Gula Darah Tinggi Hingga Hipertensi, 6 Penyakit Terlihat di Mata

Ilustrasi Mata
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Disebutkan bahwa mata adalah cerminan jiwa dan merefleksikan segala hal yang tersembunyi. Tapi, jika Anda melihat dengan saksama, mata juga bisa menjadi refleksi kesehatan Anda.

Parto Patrio Terbaring dibawa Pakai Ambulans, Sakit Apa?

Mata bisa memberikan detail ke dalam kondisi kesehatan Anda. Mendeteksi tanda-tanda ini bisa membantu Anda mencari pertolongan medis lebih dini dan menghindari komplikasi lebih jauh. Berikut ini 6 kondisi kesehatan yang diungkap mata dikutip dari laman Times of India.

Diabetes

5 Penyakit yang Rentan Menyerang Kucing Peliharaan

Pandangan kabu adalah masalah umum yang berkaitan dengan mata, tapi itu juga bisa berkaitan dengan diabetes tipe 2. Kadar gula darah tinggi yang kronik memberikan tekanan pada pembuluh darah, sehingga mengakibatkan bercak darah di belakang mata yang terlihat. Bercak darah di mata berarti kadar gula darah telah mencapai kadar berbahaya dan membutuhkan penanganan segera. Jika kadar glukosa tidak ditangani, bisa memicu kebutaan.

Kanker

Celine Dion Ungkap Penyakit Langka yang Dideritanya: "Saya Berharap Ada Keajaiban"

Tanda kanker payudara bisa bermanifestasi bahkan di mata. Saat sel kanker mulai menyebar ke bagian lain tubuh, tanda-tandanya bisa muncul di mata. Lesi abnormal atau massa/tumor dalam struktur mata seperti uvea (lapisan tengah jaringan di dinding mata) mengindikasikan bahwa sel kanker telah menyebar ke mata. Jika Anda punya masalah seperti pandangan kabur, mata sakit, atau melihat kilat, hubungi dokter.

Ilustrasi kanker.

Photo :
  • Times of India

Kolesterol tinggi

Kadar kolesterol tinggi di darah Anda bisa secara bertahap menumpuk di mata. Tanda yang terlihat adalah lingkaran putih, abu-abu atau biru yang terbentuk di sekitar iris. Walaupun lingkaran itu bisa terbentuk karena usia, alasan lain bisa jadi karena kolesterol tinggi. Jika di usia berapapun Anda melihat tanda ini di mata, lakukan tes kolesterol. Kolesterol tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Retina rusak

Pernahkah Anda melihat bercak kecil bergerak di sekitar area mata? Mereka disebut floaters dan terlihat di semua kesempatan. Tapi, peningkatan jumlah floaters tiba-tiba, mengindikasikan robekan retina atau terlepas. Tanda ini tidak boleh diabaikan karena seiring waktu bisa sangat merusak mata.

Infeksi

Titik putih yang terlihat di kornea (lapisan bening di atas bagian depan bola mata) bisa menjadi sinyal infeksi kornea. Tanda ini sebagian besar muncul pada mereka yang menggunakan lensa kontak daripada kacamata. Lensa yang terkontaminasi bisa memicu kornea terluka dan sakit.

Ilustrasi mata.

Photo :
  • Pixabay/ ShaunNameNotTaken

Penyakit kuning

Jika bagian putih mata Anda berubah kuning maka itu menandakan Anda menderita penyakit kuning. Penyakit kuning adalah kondisi yang muncul karena bilirubin (senyawa kuning yang terbentuk dari pecahan sel darah merah) yang berlebihan di dalam darah. Jumlah senyawa yang meningkat di darah saat liver Anda tidak bisa menyaringnya dengan benar. Kondisi ini juga bisa membuat urine dan kulit Anda berubah kuning.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya