9 Manfaat Bunga Telang yang Baik Untuk Tubuh

Bunga Telang atau Clitoria Terntea
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Manfaat bunga telang atau nama ilmiahnya adalah Clitoria ternatea dan dalam bahasa Inggris sebutannya adalah Butterfly Pea ternyata luar biasa. Banyak yang tidak tau tentang manfaat bunga telang. Umumnya, bunga telang ditanam di Asia Tenggara seperti Thailand, Vietnam, Indonesia, India dan Sri Lanka. Kelopak biru cerah dari bunga telang ini telah digunakan sebagai bahan dalam minuman teh herbal di seluruh wilayah selama berabad-abad serta digunakan dalam memasak. 

Harmoni Energi Sehat Menyuarakan Pesan Kesetaraan dalam Pelayanan Kesehatan

Bunga biru memberikan warna biru ketika direndam dalam air hangat atau panas, sehingga dapat digunakan sebagai pewarna, serta untuk menambah warna pada berbagai hidangan tradisional. Selain itu, banyak juga yang membuat teh biru yang terbuat dari kelopak bunga telang. Keajaiban datang ketika lemon, atau bentuk keasaman lainnya, ditambahkan dan mengubah teh dari biru menjadi ungu cerah. Lemon mengubah tingkat pH teh, yang menyebabkan perubahan warna. Teh biru adalah tren makanan yang populer belakangan ini, karena manfaat luar biasa yang diberikannya, untuk kesehatan manusia, seperti meningkatkan penurunan berat badan, detoksifikasi tubuh, menenangkan pikiran, memperkaya tekstur kulit, dan meningkatkan pertumbuhan rambut

Dilansir dari the-qi.com, di India, bunga ini dinamai dewi Hindu, Aparajita, yang berarti orang yang tidak dapat ditaklukkan atau dikalahkan. Biasanya dipersembahkan selama ritual Puja, yang merupakan ritual harian dari upacara pemujaan, yang biasanya mencakup persembahan singkat kepada dewa. Di Thailand, minuman ini disebut teh Anchan. Cerita rakyat Thailand menceritakan kepada bahwa seorang wanita bernama Isra dibawa bertualang oleh makhluk setengah wanita setengah burung, yang disebut Kinnari. Kinnari menunjukkan padanya bunga-bunga ini dan menginstruksikannya untuk menanamnya dan menggunakannya untuk penyembuhan. 

Bukan Cuma Rancang Busana, IFPC Lahirkan Pengusaha Mode Muda Indonesia

Sudah umum menggunakan bunga telang sebagai bahan dalam masakan di Thailand dan Malaysia untuk membawa warna biru ke hidangan seperti makanan penutup dan ketan. Bunga ini kaya akan sejarah dan mitos, tetapi telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia terutama karena sifatnya yang berubah warna.
Bunga ini indah dan penuh dengan manfaat yang tak ada habisnya dari  kualitas uniknya. Selain itu, ia kaya akan manfaat kesehatan, simbolisme, dan sejarah. Berikut ini adalah sembilan manfaat dari bunga telang yang wajib kamu ketahui.

1. Kesehatan Reproduksi

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Reproduksi Manusia

Photo :
  • pixabay

Dari fisik bunga ini, dokter Yunani kuno, Hippocrates, menyimpulkan bahwa tanaman ini cocok untuk kesehatan wanita karena penampilannya mirip dengan klitoris wanita, oleh karena itu dinamakan Clitoria Ternatea. Bukti sejalan dengan asumsinya bahwa teh bunga telang telah ditunjukkan sebagai pengobatan yang membantu untuk masalah menstruasi atau keputihan, serta membantu produksi sperma normal, dan bahkan bertindak sebagai afrodisiak yang manjur. Di desa-desa di India, adalah umum bagi wanita hamil untuk memakai akar dari bunga telang di lengan atau pinggang mereka untuk membantu mereka melahirkan bayi mereka dengan aman.

2. Melawan Kanker

Kanker payudara

Photo :
  • https://news.ubc.ca/

Manfaat bunga telang yang selanjutnya adalah mengandung zat yang memiliki sifat antikanker. Mengkonsumsi bunga telang mungkin memiliki peran dalam memerangi kanker. Cara kerjanya dengan  memasuki sel kanker dan menghambat pertumbuhannya.

3. Meningkatkan Kesehatan Rambut

ilustrasi rambut sehat

Photo :
  • pixabay

Manfaat bunga telang yang ketiga adalah memelihara folikel rambut, meningkatkan pertumbuhan rambut, mengurangi rambut rontok, dan memperlambat rambut beruban. Bunga telang juga digunakan sebagai bahan dalam banyak sampo rambut, kondisioner, dan produk rambut lainnya.

4. Memperbaiki Kondisi Diabetes

Cegah diabetes

Photo :
  • U-Report

Manfaat dari bunga telang yang bermanfaat bagi penderita diabetes. Teh biru yang terbuat dari bunga telang sangat baik dalam menghindari lonjakan tiba-tiba kadar gula darah, selain memfasilitasi proses pencernaan yang lancar, pada mereka yang menderita diabetes mellitus tipe 2. Cadangan asam fenolik yang melimpah, antioksidan amida fenolik dalam teh biru menggambarkan efek antihiperglikemik yang signifikan, meningkatkan sekresi insulin, mengatur metabolisme glukosa dan mencegah penyerapan gula yang berlebihan oleh sel-sel tubuh, baik saat puasa maupun setelah makan. 

5.  Sifat Anti-inflamasi

Makanan untuk Meredakan Migrain

Photo :
  • U-Report

Dengan mengonsumsi bunga telang, dapat mengurangi pembengkakan di tubuh. Dapat mengurangi nyeri tubuh, migrain, dan pembengkakan akibat luka dan sakit kepala.

6.   Membantu Pencernaan

Gangguan pencernaan.

Photo :
  • U-Report

Manfaat bunga telang juga berpengaruh pada system pencernaan. Sifat anti-inflamasinya menenangkan otot perut, mengurangi mual dan gangguan pencernaan. Bunga telang memiliki sifat anthelmintik yang membantu mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya. Ini juga merangsang aliran empedu dari hati, oleh karena itu bertindak sebagai pencahar ringan. 

7.  Mempercepat Penurunan Berat Badan

Menimbang berat badan.

Photo :
  • U-Report

Karena bunga telang dapat membantu melancarkan pencernaan, manfaat lain dari bunga telang adalah mempercepat penurunan berat badan. Dilansir oleh netmeds.com, mengonsumsi teh biru yang terbuat dari bunga telang bebas dari kafein, serta tidak mengandung karbohidrat, lemak, dan kolesterol. Oleh karena itu ideal bagi kamu yang sedang diet penurunan berat badan, karena memurnikan usus dari sisa makanan dan kotoran, serta mengatur nafsu makan. Dengan menahan keinginan untuk makan junk food, teh biru adalah minuman herbal yang luar biasa untuk menjaga berat badan yang optimal.

8.  Kecantikan Kulit

Ilustrasi Kulit Sehat

Photo :
  • MS Glow

Menurut penelitian, manfaat bunga telang telah terbukti meningkatkan hidrasi kulit hingga 70% hanya satu jam setelah digunakan. Ini karena bunga telang mengandung antioksidan, polifenol, dan flavonoid, yang merangsang produksi alami kolagen dan elastin. Ia juga memiliki sifat anti-glikasi, yang dikenal untuk memperlambat penuaan kulit. 

9.  Peningkatan Kerja Otak

Ilustrasi otak.

Photo :
  • Times of India

Dikutip dari the-qi.com, manfaat bunga telang paling umum dikenal dalam sistem pengobatan Ayurveda India sebagai ramuan otak, digunakan selama berabad-abad untuk meningkatkan memori, mengobati kecemasan, depresi, ADHD, stres, dan Alzheimer, serta dapat meningkatkan kerja otak secara umum. Efek ini terjadi karena senyawa aktif asetilkolin, yang meningkatkan memori dan penting untuk kesehatan otak. Studi menunjukkan bahwa minum teh bunga ini mengurangi gejala yang tidak baik akibat stres dan membantu meredakan banyak gangguan yang berhubungan dengan fungsi otak.

Itulah manfaat dari bunga telang semoga dapat membantu kamu jika kamu mempunyai permasalahan diatas. Manfaat dari bunga telang tak terduga sangat banyak. Begitu kaya tanaman di Indonesia yang bahkan bisa dijadikan obat. Bunga telang banyak ditemukan di mana saja bahkan ada yang menanamnya sebagai tanaman hias. Warnanya yang cantik dan indah dipandang membuatnya banyak dilirik. 

Ilustrasi biji Kopi.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Bagi banyak orang, kopi adalah minuman wajib untuk memulai hari. Rasanya yang khas dan efek kafeinnya dapat membantu meningkatkan fokus dan kewaspadaan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024