Mengenal Jumlah Gigi Orang Dewasa, Anatomi, dan Cara Perawatannya

Gigi sehat
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Jumlah gigi orang dewasa dengan anak-anak tentu saja berbeda. Pada anak-anak biasanya hanya mempunyai 20 gigi susu, sementara pada orang dewasa biasanya memiliki 32 gigi tetap. Supaya jumlah gigi tersebut tidak berkurang dan fungsinya tetap terjaga, perawatan gigi harus dilakukan sejak dini. Semua gigi susu anak biasanya sudah tanggal dan akan berganti menjadi gigi tetap di usia 12-14 tahun. 

Tegas, Ustaz Khalid Basalamah Larang Konsep Puasa Setengah Hari Dikenalkan kepada Anak

Pada usia tersebut, gigi anak yang awalnya berjumlah 20 buah akan bertambah sampai berjumlah 32 buah ketika ia beranjak dewasa menginjak usia 17-21 tahun. Usai tumbuh menjadi 28 gigi, akan tumbuh empat gigi tambahan guna melengkapi jumlah semua gigi menjadi 32 buah. Empat gigi terakhir yang tumbuh tersebut dinamakan sebagai gigi bungsu. Nah, berikut adalah ulasan tentang jumlah gigi orang dewasa yang disadur dari berbagai sumber. 

Anatomi Gigi

5 Tips Ampuh Cegah Bau Mulut Saat Puasa Ramadhan

Anatomi Gigi

Photo :
  • Tangkapan Layar

Anatomi gigi terbagi menjadi dua bagian dasar. Bagian pertama adalah mahkota yang menjadi bagian gigi berwarna putih dan terlihat. Sementara bagian kedua adalah akar gigi yang tidak dapat dilihat. Akar akan meluas ke bawah garis gusi dan membantu mengikat gigi ke tulang. Jumlah akar dalam setiap jenis gigi akan berbeda-beda. Berikut adalah struktur gigi menurut VCDental:

Semangat Rayakan Masa Terbaik dan Momentum Cantiknya Perempuan Indonesia
  • Enamel

Enamel merupakan bagian luar gigi yang paling keras dan berwarna putih. Struktur yang satu ini mengandung 95% kalsium fosfat yang memiliki fungsi untuk melindungi jaringan vital di dalam gigi. Enamel ini tidak mempunyai sel hidup sehingga tidak bisa memperbaiki dirinya sendiri saat terjadi pembusukan atau ada bakteri. 

  • Dentin

Dentin merupakan lapisan dalam dari enamel. Ini juga menjadi bagian keras yang mengandung tabung kecil. Saat enamel sebagai lapisan pelindung dentin rusak, suhu panas atau dingin bisa masuk ke dalam gigi lewat jalur tersebut dan mengakibatkan sensitivitas gigi sampai timbul rasa sakit. 

  • Cementum

Cementum merupakan lapisan jaringan ikat yang memiliki warna kuning muda yang mengikat akar gigi dengan kuat ke bagian gusi dan tulang rahang. Cara terbaik untuk melindungi dari pembusukan adalah dengan merawat gusi secara maksimal. 

Bila tidak dirawat dengan baik, maka gusi dapat menjadi sakit sampai menyusut. Membuat cementum bertumpuk plak dan bakteri juga berbahaya. 

  • Pulpa

Pulpa merupakan bagian dalam dari anatomi gigi yang lebih lembut dan bisa ditemukan di pusat gigi serta inti gii kamu yang berisi pembuluh darah, saraf, serta jaringan lunak yang lain. Bagian tersebut memiliki fungsi untuk memberikan nutrisi dan sinyal pada bagian gigi. 

Bagian dari anatomi gigi yang satu ini juga memiliki pembuluh getah bening dengan ukuran kecil yang membawa sel darah putih ke bagian gigi untuk membantu dalam mengatasi bakteri. 

  • Periodontal Ligamentum

Ini merupakan jaringan yang berfungsi untuk manahan gigi dengan kuat melawan rahang. Ligamentum periodental ini membantu gigi untuk menahan kekuatan saat menggigit atau mengunyah. 

  • Gusi

Anatomi gigi yang terakhir ini merupakan jaringan lunak yang berwarna merah mudah. Memiliki fungsi untuk melindungi tulang rahang dan akar gigi. 

Jumlah Gigi Orang Dewasa

karang gigi

Photo :

Seperti yang kita ketahui bahwa gigi membantu kamu dalam mengunyah makanan sehingga lebih mudah untuk dicerna. Setiap jenis gigi mempunyai bentuk yang sedikit berbeda dan mempunyai fungsi tersendiri. Nah, berikut adalah jumlah gigi orang dewasa dan anatominya. 

