7 Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Ilustrasi bau mulut.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Cara menghilangkan bau mulut saat puasa. Selama kita menjalankan ibadah puasa, ada satu masalah yang cukup mengganggu dan membuat anda menjadi tidak percaya diri yaitu permasalah bau mulut. hal itu disebabkan ketika anda tidak makan dan minum berjam-jam hal ini lah yang bisa menyebabkan bau mulut.

Puasa Selesai, Saatnya Panaskan Ranjang dengan Gaya Baru Ini!

Ketika anda menjalankan ibadah puasa, anda tidak dapat asupan makanan atau minuman untuk diproses ke dalam mulut, sehingga hal ini membuat produksi air liur berkurang, padahal fungsi dari air liur itu secara alami berguna untuk membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal di area mulut, pasalnya air liur memiliki kandungan enzim anti bakteri alami.

Akan tetapi hal itu sangat wajar ketika anda berpuasa kemudian bau mulut, namun hal ini bisa diminimalisir dengan baik, ada beberapa cara menghilangkan bau mulut saat puasa. berikut beberapa cara menghilangkan bau mulut saat puasa seperti dikutip dari berbagai sumber:

Haram Hukumnya Berpuasa pada Hari Raya Idul Fitri, Ini Penjelasannya

1. Minum Air Putih

Ilustrasi minum air mineral.

Photo :
  • U-Report
Arab Saudi dan UAE Tetapkan Idul Fitri Jatuh pada Rabu 10 April 2024

Cara menghilangkan bau mulut bisa dengan banyak minum air putih, dengan minum air putih merupakan cara yang paling mudah untuk menghilangkan bau mulut. dengan mengkonsumsi air putih bisa bikin sistem pencernaan dan metabolisme kamu menjadi optimal, saat metabolisme anda berjalan dengan baik maka organ-orang dalam tumbuh anda akan berfungsi dengan baik lalu anda bisa melakukan aktivitas dengan baik.

Mengkonsumsi air putih sangatlah penting bagi kesehatan tubuh anda, organ-organ akan membentuk saluran pencernaan seperti lambung dan usus, jadi pastikan kebutuhan cairan anda selama bulan puasa harus terpenuhi setidaknya 2 liter perhari bisa anda lakukan saat berbuka puasa, malam hari, dan tidak kalah penting minum air banyak ketika menjelang adzan subuh.

2.  Berkumur dengan Mouthwash

Obat kumur.

Photo :
  • Freepik

Ketika anda tidak makan dan minum dalam jangka waktu yang lama, maka dari itu akan menimbulkan bau mulut yang tak sedap, hal itu akan meningkatkan bakteri di mulut yang dapat mengakibatkan bau mulut. Anda dapat menghilangkan bau mulut dengan cara menggunakan obat kumur.

Untuk penggunaan obat kumur yang direkomendasikan, alahkah baiknya menggunakan obat kumur yang tidak mengandung alkohol dan dapat dipastikan bisa membunuh kuman yang ada di sekitar mulut, berkumur secara rutin apalagi setelah sahur dapat menghilangkan bau mulut.

3. Sikat gigi

Ilustrasi sikat gigi

Photo :
  • instagram.com/dentist_kush

Ketika anda selalu melakukan buka, ada baiknya anda harus menggosok gigi kemudian hal ini juga merupakan salah satu cara menghilangkan bau mulut saat puasa, ketika anda menggosok gigi pastikan menggosok dengan rata dan benar.

Dengan menggosok gigi dengan benar menjadi cara menghilangkan bau mulut saat puasa, karena membersihkan sisa makanan di mulut supaya tidak ada bakteri yang menumpuk di daerah mulut.

4. Perbanyak Konsumsi Buah-Buahan

Buah-buahan dan jus

Photo :
  • Indian Express

Cara menghilangkan bau mulut saat menjalani ibadah puasa yaitu dengan sering mengkonsumsi buah-buahan dengan kandungan air banyak seperti buah semangka atau melon, hal itu lakukan setelah berbuka puasa dan ketika selesai sahur, ini merupakan cara menghilangkan bau mulut saat puasa dengan alami.

5. Hindari Makanan Menyengat

Semur jengkol.

Photo :
  • U-Report

Ada faktor lain yang bisa menyebabkan bau mulut, yaitu mengkonsumsi makanan yang menyengat seperti jengkol dan pete, meskipun kedua makanan itu lezat, alangkah baiknya untuk dihindari ketika berbuka dan sahur. alangkah baiknya berbuka dulu dengan air putih atau dengan kurma untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh anda.

6. Cuka Apel

Ilustrasi cuka apel.

Photo :
  • U-Report

Jika anda kehabisan obat kumur, anda bisa memanfaatkan cuka apel atau soda kue sebagai cara menghilangkan bau mulut saat puasa, anda bisa memilih diantara cuka apel atau Soda kue sebagai pengganti obat kumur untuk menghilangkan bau mulut.

7. Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

Bau mulut yang mengganggu.

Photo :
  • U-Report

Mencegah bau mulut sangatlah mudah, anda bisa melakukan beberapa hal di rumah, supaya puasa anda tetap segar dan bersih dari kuman, anda hanya perlu melakukan beberapa hal ini saat menjalani ibadah puasa, berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan, sebagai berikut:

- Hindari makanan yang menyengat seperti buka dan sahur dengan jengkol, pete atau makanan yang memiliki kadar tinggi gawang seperti gulai.

- Ketika berbuka, usahakan minum air yang banyak, lakukan itu sebelum tidur dan saat sahur. asupan air yang cukup ketika menjalani ibadah puasa itu akan membuat anda semakin kuat saat puasa.

- Diusahakan untuk meninggalkan makanan dan minuman yang memiliki kadar gula tinggi saat berbuka dan sahur. bakteri akan berkembang dengan cepat ketika anda mengkonsumsi makanan dan minuman yang memiliki kadar gula tinggi.

- Konsumsi makan sehat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, kedua makanan itu mengandung air yang bisa membantu untuk meningkatkan air liur anda.

- Ketika anda hendak tidur, alahkah baiknya menggosok gigi terlebih dahulu atau bisa juga dengan berkumur menggunakan air garam, dalam air garam terdapat kandungan antiseptik yang bisa mengusir bakteri yang ada di area mulut.

- Hindari rokok, pasalnya dalam kandungan tembakau bisa menyebabkan bau mulut yang tidak sedap.

- Jika anda menyukai lemon atau jeruk, ini merupakan kabar baik, pasalnya kedua buah itu bisa menghilangkan bau mulut saat puasa, kedua buah itu mampu memproduksi air liur sehingga mulut tetap basah dan tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Diatas merupakan cara menghilangkan bau mulut saat puasa, lakukanlah langkah-langkah itu untuk menghindari bau yang tidak sedap, terkadang ketika anda berbicara atau sedang asik mengobrol akan tetapi kondisi anda sedang bau mulut itu akan menyebabkan ketidak percaan anda meningkat. maka dari itu tetap di jaga kesehatan mulut anda.

Masyarakat gunakan kereta api saat mudik Lebaran 2024 (dok: KAI)

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Masyarakat baru saja merayakan Puasa Ramadan dan Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2024, pada momen itu mayoritas masyarakat menjalankan tradisi mudik ke kampung halaman. Dari

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024