7 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah, Salah Satunya Bisa Bikin Glowing

Manfaat jeruk nipis untuk wajah
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Manfaat jeruk nipis untuk wajah mungkin masih belum banyak diketahui oleh banyak orang. Keluarga buah jeruk memang dikenal karena manfaat dan efek menguntungkannya pada kulit, salah satunya termasuk jeruk nipis ini. Jus jeruk nipis sendiri baik itu diminum maupun dioleskan bermanfaat bagi kulit yang dapat dilakukan dalam beberapa cara. 

Deretan Solusi Ampuh Merawat Kulit Wajah Kesayangan Anda

Jeruk nipis juga diketahui kaya akan antioksidan kuat seperti memiliki kandungan Vitamin C, asam sitrat dan flavonoid yang baik untuk kulit wajah. Sebelum mengetahui apa saja manfaat jeruk nipis untuk wajah, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu nutrisi apa saja yang terkandung di dalam jeruk nipis. 

Nutrisi dalam Jeruk Nipis

Pengen Mulai Perawatan Kulit? Perhatikan Ini Biar Gak Terjerumus Klinik Abal-abal

Jeruk nipis.

Photo :
  • U-Report

Jika kita berbicara tentang nilai gizi air jeruk nipis, 31g air jeruk nipis mengandung 28b air dan 8 kalori yang berarti bebas kolesterol. 1oz air jeruk nipis mengandung 2.5g karbohidrat dan kurang dari 1g lemak, protein dan serat serta hanya memiliki 1mg natrium.

Harus Dicegah Sejak Dini, Inilah Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Wanita Hamil

Jus jeruk nipis diperkaya dengan Vitamin C. Per ons-nya memiliki 9.2mg Vitamin C. Jeruk nipis mengandung banyak nutrisi penting lainnya seperti Vitamin A, Vitamin E, Vitamin K, Kalsium, Folat, Magnesium, Kalium, Kolin, Fosfor dan Betaine.

Manfaat jeruk nipis untuk wajah

Mengutip dari StyleCraze, berikut ini sejumlah manfaat jeruk nipis untuk wajah yang bisa kamu ketahui. 

1. Dapat Mengobati Flek Hitam

Cara menghilangkan flek hitam di wajah

Photo :

Manfaat jeruk nipis untuk wajah yang pertama yakni adalah dapat mengobati flek hitam. Jus jeruk nipis dianggap sebagai bahan pemutih alami karena sifat pencerah kulitnya yang dapat digunakan untuk menyamarkan flek hitam. 

Kamu hanya perlu mengoleskannya dengan kapas ke bagian kulit yang gelap atau area yang memiliki flek hitam dan membiarkannya selama 30 menit. Pastikan kamu tetap berada di dalam ruangan dan menghindari paparan sinar matahari langsung. Obat ini dapat membuat kulit kamu sensitif terhadap sinar matahari. Tak hanya untuk wajah, jeruk nipis ini juga dapat menggunakan mencerahkan ketiak yang berwarna gelap.

2. Dapat Mengobati Jerawat dan Noda Kulit

Ilustrasi jerawat/kulit berjerawat.

Photo :
  • Pexels/Anna Nekrashevich

Jerawat dan noda pada kulit disebabkan oleh kotoran, minyak dan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Jerawat adalah masalah umum bagi orang-orang yang memiliki masalah kulit berminyak. Bakteri yang ada di pori-pori wajah dapat memperburuk peradangan, meningkatkan kemerahan dan nyeri.

Sifat antibiotik dari air jeruk nipis dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat tersebut. Untuk mencegah jerawat, kamu bisa menggunakan jus jeruk nipis dengan madu. Mengapa dengan madu? Karena madu memiliki sifat antibakteri yang mencegah pertumbuhan bakteri dan sifat asam dari air jeruk nipis akan mengontrol minyak berlebih. Paket wajah ini harus digunakan setiap minggu sebagai bagian dari perawatan kulit. Bekas luka yang ditinggalkan oleh jerawat juga dapat diringankan dengan memijat beberapa jus jeruk nipis segar pada kulit. 