  • Gigi Seri

Jumlah gigi orang dewasa pada bagian gigi seri berjumlah 8 buah yang terletak di depan mulut, tepatnya 4 di atas dan 4 di bawah. Gigi seri ini mempunyai fungsi untuk memotong, menggigit, merobek, dan menahan makanan. Gigi ini umumnya adalah gigi pertama yang muncul sekitar 6 bulan usia bayi. 

  • Gigi Taring

Gigi taring ini merupakan gigi yang terletak di bagian sisi gigi seri yang berjumlah 4 gigi, 2 atas dan 2 bawah. Adalah gigi yang paling tajam dan lancip sehingga bisa dipakai untuk merobek makanan. Gigi taring ini biasanya muncul di antara usia 16 sampai 20 bulan dengan gigi taring yang terletak tepat di atas dan di bawah. Tapi, untuk gigi permanen, urutannya terbalik, gigi taring baru akan berganti di usia 9 tahun. 

  • Gigi Premolar

Gigi Premolar ini dipakai untuk mengunyah atau menggiling makanan yang ada di dalam mulut. Orang dewasa biasanya mempunyai 8 gigi premolar pada setiap sisi mulut, 4 rahang atas, dan 4 di bagian rahang bawah. Premolar ini muncul pada usia sekitar 10 tahun dan premolar kedua muncul setahun setelahnya. 

Premolar berada di antara gigi taring dan gigi geraham. Premolar dan molar ini mempunyai serangkaian elevasi (titik atau puncak) yang bisa dipakai untuk memecah makanan. Setiap gigi premolar biasanya akan mempunyai dua katup yang dipakai untuk meggiling makanan. 

  • Gigi Geraham

Gigi ini juga dipakai untuk mengunyah dan juga menggiling makanan. Gigi geraham adalah gigi pipih yang terletak di bagian belakang mulut. Gigi ini biasanya muncul di antara uia 12-28 bulan, dan akan digantikan dengan premolar pertama dan kedua (4 atas dan 4 bawah). Jumlah gigi orang dewasa pada bagian geraham adalah 8 gigi. 

  • Gigi Geraham Bungsu

Gigi ini adalah yang paling akhir muncul dan berada di bagian paling belakang gigi. Umumnya, gigi bungsu ini belum muncul sampai seseorang menginjak usia 18 sampai 20 tahun. Akan tetapi, pada beberapa orang mungkin gigi ini tidak akan tumbuh sama sekali.

Tapi sayang, gigi geraham bungsu ini dapat tumbuh mendesak gigi yang lain sampai mengakibatkan nyeri bahkan infeksi sehingga perlu adanya pengangkatan gigi. Bila tumbuhnya gigi bungsu ini menyakitkan dan mengganggu kenyamanan, biasanya harus melewati proses operasi untuk mengangkatnya. 

Perawatan Gigi

gigi

Photo :
  • U-Report
  • Sikat Gigi

Rajin menyikat gigi setiap hari merupakan salah satu perawatan untuk mempertahankan jumlah gigi orang dewasa. Menyikat akan membersihkan plak dan sisa-sisa makanan yang menempel di bagian gigi. Gigi yang terjaga dengan bersih akhirnya akan mencegah risiko masalah gigi dan mulut seperti gigi berlubang, radang gusi, sampai penyakit gusi. 

  • Bersihkan Sela-Sela Gigi

Agar gigi benar-benar terbebas dari plak dan sisa makanan, maka kamu harus membersihkan sela-selanya dengan benang gigi khusus. Perawatan ini juga kerap disebut sebagai flossing gigi dan tidak boleh dilewatkan setiap hari. Flossing ini ada baiknya dilakukan setelah kamu menyikat gigi. 

  • Bersihkan Lidah

Tahukah kamu bahwa sekitar 50 persen bakteri yang ada di dalam mulut ternyata bersarang di permukaan lidah. Bukan hanya akan memicu kerusakan gigi, tapi bakteri yang bersarang di lidah juga akan mengakibatkan bau mulut. Inilah sebabnya membersihkan lidah juga harus dimasukkan ke dalam rangkaian perawatan untuk menjaga kesehatan jumlah gigi orang dewasa. 

Kamu bisa membersihkan lidah dengan sikat gigi atau dengan alat penggosok gigi khusus yang dapat dibeli di supermarket. Tidak usah khawatir mana yang paling baik, karena keduanya sama-sama bisa membantu untuk membersihkan bakteri yang ada di lidah. 

Ilustrasi bau mulut.

6 Tips Ampuh Mengatasi Bau Mulut saat Berpuasa

Beberapa faktor dapat menyebabkan bau mulut selama berpuasa, termasuk makanan yang kita makan saat sahur yang memiliki bau menyengat memungkinkan bakteri berkembang cepat

img_title
VIVA.co.id
31 Maret 2024