Durian Memicu Darah Tinggi, Fakta Atau Mitos?

Hipertensi
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Durian dikenal dengan kulitnya yang berduri dengan aroma khas dan rasa daging buah lembut nan menggoda lidah. Kendati begitu, mengonsumsi durian berlebihan diduga berkaitan dengan tekanan darah tinggi alias hipertensi. Benarkah?

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Hipertensi jika tidak terkontrol dapat menyebabkan komplikasi, termasuk serangan jantung dan stroke, aneurisma, gagal jantung, melemah dan menyempitnya pembuluh darah di ginjal, penyempitan pembuluh darah yang robek di mata, sindrom metabolik , masalah dengan memori atau pemahaman, dan demensia.

Tapi apa yang kebanyakan orang pikirkan tentang durian hanyalah mitos. Sebab, makan durian rupanya tidak memicu tekanan darah Anda melonjak, menurut Dr. Bernard Chiew, ahli jantung di Rumah Sakit Davao Doctors.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Dikutip dari laman Edge Davao, salah satu spesialis jantung terkemuka di Davao ini mengatakan bahwa tidak ada bukti yang menunjukkan durian dapat menyebabkan tekanan darah meningkat saat makan durian. Hal ini didukung oleh sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Food Properties.

Studi ini menyelidiki korelasi antara asupan durian dan peningkatan tekanan darah dan detak jantung pada pria sehat. Para peserta mengonsumsi plasebo, 250 gram atau 500 gram daging durian. Tekanan darah dan detak jantung diukur pada berbagai interval hingga 24 jam.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

“Tekanan darah sistolik dan diastolik tetap normal untuk kelompok yang diberi durian,” kata studi tersebut.

“Namun, peningkatan signifikan dalam detak jantung diamati pada kelompok yang diberi 500 gram durian dalam waktu setengah hingga 2 jam. Asupan durian dalam jumlah sedang tidak mempengaruhi tekanan darah dan detak jantung pada individu yang sehat.”

Namun terlepas dari kenyataan ini, orang masih percaya makan durian menyebabkan hipertensi. Namun, ada juga yang tidak menganggapnya demikian. 

“Itu tidak benar sama sekali,” kata Maria Lehrie A. Paradillo, seorang perawat.

“Selama kehamilan pertama saya, saya biasa makan durian tujuh kali sehari ketika durian sedang musim dan tekanan darah saya tetap normal.”

Namun, seperti buah-buahan lainnya, durian harus dimakan dalam jumlah sedang. Meski, tak ada kaitannya dengan hipertensi sama sekali.

“Tidak ada bukti ilmiah atau medis yang dapat menyebabkan darah tinggi,” kata Val Turtur, presiden Asosiasi Pengembangan Industri Kakao dari Mindanao, Inc.

Ia menambahkan, “Ketika Anda makan lebih banyak dari rata-rata, itu dapat menyebabkan hipertensi. Segala sesuatu yang terlalu banyak dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah.”

Hipertensi / Sakit kepala

Photo :
  • Times of India

Makan durian terlalu banyak bisa berakibat fatal. Pada tahun 2009, seorang pegawai pemerintah di Thailand meninggal setelah makan 5 durian dalam satu waktu. Di Singapura, seorang pengusaha yang makan durian 4 kali berturut-turut juga meninggal pada tahun 2012.

Jika Anda terdiagnosis diabetes, cobalah untuk membatasi asupan durian atau lebih baik tidak makan. Orang dengan diabetes mungkin mengalami kenaikan gula darah jika terlalu banyak dimakan. Ini dapat menyebabkan gejala seperti penglihatan kabur dan mual.

“Durian tinggi gula seperti fruktosa dan glukosa,” tulis laman raffleshealth.com. 

“Orang dengan diabetes dapat makan durian, asalkan mereka tetap dalam dua porsi buah yang direkomendasikan per hari – dua biji durian sama dengan satu porsi buah,” saran healthhub.sg.

Durian adalah pembangkit tenaga nutrisi. Buah ini mengandung energi 147 kilokalori, protein 1,47 gram, karbohidrat 27,09 gram, dan karbohidrat 3,8 gram. total serat makanan, menurut Basis Data Gizi Nasional untuk Referensi Standar. Total lipid (lemak) adalah 5,33 gram.

Durian mengandung mineral berikut: kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan seng. Di antara vitamin yang dikandungnya adalah: vitamin C, tiamin, riboflavin, niasin, vitamin B6, dan vitamin A.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya