10 Cara Menghilangkan Bau Ketiak, Supaya Tampil Percaya Diri

Ilustrasi bau ketiak.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Cara menghilangkan bau ketiak. Bukanya hanya mengganggu aktivitas kita sehari-sehari, bau ketiak yang muncul membuat kita tidak percaya diri. Bau ketika disebabkan ketika bakteri yang terdapat pada kulit ketiak kemudian bertemu dengan keringat yang diproduksi oleh tubuh di arena ketika.

Ramalan Zodiak Senin 8 April 2024, Sagitarius: Ada Kesempatan Menyambut Cinta Masa Lalu

Seperti yang diungkapkan oleh dr. Fadhli Rizal Makarim "Bau ketiak dapat mengganggu pengidap dan menurunkan rasa percaya diri. Namun jangan khawatir, lakukan beberapa cara jitu untuk membantu kamu menghilangkan bau ketiak. Mandi secara rutin, memakai pakaian berbahan katun, mencuci handuk, hingga menggunakan beberapa bahan alami bisa menjadi cara menghilangkan bau ketiak yang mengganggu"

keringat yang diproduksi oleh tubuh di seluruh bagian tubuh, akan tetapi keringat yang dihasilkan dari arena ketika mengandung lebih banyak protein dan lemak. Maka dari itu saat keringat di ketiak terpapar bakteri pada kulit bagian ketiak menimbulkan bau yang tidak sedap.

Persiapan Mudik Bawa Anak, Waspada Gejala dan Pertolongan Pertama

Berikut beberapa cara menghilangkan bau ketiak, supaya anda tampil percaya diri, seperti dikutip dari berbagai sumber, sebagai berikut:

- Cara Menghilangkan Bau Ketiak

Bank Mandiri Tingkatkan Kontribusi ke Target SDGs Lewat Program Kesehatan TJSL

1. Hindari Obat Tertentu

Obat-obatan

Photo :
  • Times of India

Meskipun bau dalam tubuh itu terbilang sangat normal, namun ada beberapa orang yang memiliki bau yang berlebihan dari biasanya, hal ini disebut sebagai hiperhidrosis. penyebab bau ketika berlebihan, mungin cara menghilangkan bau ketika pertama bisa menghindari beberapa obat tertentu, seperti obat hipertensi atau antidepresan.

Untuk mengendalikan produksi keringat yang berlebihan, Anda perlu konsultasi pada dokter. Dokter akan memberikan obat sesuai kondisi Anda sehingga bau ketiak dapat berkurang.

2. Rutin Mencukur Bulu Ketiak

ilustrasi mencukur bulu ketiak

Photo :
  • U-Report

Cara menghilangkan bau ketiak bisa dengan mencukur bulu ketiak, bisa jadi bulu ketiak yang lebat bisa menjado tempat kerkembangnya bakteri. hal tersebut akan menjadi parah jika dibiarkan terus, akan menimbulkan bau yang tidak sedap setidaknya anda harus rajin memotong bulu ketiak anda minimal satu minggu sekali, cara memotongnya juga harus searah supaya tidak melukai kulit ketiak anda.

3. Pakai Deodoran

Deodoran

Photo :
  • U-Report

Cara menghilangkan bau ketiak bisa menggunakan Deodoran, cara ini terbilang sangat cepat dan sederhana untuk menghilangkan bau yang tidak sedap, pasalnya aroma dari deodoran bisa saja menghilangkan bau keringat yang anda dalam tumbuh anda. Menggunakan deodoran menyebabkan kulit anda menjadi lebih asam dan bisa mencegah kelebihan keringat yang ada dalam tubuh anda.

4. Lidah Buaya

Ilustrasi lidah buaya/aloe vera.

Photo :
  • Freepik

Cara menghilangkan bau ketiak bisa juga dengan lidah buaya. Lidah buaya tidak hanya bagus untuk pertumbuhan rambut atau kulit kepala, akan tetapi bisa digunakan untuk menghilangkan bau ketiak, pasalnya kandung lidah buaya terdapat sumber antioksidan dan antibakteri yang dapat digunakan sebagai solusi untuk mengatasi bau ketiak. Caranya, aplikasikan langsung gel lidah buaya ke ketiak, diamkan semalaman. Saat pagi hari, bilas hingga bersih.

5. Menjaga Kebersihan Tubuh

5 Tips Menjaga Kebugaran Tubuh dengan Konsumsi Makanan Tepat

Photo :
  • vstory

Cara menghilangkan bau ketiak, anda harus bisa menjaga kesehatan tubuh dengan benar, anda harus mandi sehari setidaknya dua kali, terutama jika anda yang sering melakukan aktivitas di luar, setelah selesai mandi anda harus membersihkan bagian ketiak yang masih basah ketika selesai mandi, bagian ketika harus tetap kering jangan sampai lembab, ketika yang lembab akan menimbulkan aroma yang tak sedap.

6. Menjaga Pola Makan

Pola makan sehat Rasulullah SAW.

Photo :
  • U-Report

Cara menghilangkan bau ketiak, dengan menjaga pola makan anda, pasalnya makan juga bisa mempengaruhi kondisi badan anda, hindari makanan pedas dan beraroma yang menyengat, seperti kari dan bawang, karena makanan seperti itu dapat menyebabkan bau keringat yang sangat berlebihan, bahayakan minum alkohol pun dapat menyebabkan bau keringat.

7. Kentang

Kentang.

Photo :
  • U-Report

Cara menghilangkan bau ketiak bisa dengan kentang, kentang selain enak di goreng, bahan yang satu ini bisa juga untuk menghilangkan bau ketiak, Hal ini dikarenakan kandungan dalam kentang berfungsi untuk mengendalikan produksi keringat dan mencegah bakteri yang ada di ketiak. Selain itu, asam alami dalam kentang bermanfaat untuk menurunkan pH di kulit ketiak. Caranya, iris kentang tipis, lalu gosok secara perlahan ke ketiak. Diamkan selama beberapa waktu hingga sari kentangnya kering. Kemudian, balurkan deodoran di ketiak.

8. Minyak Kelapa

Minyak kelapa.

Photo :
  • U-Report

Cara menghilangkan bau ketiak bisa menggunakan minyak kelapa, tidak hanya untuk memasak saja, minyak kelapa juga bagus untuk kesehatan kulit ketiak anda dan bisa menghilangkan bau aroma yang tidak sedap, Kandungan tersebut dapat melawan berbagai mikroba dan membunuh bakteri di ketiak, sehingga mampu menghilangkan bau tak sedap.

Caranya, siapkan minyak kelapa, lalu aplikasikan langsung ke ketiak dengan menggunakan jari-jari Anda. Setelah itu, diamkan hingga minyak kelapa menyerap ke dalam kulit. Lakukan langkah ini sebanyak 1-2 kali dalam sehari setelah mandi untuk hasil yang lebih optimal.

9. Pilih Baju yang Tepat

Ilustrasi baju

Photo :
  • Stocksnap

Cara menghilangkan bau ketiak bisa dengan menggunakan pakaian yang tepat, hal ini juga sangat berpengaruh mengontrol keringat anda, penggunaan baju yang tepat atau menggunakan baju yang bisa menyerap keringat anda itu sangat direkomendasikan.

setelah itu baju sebaiknya sekali pakai saja, kemudian cuci hingga bersih dan tambahkan pewangi, serta menjemur di bawah sinar matahari supaya menghilangkan bakteri yang menempel di baju anda.

10. Perasan Lemon

Manfaat lemon

Photo :
  • stardaily

Selain segar untuk dijadikan minuman, Lemon termasuk cara menghilangkan bau ketiak, dalam kandungan lemon terdapat asam dan antibakteri dalam lemon sangat bermanfaat sebagai cara menghilangkan bau ketiak. Kandungan tersebut berfungsi untuk meredakan kadar pH di kulit dan mencegah munculnya bakteri.

Caranya, potong lemon menjadi dua, lalu aplikasikan secara langsung ke ketiak. Selanjutnya, diamkan hingga mengering dan bilas hingga bersih dengan air putih. Jika Anda memiliki kulit sensitif, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum melakukan cara ini.

- Penyebab Bau Ketiak

1. Kelebihan Berat Badan

Timbangan berat badan

Photo :

Penyebab bau ketiak bisa dari kelebihan berat badan, Orang yang kelebihan berat badan lebih berisiko mengalami bau ketiak daripada orang dengan berat badan normal. Lipatan lemak yang jumlahnya banyak bisa membuat kotoran dan bakteri penyebab bau badan tertahan pada permukaan kulit. Bahkan, bau ketiak akan semakin menyengat jika orang yang kelebihan berat badan malas membersihkan tubuh secara teratur.

2. Hot Flashes

Ilustrasi berkeringat.

Photo :
  • Pixabay

Hot Flashes merupakan sensasi panas yang berlebihan terkadang muncul di bagian wajah, leher, dan dada, hal tersebut bisa memicu keringat berlebihan dan sering dialami oleh sebagian wanita yang memasuki menopause. Di samping itu, hot flashes juga bisa terjadi ketika kamu stres berat atau terbiasa mengkonsumsi makanan yang kandungan gizinya kurang seimbang, misalnya fast food.

Ilustrasi zodiak

Ramalan Zodiak Selasa 9 April 2024, Virgo Harus Berhati-hati

Ramalan zodiak Selasa, 9 April 2024. Taurus patah hati mulai menemukan kedamaian. Leo sedikit stres hari ini. Virgo harus berhati-hati. Pisces keluar dari zona nyaman.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024