3. Dapat Mencegah Penuaan

Ilustrasi penuaan dini.

Photo :
  • U-Report

Manfaat jeruk nipis untuk wajah yang lainnya adalah dapat mencegah penuaan. Dengan bertambahnya usia dan paparan sinar UV, melanin yang memberi warna pada kulit dapat menumpuk dan terakumulasi. Sehingga menimbulkan bintik hitam dan tanda-tanda penuaan lainnya. 

Kulit jeruk nipis dapat menghambat produksi melanin tersebut. Caranya kamu hanya perlu menggosok kulit jeruk nipis ke wajah atau mengoleskan masker wajah yang mengandung potongan kulit jeruk nipis untuk mengurangi hiperpigmentasi. Jeruk nipis juga mengandung Vitamin C yang dapat meningkatkan sintesis kolagen dan meminimalkan tanda-tanda penuaan. Kamu juga bisa meminum perasan jeruk nipis dengan air hangat agar tetap terhidrasi dan menjaga kesehatan kulit.

4. Dapat Merawat Kulit yang Gelap

ilustrasi kulit kusam

Photo :
  • U-Report

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat membuat kulit kamu jadi menggelap atau kecokelatan. Manfaat jeruk nipis untuk wajah dapat digunakan untuk menghilangkan kulit gelap secara efektif. 

Kamu hanya perlu menyiapkan masker wajah dengan mencampurkan tepung dengan dadih atau yogurt dan menambahkan sedikit air jeruk nipis ke dalam campuran ini. Oleskan secara merata pada kulit dan biarkan mengering. Kemudian cuci muka dengan air dan keringkan. Paket wajah ini harus diterapkan setiap minggu untuk hasil yang lebih baik.

5. Dapat Merawat Pori-pori Terbuka

Ilustrasi pori-pori wajah.

Photo :
  • U-Report

Selanjutnya manfaat jeruk nipis untuk wajah lainnya adalah dapat merawat pori-pori yang terbuka. Astringents efektif dalam menyebabkan pengencangan otot sementara. Itulah alasan mengapa mereka sering digunakan dalam produk kecantikan dan perawatan kulit untuk meningkatkan penampilan kulit wajah. Minyak jeruk nipis memiliki sifat astringen dan dapat digunakan untuk mengencangkan pori-pori serta mengurangi produksi minyak agar kulit menjadi lebih cerah dan terlihat sempurna.

6. Dapat Menghilangkan Kulit Mati

Sel Kulit Mati

Photo :
  • U-Report

Selain itu, jeruk nipis juga bermanfaat untuk menghilangkan kulit mati pada wajah. Seperti yang diketahui bahwa asam sitrat yang terkandung di kulit jeruk nipis diketahui dapat mengelupaskan sel-sel kulit mati pada wajah. Jeruk nipis ini juga sering digunakan dalam perawatan kecantikan di spa serta pengobatan rumahan untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan pada kulit wajah. j

7. Dapat Membuat Kulit Jadi Lebih Glowing

Ilustrasi Kulit Wajah Sehat

Photo :
  • SNP Lab

Terakhir, manfaat jeruk nipis untuk wajah yakni adalah dapat membuat kulit jadi lebih glowing. Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini setiap orang, terutama para perempuan tentunya menginginkan wajah yang terlihat glowing. Nah, salah satunya bisa menggunakan jeruk nipis ini sebagai solusi alaminya. 

Untuk membuat kulit jadi lebih glowing dengan jeruk nipis, kamu hanya perlu meminum segelas air hangat dengan madu dan perasan jeruk nipis di pagi hari secara teratur. Meminum campuran jeruk nipis dengan air dan madu tersebut akan membuat kulit kamu menjadi lebih bercahaya dan glowing. 

Ade Rai di Vindes

10 Makanan Wajib Dihindari Jika Ingin Awet Muda Seperti Ade Rai, Nomor 2 Paling Sulit

Ade Rai yang merupakan seorang binaragawan terkenal, mengungkapkan beberapa jenis makanan yang harus dihindari agar tetap menjaga kebugaran dan kesegaran kulitnya.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024