Cara Mengetahui Sakit Tenggorokan Akibat COVID-19

Sakit tenggorokan
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Dari flu biasa hingga flu, sakit tenggorokan dapat mengindikasikan penyakit yang berbeda. Ini juga salah satu dari banyak gejala potensial COVID-19 - penyakit yang disebabkan oleh virus SARs-CoV-2.

61 Kasus Flu Singapura Ditemukan di Surabaya, Kenali Gejala-gejalanya

Aplikasi studi gejala ZOE Inggris telah menyatakan sakit tenggorokan sebagai salah satu gejala utama varian Omicron COVID-19 bersama dengan sakit kepala, pilek, bersin, dan kelelahan. 

Namun semudah kelihatannya, dikutip dari Times of India, menemukan dan mengidentifikasi sakit tenggorokan yang disebabkan oleh COVID-19 mungkin cukup menantang.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Apakah sakit tenggorokan akibat COVID-19 terasa berbeda dengan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh penyakit lain? Yah, tidak ada bukti untuk menjawab itu. 

Namun, sakit tenggorokan biasanya terasa kering, nyeri, dan gatal, dan seseorang mungkin merasakan tenggorokan yang tebal, terutama ketika mereka mencoba menelan sesuatu. Ini juga dapat disertai dengan kemerahan dan peradangan di bagian belakang tenggorokan, yang dapat menyebabkan tekanan dan ketidaknyamanan.

Tidur dengan AC Menyala? Hati-hati 6 Masalah Kesehatan Ini Mengintai

Virus Corona.

Photo :
  • Times of India

Apakah ini COVID-19 atau flu?

COVID-19 dan flu adalah virus pernapasan yang memiliki efek yang agak mirip pada tubuh, menyebabkan gejala seperti demam, batuk, sakit tenggorokan, pilek, bersin, dan lainnya. 

Mereka mungkin berbeda dalam tingkat risiko dan tingkat keparahannya tetapi ditularkan melalui tetesan aerosol atau partikel virus yang lebih kecil, menyebabkan infeksi pada jalur pernapasan baik secara langsung melalui kontak atau melalui permukaan yang terkontaminasi.

Salah satu cara untuk membedakan antara kedua infeksi adalah dengan mencatat seberapa efisien mereka menyebar dari satu orang ke orang lain. Para ahli percaya virus SARs-CoV-2 menyebar lebih mudah dan lebih cepat daripada flu dan menyebabkan penyakit yang lebih serius pada beberapa orang.

Selain itu, sementara beberapa gejala flu dan COVID mungkin tumpang tindih, ada beberapa gejala seperti sesak napas, kehilangan indra penciuman atau rasa yang bertindak sebagai pembeda utama. Mereka dapat terjadi dengan infeksi COVID-19, tetapi tidak dalam kasus infeksi flu. Demikian pula, sakit kepala, mual kurang lazim pada COVID-19, tetapi merupakan gejala klasik flu.

Menurut sebuah studi survei tahun 2021, dibandingkan dengan gejala lain, sakit tenggorokan memiliki onset lebih awal, yang berarti itu terjadi sebelum sebagian besar gejala virus yang menonjol.

Karena virus pernapasan terhirup, yang berarti mereka masuk melalui hidung dan tenggorokan, maka masuk akal jika virus tersebut menyerang saluran pernapasan bagian atas terlebih dahulu.

Aplikasi ZOE juga mengatakan bahwa sakit tenggorokan merupakan tanda "awal" COVID-19. Pasien yang terinfeksi “biasanya” mengalami gejala ini pada minggu pertama sakit dan dapat membaik “cukup cepat”.

“Rasanya lebih buruk pada hari pertama infeksi tetapi membaik setiap hari berikutnya,” kata para pejabat.

Pengguna aplikasi mengatakan bahwa sakit tenggorokan COVID mereka juga terasa seperti sakit tenggorokan yang mereka alami akibat pilek laringitis. Mereka mengatakan bahwa gejalanya tidak terlalu parah, tetapi "relatif ringan".

Sakit tenggorokan akibat COVID-19

sakit tenggorokan

Photo :
  • Times of India

Menurut aplikasi studi gejala, sakit tenggorokan akibat COVID-19 biasanya berlangsung tidak lebih dari lima hari. Namun, beberapa mengeluh mengalami gejala hingga seminggu.

Para ahli percaya jika gejalanya bertahan lebih lama dari periode seminggu, itu bisa menjadi pertanda sesuatu yang lebih serius seperti infeksi bakteri. Dalam skenario seperti itu, para ahli menyarankan untuk menghubungi dokter untuk perawatan.

Ilustrasi demam

Photo :
  • U-Report

Selain sakit tenggorokan, gejala umum COVID-19 meliputi:

- Demam atau kedinginan
- Batuk
- Kelelahan
- Nyeri otot atau tubuh
- Sakit kepala
- Kehilangan rasa atau bau baru
- Sesak napas atau kesulitan bernapas
- Hidung tersumbat atau pilek
- Mual atau muntah
- Diare

Pada akhirnya, jika Anda tidak yakin dengan kondisi Anda, cara terbaik untuk mengetahuinya adalah dengan menguji diri sendiri melalui tes antigen cepat atau tes RT PCR COVID.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya