Minum Jus Ini Setiap Hari, Bantu Atasi Diabetes Hingga Hipertensi

Ilustrasi jus.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Banyak orang tidak mendapatkan nutrisi yang cukup dengan mengonsumsi buah dan sayuran secara langsung. Hal itu karena, kebanyakan orang tidak mampu mencukupi kebutuhan buah dan sayuran sesuai yang direkomendasikan. 

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Dalam kasus seperti itu, mengonsumsi jus adalah cara termudah untuk meningkatkan asupan dan mendapatkan berbagai nutrisi penting dari buah dan sayuran. 

Membuat jus adalah cara cepat dan mudah untuk memasukkan lebih banyak nutrisi ke dalam makanan, yang juga direkomendasikan sebagai makanan tambahan yang mengandung tinggi serat. 

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Berikut beberapa jus yang terbuat dari buah-buahan dan sayuran yang dapat membantu mengatasi berbagai penyakit, jika dikonsumsi secara rutin, dilansir The HealthSite, Senin 11 April 2022. 

Ilustrasi jus/smoothie.

Photo :
  • Pixabay/ StockSnap
Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Jus untuk asma
Diet kaya vitamin A dan D, dapat membantu mengelola kondisi penderita asma. Untuk mendapatkan asupan nutrisi penting harian, penderita asma dapat mencampur wortel, seledri, nanas dan lemon, untuk dijadikan jus yang sehat. 

Jus untuk diabetes
Penderita diabetes harus memerhatikan jenis sayuran dan buah-buahan yang mereka sertakan dalam makanan. Namun, mengonsumsi jus tetap aman bagi penderita diabetes jika mereka fokus pada sayuran non tepung dan rendah karbohidrat, serta buah-buahan yang ramah diabetes. 

Jus yang bisa bermanfaat bagi penderita diabetes adalah, campuran wortel, bayam dan seledri. 

Jus untuk tekanan darah tinggi
Tekanan darah tinggi atau hipertensi kini umum diderita oleh usia muda maupun tua. Pasien dengan tekanan darah tinggi harus menghindari makanan yang digoreng secara berlebihan atau tinggi lemak trans. 

Ilustrasi Hipertensi.

Photo :
  • U-Report

Penderita hipertensi harus mengonsumsi makanan seimbang yang kaya akan karbohidrat kompleks, serat dan protein. Diet tekanan darah tinggi juga harus mencakup potasium dan sayuran kaya serat. 

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan minum jus sehat dan segar. Kamu bisa memasukkan bit, seledri, bayam dan jahe untuk dibuat jus. 

Jus untuk eksim
Penderita eksim akan merasakan ketidaknyamanan. Ini menyebabkan rasa gatal yang terus-menerus, kulit bengkak dan gatal, daerah keropeng yang luas, dan gangguan tidur pada kasus yang parah. 

Eksim dapat diobati dengan berbagai perawatan. Minum jus adalah salah satu cara untuk mengatasi eksim. Beberapa bahan terbaik untuk dijadikan jus bagi penderita eksim antara lain, kangkung, bayam, peterseli dan ceri. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya