Ibu Hamil Boleh Puasa, Ini Tipsnya Agar Lancar Sampai Berbuka

Ilustrasi hamil/ibu hamil.
Sumber :
  • Freepik/user18526052

VIVA – Hamil, seringkali membuat para ibu merasa lebih lelah dari biasanya. Ditambah lagi, kondisi mual dan muntah di trimester pertama, membuat ibu hamil merasa tak nyaman. Karena hal ini, banyak ibu hamil di bulan Ramadhan memilih untuk tidak menjalankan ibadah puasa. Namun, ada juga yang kebingungan untuk ikut berpuasa atau tidak, karena khawatir membahayakan janin dan ibu. Mengenai hal ini, Dokter Spesialis Kandungan di RS Cahaya Bunda, Cirebon. dr. Yasmin Dermawan, Sp.OG, menjelaskan tentang boleh atau tidaknya ibu hamil berpuasa. 

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa

Meskipun ibu hamil diperbolehkan untuk tidak berpuasa, namun manfaat puasa bagi ibu hamil sebenarnya cukup banyak. Salah satunya mampu menyehatkan ibu dan janin yang dikandung.  "Walaupun boleh untuk tidak berpuasa, Sebenarnya ibadah ini masih bisa dilakukan jika kondisi ibu hamil, kandungan dan janin yang dikandung sehat, justru akan memberikan manfaat sehat luar biasa saat kehamilan," Katanya, Senin, 4 April 2022.

Ilustrasi ibu hamil

Photo :
  • pixabay
Mumpung Ramadhan, Ammar Zoni Banyak Berdoa Agar Segera Bebas dari Penjara

Selama dilakukan dengan benar, sejauh ini belum ada bukti bahwa ibu hamil yang puasa bisa membahayakan kesehatan janin di Kandungan. "Malahan, puasa disebut-sebut bisa memberikan manfaat sehat pada masa kehamilan," ujarnya. 

Ada beberapa tips sahur yang dibagikan dr. Yasmin Dermawan, Sp.OG untuk para ibu hamil agar bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik.  "Pilih makanan yang mengandung protein, dan lemak dalam jumlah cukup, misalnya daging dan telur," bebernya. 

Safari Ramadan di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah 2.000 Paket Sembako

Dianjurkan, saat sahur ibu hamil mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi. "Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C, seperti buah dan sayuran, tidak ketinggalan mengkonsumsi makanan yang memilik kandungan zinc tinggi seperti daging, ikan dan susu," ulasnya. 

sayur dan buah

Photo :
  • Pixabay/ carlosfs05

Tidak lupa untuk mengkonsumsi suplemen vitamin yang aman untuk ibu hamil, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama berpuasa. "Hindari makanan manis saat sahur, dan jangan lupa minum air putih yang banyak agar tidak mengalami dehidrasi," ucapnya. 

Sementara itu, saat berpuasa ibu hamil dianjurkan untuk memperbanyak istirahat atau mengurangi aktivitas baik di dalam dan di luar rumah. "Kurangi aktivitas fisik yang sekiranya banyak mengeluarkan energi, misalnya berjalan kaki dengan jarak yang jauh," ungkapnya. 

Saat berpuasa, rasa lemas menjadi hal wajar bagi ibu hamil, "walau demikian, sediakan lebih banyak waktu untuk berisitirahat," tutupnya.

Laporan: Erfan Septyawan/tvOne/ Cirebon

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya