10 Tips Kesehatan yang Diajarkan dalam Alquran

Ilustrasi bahagia & menjaga kesehatan
Sumber :
  • ist

VIVA – Aturan Islam tidak hanya mengatur perkembangan spiritual para umatnya saja, tetapi juga memberikan pedoman untuk rutinitas sehari-hari mereka. Pada kali ini akan dibahas mengenai tips kesehatan diajarkan Alquran. Banyak dari tips-tips kesehatan ini telah terbukti secara ilmiah sangat bermanfaat bagi tubuh. 

Menag Sebut Sidang Isbat Ruang Dialog Umat Islam karena Menyangkut Banyak Pihak

Mengutip dari The Express Tribune, berikut sejumlah tips kesehatan diajarkan Alquran bagi umat muslim yang bisa kamu ketahui dan terapkan.

1. Menahan diri dari mengonsumsi alkohol

Deretan Artis Rayakan Idul Fitri di Tanah Suci Mekkah

Ilustrasi Scotch whisky/minuman beralkohol.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

Mengonsumsi alkohol ini mungkin menjadi salah satu yang paling dikenal dalam Islam yang sebaiknya tidak dilakukan dan memang memiliki alasan yang sah. Alkohol tidak hanya menyebabkan sirosis hati dan mengurangi konsentrasi yang mengakibatkan kecelakaan, tetapi juga dapat menyebabkan kondisi lainnya seperti anemia, kanker, penyakit kardiovaskular dan bahkan Alzheimer.

Umat Islam di Amerika Serikat Bakal Rayakan Idul Fitri Rabu 10 April 2024

2. Menghindari makan daging babi

Ilustrasi daging babi

Photo :
  • Pixabay/ RitaE

Memakan daging babi juga mungkin sudah sangat familiar dan tentu sudah sering didengar oleh umat muslim karena hukumnya adalah haram. Meskipun menjadi salah satu daging yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia, namun daging babi dianggap membawa berbagai virus dan bakteri ke dalam tubuh. Dimana juga dapat menyebabkan muntah, demam, diare, kram perut dan dehidrasi yang semuanya dapat berakibat fatal dalam kasus-kasus yang ekstrem.

3. Makan secukupnya dan tidak berlebihan

Ilustrasi wanita sedang makan.

Photo :
  • U-Report

Islam menekankan untuk tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit melakukan sesuatu dalam setiap aspek kehidupan, termasuk dalam hal makan. Seperti yang ada pada Surah Al-A'raf ayat 31 yang berbunyi, "Makan dan minumlah, tetapi janganlah berlebihan. Sungguh, Dia tidak menyukai orang-orang yang berlebihan." 

Sebuah hadits diriwayatkan oleh Tirmidzi juga menyarankan umat Islam untuk meninggalkan "sepertiga perut dengan makanan, sepertiga lagi dengan minuman dan biarkan sepertiga kosong agar mudah bernafas."

Ketika berbicara makan, telah terbukti secara ilmiah bahwa makan terlalu banyak dapat berkontribusi pada penambahan berat badan dan obesitas. Selain itu, semua masalah kesehatan juga kebanyakan berasal dari makanan. Demikian pula, makan terlalu sedikit dapat menyebabkan tubuh tidak menerima nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan dan kelangsungan hidup yang tepat.

4. Menggunakan tusuk gigi setiap habis makan

Menggunakan tusuk gigi.

Photo :
  • U-Report

Nabi Muhammad SAW mendorong para umatnya untuk menggunakan tusuk gigi karena "siwaak [tusuk gigi] membersihkan mulut dan menyenangkan Tuhan setelah setiap makan,” (Sahih al-Bukhari). Membersihkan sisa makanan di gigi mencegah pembusukan dan mengurangi risiko gigi berlubang dan infeksi gigi dan gusi.

5. Cuci tangan sebelum dan sesudah makan

Ilustrasi cuci tangan.

Photo :
  • Pixabay

Nabi SAW sangat menyarankan bahwa seseorang harus mencuci tangannya sebelum dan sesudah makan. “Ini adalah berkah untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan,” (Abu Daud & Tirmizi).

Dalam hal yang sama, islam.ru menyatakan bahwa Nabi SAW sangat menyarankan untuk tidak membersihkan tangan dengan handuk sebelum makan karena dapat menularkan infeksi dari satu orang ke orang lain.

6. Menjaga kebersihan pribadi

Ilustrasi membersihkan wajah.

Photo :
  • Pixabay

Ajaran Islam sangat menekankan pada menjaga pakaian dan kebersihan diri. Seperti yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, “Sesungguhnya Allah itu bersih dan Dia menyukai kebersihan.” Jadi, sangat disarankan untuk membersihkan sampah, mandi setiap hari dan tidak meninggalkan kotoran tubuh di tempat terbuka. 

7. Menjaga kebersihan pada tutup peralatan

Ilustrasi kulkas, dapur dan meja makan

Photo :
  • Pixabay/ valenaammon

Islam juga menekankan untuk menjaga kebersihan dan perawatan yang tepat pada peralatan dapur, Nabi Muhammad SAW berkata, “Tutup peralatan dan ikat mulut kulit air,” (Bukhari, Muslim). Hal tersebut dilakukan agar mencegah kontaminasi dari serangga dan kadal yang lewat di rumah dengan dapur terbuka dan menjauhkan hewan liar dari makanan.

8. Sunat bagi laki-laki

Ilustrasi khitan/sunat.

Photo :
  • Pixabay

Islam mewajibkan semua laki-laki Muslim untuk disunat. Sunat yang dilakukan pada pria dapat mengurangi risiko infeksi saluran kemih, mengurangi risiko penyakit menular seksual pada pria, melindungi dari kanker penis dan mengurangi risiko kanker serviks pada istri.

9. Membilas dengan air setelah buang air kecil dan besar

Ilustrasi buang air kecil.

Photo :
  • U-Report

Dalam ajaran Islam mewajibkan umatnya untuk membasuh alat kelamin dengan air setelah buang air kecil dan besar. Metode ini membantu menghilangkan kotoran dan bakteri yang berfungsi untuk mengurangi risiko infeksi.

 10. Menghindari konsumsi darah dalam bentuk apapun

Ilustrasi transfusi darah.

Photo :
  • Pexels/Charliehelen Robinson

Darah yang membuat kamu tetap hidup saat mengalir di pembuluh darah ternyata terbukti bisa beracun jika masuk ke sistem pencernaan. Inilah mengapa metode penyembelihan zabiha mengharuskan darah dikeluarkan dari hewan ternak sebelum dimakan. Darah kaya akan zat besi, yang tidak dirancang untuk ditangani oleh sistem pencernaan manusia dalam jumlah besar. Overdosis zat besi dapat menyebabkan kerusakan hati, penumpukan cairan di paru-paru, dehidrasi, tekanan darah rendah dan gangguan saraf.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya