Studi: Pernah Terinfeksi COVID-19 Berisiko Efek Samping Mematikan

Virus corona
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Siapapun yang pernah terinfeksi COVID-19 dalam satu tahun terakhir dapat berisiko mengalami efek samping yang mematikan, sebuah penelitian. Virus - meskipun sekarang terasa sangat akrab - masih menjadi misteri dalam banyak hal.
Sementara kebanyakan orang akan bangkit kembali dari penyakit, terutama jika divaksinasi, para ilmuwan masih mempelajari tentang efek yang tersisa.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Dan karena Omicron adalah jenis yang lebih ringan, itu tidak menyebabkan penyakit parah pada sebagian besar orang yang dites positif, demikian dilansir dari The Sun. Tetapi sebuah penelitian baru-baru ini menemukan orang yang tertular COVID-19 memiliki risiko lebih tinggi dari sejumlah kondisi selama 12 bulan ke depan.

Bahkan mereka yang tidak memiliki penyakit yang cukup parah untuk dirawat di rumah sakit dapat mengalami masalah. Termasuk dalam daftar itu adalah penggumpalan darah, yang bisa mengancam nyawa jika tidak ditangani dengan cepat.

Penyakit Menular Arbovirosis Jadi Ancaman Baru, Menkes Budi: Lakukan 5 Hal Ini untuk Menanganinya

Setiap gumpalan darah yang terbentuk di arteri (bekuan arteri) atau vena (bekuan vena) bisa serius - terutama jika mereka kemudian pindah ke organ seperti paru-paru atau jantung.

Penelitian yang dipublikasikan di Nature Medicine, memperingatkan efek jangka panjang dari COVID-19 dapat dilihat pada jantung dan sistem pembuluh darah. Ini termasuk serangan jantung, gagal jantung, stroke, irama jantung tidak teratur, pembekuan darah, penyakit pembuluh darah dan gangguan peradangan.

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Ilustrasi COVID-19/virus corona

Photo :
  • Freepik

Studi tersebut menemukan orang yang tertular virus menghadapi risiko gagal jantung 72 persen lebih tinggi setelah 12 bulan.

Para ahli melihat data lebih dari 11 juta veteran AS, termasuk 154.000 yang memiliki COVID-19. Mereka kemudian memperkirakan risiko dalam satu tahun untuk sekitar 20 penyakit kardiovaskular.

Para peneliti menemukan mereka yang memiliki COVID-19 setahun sebelumnya memiliki risiko yang jauh lebih tinggi, dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki virus tersebut.

Perlu dicatat, bagaimanapun, bahwa masa studi berakhir sebelum vaksin tersedia. Jadi hampir semua veteran yang diteliti tidak ada satu pun jab saat terjangkit COVID-19.

Risiko masih berlaku untuk orang yang pernah mengidap COVID-19 tetapi penelitian ini tidak mencakup apakah vaksin mengurangi potensi berkembangnya 20 kondisi tersebut.

Itu terjadi setelah penelitian lain menemukan bahwa mereka yang berjuang melawan infeksi lebih berisiko mengalami kondisi yang mengancam jiwa yang telah mempengaruhi lima juta orang Inggris.

Mereka 46 persen lebih mungkin untuk mengembangkan diabetes tipe 2 untuk pertama kalinya dalam satu tahun setelah tes positif.

Temuan ini benar bahkan untuk orang yang memiliki gejala yang tidak terlalu parah, atau tidak sama sekali.

Vaksin adalah garis pertahanan terbaik, dengan tiga tusukan terakhir rata-rata setengah selama flu biasa.

Hanya mereka yang rentan, termasuk mereka yang memiliki pekerjaan berisiko tinggi dan dengan kondisi kesehatan, yang memenuhi syarat untuk mengambil swab tanpa membayar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya