan infeksi. Pastikan juga memakai pakaian dalam yang bersih dengan sering menggantinya. 

Ilustrasi penis.

Photo :
  • Doc. Unsplash

Di sisi lain, GT Man, memperkenalkan pakaian dalam seamless terbaru menggunakan inovasi mesin jahit seamless pertama di Indonesia. Inovasi teknologi yang dihadirkan dalam mesin tersebut, diklaim dapat mempersingkat proses produksi hingga 50 persen, sehingga menghasilkan produk dengan harga yang lebih terjangkau dan kualitas yang lebih baik untuk para konsumennya. 

Direktur Pemasaran PT Ricky Putra Globalindo (RPG), Charlie Nawawi, mengatakan, mereka membuat pakaian dalam yang seamless, seperti spandeks, microfiber, dan nilon, serta memberikan kenyamanan dan fleksibilitas yang lebih baik dan didesain layaknya lapisan kulit.

"Dengan bahan yang dibuat untuk menyesuaikan bentuk tubuh, kami menggunakan material elastis sehingga konsumen dapat bergerak dengan leluasa," kata Charlie dalam keterangannya. 

"Pakaian yang dirancang dengan teknologi seamless akan menghasilkan pakaian yang 15 persen lebih ringan dibandingkan dengan teknologi konvensional. Produk-produk kami juga didesain dengan kain yang mudah menyerap keringat dan breathable, memastikan kenyamanan ekstra untuk tetap beraktivitas sepanjang hari," tambahnya.

Menurut Charlie, menggunakan pakaian dalam seamless diyakini tidak hanya baik untuk kesehatan dan kenyamanan, tetapi juga dapat membawa dampak positif bagi lingkungan. 

"Hal tersebut dikarenakan proses produksi teknologi seamless yang lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan proses pembuatan pakaian pada umumnya," tutur Charlie Nawawi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya