10 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Bahan Alami dan Obat

Rambut gatal karena kutu
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Cara menghilangkan kutu rambut, tentunya harus dipahami oleh semua orang supaya kutu rambut tidak semakin banyak bersarang di kepala. Selain itu, mempunyai kutu di rambut kepala akan sangat mengganggu dan bila terus dibiarkan akan timbul sensasi gatal sampai infeksi. Penyebab utama dari munculnya kutu di dalam rambut adalah kurangnya dalam hal menjaga kebersihan, mulai dari menyisir, sprei, handuk, baju, dan karpet.

Suka Pake Viagra Biar Genjreng di Ranjang? Hati-hati, Bisa Mengancam Jiwa

Kutu yang hinggap di dalam rambut atau kulit kepala akan terus bertahan di dalam kepala karena menghisap darah supaya bisa berkembang biak. Guna memutuskan proses berkembangbiak kutu, maka kamu harus melakukan berbagai cara menghilangkan kutu rambut. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah cara menghilangkan kutu rambut yang sangat ampuh.

Kutu rambut merupakan serangan parasit yang hidup di alam kulit kepala, kutu rambut yang dapat berkembang biak dengan cepat dan menghasilkan telur-telur di dalam rambut dan akan terus menempel hingga menetas. Kutu rambut juga dapat mengganggu aktivitas sehari-sehari kita seperti gelisah, gatal hingga hilangnya rasa percaya diri, maka dari itu kutu rambut harus segera diobati dengan baik.

Perkembangan Terbaru Pengobatan TBC Resisten Obat, Bikin Cepat Sembuh dengan Obat Ini!

berikut beberapa cara menghilangkan kutu rambut, seperti dikutip dari berbagai sumber, sebagai berikut:

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Bahan Alami

Gak Perlu Obat, Tekan Sejumlah Titik Ini agar Tak Mabuk saat Mudik

1. Kondisioner

Kondisioner.

Photo :
  • Istimewa

Cara menghilangkan kutu rambut, bisa dengan menggunakan kondisioner pada rambut lalu menyisir nya dengan sisir serit merupakan langkah yang efektif untuk menghilangkan kutu rambut beserta telurnya. cara menghilangkan kutu rambut dengan seperti ini sangat mudah untuk dilakukan, berikut beberapa caranya:

- Cuci rambut dengan sampo hingga bersih.
- Oleskan kondisioner pada seluruh permukaan rambut dan kulit kepala.
- Sisir rambut selagi basah menggunakan sisir serit, mulai dari akar - hingga ujung rambut.
- Bersihkan kutu, telur, atau kotoran yang terperangkap pada sisir serit dengan memasukkannya ke dalam wadah berisi air hangat.

2. Minyak Zaitun

Manfaat Minyak Zaitun

Photo :
  • U-Report

Cara menghilangkan kutu rambut bisa dengan menggunakan minyak zaitun, selain bagus untuk kesehatan kulit, minyak zaitun juga kerap digunakan untuk membersihkan rabut dari kutu, berikut cara menghilangkan kutu rambut menggunakan minyak zaitun sebagai berikut:

- Oleskan minyak zaitun atau minyak almond pada rambut.
- Pisahkan dan jepit rambut menjadi beberapa bagian.
- Sisir setiap bagian rambut menggunakan sisir serit, mulai dari akar rambut hingga ujungnya.
- Bersihkan kutu, telur, atau kotoran yang terperangkap pada sisir serit dengan memasukkannya ke dalam wadah berisi air hangat.
- Setelah selesai menyisir rambut, cucilah rambut dengan sampo hingga bersih.

3. Cuka Apel

Cuka apel

Photo :
  • Times of India

Cara menghilangkan kutu rambut bisa dengan mencuci rambut dengan campuran cuka dan air hangat. Cuka mengandung khasiat yang membunuh dan menyingkirkan telur kutu dan kutu. Campuran ini harus dioleskan langsung ke seluruh kulit kepala.

Campurkan secangkir cuka dengan secangkir air hangat. Selanjutnya, oleskan campuran ini pada kulit kepala dan tutupi rambut kamu dengan topi rambut, dan biarkan bekerja selama kurang lebih 30 menit. Kemudian, cuci rambut kamu seperti biasa dengan sampo biasa.

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa.

Photo :
  • U-Report

Selain berfungsi untuk memasak, minyak kelapa juga termasuk salah satu cara menghilangkan kutu rambut, cara ini terbilang sangat efektif, pasalnya minyak kelapa bisa membuat kutu rambut mati. cara penggunaan terbilang sangat mudah hanya cukup mengarah kebagian rambut kemudian tunggu hingga meresap kedalam kulit, setelah itu bilas pakai shampo.

Kemudian gunakan sisir serit untuk mendapatkan kutu beserta telurnya agar tidak ada lagi kutu yang berkeliaran di atas kepala. Lakukan beberapa kali untuk mendapatkan hasil terbaik.

5. Bawang Putih

Bawang putih untuk obat.

Photo :
  • vstory

Cara menghilangkan kutu rambut, anda bisa menggunakan bawang putih, kutu biasanya tidak menyukai aroma yang menyengat, jadi menggunakan bawang putih mungkin bisa anda gunakan, cukup dengan mencampurkan 8 siung bawang putih dan campur dengan jeruk nipis dengan mencampurnya menjadi kental, kemudian oleskan kebagian kepala, tunggu 30 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

6. Tea Tree Oil

Tea tree oil

Photo :

Cara menghilangkan kutu rambut, bisa dengan menggunakan tea tree oil merupakan salah satu pengobatan untuk menghilangkan kutu rambut yang paling baik, cukup dengan menuangkan tea tree oil ke dalam botol semprot dan campur dengan air.

Semprotkan pada kulit kepala kemudian tutup dengan handuk tunggu beberapa menit sebelum dibilas dengan air bersih, cara itu lakukan selama dua minggu sekali.

- Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Obat-obatan

1. Keramas Sebelum Menggunakan Obat

Ilustrasi obat-obatan

Photo :
  • Pixabay

Cara menghilangkan kutu rambut menggunakan obat-obatan, sebaiknya keramas terlebih dahulu, untuk menghasilkan yang lebih baik, gunakan sampo tanpa kondisioner karena dapat mengurangi kemanjuran dari obat tersebut. Setelah itu, bilas rambut hingga bersih dan keringkan rambut dengan handuk. Kemudian, aplikasikan obat kutu rambut sesuai petunjuk.

2. Oleskan Obat Kutu

Potong rambut

Photo :
  • pixabay

Sebelum mengoleskan obat kudu, alangkah baiknya untuk membaca petunjuk dari dokter, supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, pasalnya setiap produk beda-beda cara pemakaian. Anda bisa saja mengoleskan kebagian rambut yang gatal, selain itu jauhkan obat oles dari telinga dan mulut.

3. Bilas Rambut

Potong rambut

Photo :
  • pixabay

Setelah mengoleskan obat ke bagian rambut sesuai dengan petunjuk dan syarat dari dokter, diamkan beberapa menit atau sekitar 10 menit, setelah kering bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk.

4. Sisir Rambut

sisir rambut beraroma

Photo :
  • genius beauty

Setelah rambut kering, sisir rambut secara keseluruhan dengan sisir kutu atau sisir bergigi rapat. Hal ini bertujuan untuk membasmi kutu dan telur yang menempel pada batang rambut.

Jangan lupa untuk memeriksa kembali rambut selama 2-3 hari setelah obat dioleskan untuk menurunkan risiko adanya telur kutu. Meski tidak ada kutu yang jatuh, tidak ada salahnya untuk memastikan kutu sudah hilang.

Ilustrasi beli obat bisa lewat layanan telefarmasi.

Istri Bintang Emon Positif Narkoba Gegara Obat Flu, Begini Penjelasan Ahli

Terkait kasus yang dialami oleh Alca Octaviani, ada 2 jenis obat yang telah ia konsumsi di antaranya adalah obat actifed yang mempunyai kandungan pseudoephedrine.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024