Ini Vitamin yang Harus Dikonsumsi Setiap Hari Selama Berpuasa

Ilustrasi obat/vitamin.
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Agar tubuh tetap sehat dan kuat menjalani puasa seharian, pada saat berbuka dan sahur, kita diwajibkan mengonsumsi makanan yang bergizi. Selain itu, konsumsi suplemen vitamin juga diperlukan. 

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Spesialis farmakologi klinik, dr. Lonah, SpFK, mengatakan, ada beberapa vitamin yang harus dikonsumsi setiap hari selama berpuasa. Dua di antaranya adalah vitamin C dan vitamin B kompleks. 

"Vitamin C dan vitamin B kompleks sama-sama vitamin larut air yang dapat mengoptimalkan perubahan makanan yang kita konsumsi menjadi energi yang kita butuhkan," ujarnya.

8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Gejala Menopause

Jadi, vitamin C, vitamin B kompleks dan beberapa vitamin lain, kebutuhannya harus terpenuhi setiap hari, supaya metabolisme di tubuh kita berjalan dengan baik, fungsi organ di tubuh kita berjalan dengan baik, semua makanan yang kita konsumsi bisa berubah menjadi energi dan bisa kita manfaatkan," tambah dia. 

Ilustrasi vitamin/obat.

Photo :
  • Freepik/freepik
Promo Ramadan Xtra Xiaomi Diskon Hingga Rp 800 Ribu, Bisa Buat Hadiah Lebaran

Terlebih untuk vitamin B kompleks. Menurut dokter Lonah, vitamin tersebut juga baik untuk menjaga kesehatan saraf, karena berfungsi juga sebagai pendukung pembentukan neurotransmitter. 

"Jadi selama puasa, gak lemot tetap cemerlang, tetap fokus," ungkapnya. 

Lonah menegaskan, vitamin B kompleks kebutuhan hariannya harus selalu terpenuhi. Sebab, B kompleks merupakan salah satu vitamin yang penting untuk mengubah makanan menjadi energi, yang merupakan bagian dari proses metabolisme. 

"Supaya kita tetap bersemangat, gak lemes pada saat berpuasa, semua makanan yang kita konsumsi pada saat sahur dan buka bisa dikelola, dimetabolisme, diolah dengan baik menjadi energi," ungkapnya. 

Ilustrasi vitamin/obat.

Photo :
  • Freepik/freepik

"Jadi, itulah fungsi dari beberapa vitamin yang harus dikonsumsi setiap hari dan asupannya harus terpenuhi selama bulan puasa," imbuh dr. Lonah. 

Di sisi lain, Healthy Care, juga menghadirkan rangkaian produk suplemen kesehatan. Director PT Maestro Insan Indonesia (MII), Ricky Tjahjadi, mengatakan, Healthy Care sangat peduli dengan kebutuhan para konsumen. 

"Terlebih selama bulan Ramadhan ini, saat kita harus aktif beraktivitas meski sedang menjalankan ibadah puasa. Dengan promo Ramadhan Aktif Buy 1 Get 3, konsumen bisa mendapatkan 3 produk berkualitas dari Healthy Care dengan harga terjangkau, dan berbagi ke sesama," ujar Ricky dalam keterangannya, Kamis 21 April 2022. 

Ricky menambahkan, promo tersebut berlaku untuk pembelian online di Healthy Care Official Store. Menurutnya, ada beberapa hal yang membedakan Healthy Care dari brand suplemen dan vitamin lainnya. 

Ilustrasi suplemen.

Photo :
  • Pixabay/Steve Buissinne

"Kami memiliki pengalaman puluhan tahun di Australia dengan distribusi di ribuan toko obat dan gerai ritel. Produk kami juga sudah didistribusikan secara global ke New Zealand, Thailand, Singapura, China, Vietnam, Malaysia, Hongkong, dan Taiwan," kata dia.

Selain itu menurut Ricky, semua produknya dibuat di Australia dan memiliki emblem Made in Australia, yang menunjukkan bahwa produk Healthy Care diproduksi menggunakan bahan-bahan alami terbaik yang ditanam di Australia, sesuai dengan standar TGA dan cGMP. 

"Produk kami juga sudah memiliki izin dari BPOM Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa produk Healthy Care juga memenuhi standar kualitas yang diterapkan pemerintah Indonesia," pungkas Ricky Tjahjadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya