9 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Atasi Depresi

Ilustrasi kopi.
Sumber :
  • Freepik/freepik.diller

VIVA – Manfaat kopi sangat beragam untuk kesehatan. Kafein, zat psikoaktif yang paling banyak dikonsumsi di dunia, adalah bahan kopi yang paling terkenal. Efek menguntungkannya pada tubuh manusia telah diteliti dengan cukup baik, tetapi kopi secara keseluruhan adalah minuman kompleks dengan seribu zat berbeda. 

Parto Patrio Terbaring dibawa Pakai Ambulans, Sakit Apa?

Beberapa penelitian berpendapat bahwa kopi tanpa kafein dan berkafein mungkin memiliki efek kesehatan yang sama dan menunjukkan bahwa bukan kafein yang bertanggung jawab atas sebagian besar manfaat kesehatan kopi.

Kopi adalah minuman favorit yang dikenal karena kemampuannya untuk menyempurnakan fokus dan meningkatkan tingkat energi. Faktanya, banyak orang bergantung pada secangkir kopi harian mereka tepat ketika mereka bangun untuk memulai hari mereka dengan baik.

Industri Facility Manajemen Indonesia di Atas Vietnam dan Kamboja

Selain efek energinya, kopi telah dikaitkan dengan daftar panjang manfaat kesehatan potensial, yang memberi lebih banyak alasan untuk menyeduh. Melansir dari healthline, berikut telah kami rangkum sederet manfaat kopi yang bagus untuk kesehatan.

1. Meningkatkan tingkat energi

5 Penyakit yang Rentan Menyerang Kucing Peliharaan

Ilustrasi lelah usai olahraga

Photo :
  • Planetfitness

Manfaat kopi yang pertama yaitu dapat meningkatkan energi. Kopi mengandung kafein, stimulan sistem saraf pusat yang dikenal karena kemampuannya melawan kelelahan dan meningkatkan tingkat energi. Ini karena kafein memblokir reseptor neurotransmitter yang disebut adenosin, dan ini meningkatkan kadar neurotransmitter lain di otak yang mengatur tingkat energi termasuk dopamin.

Satu studi kecil menemukan bahwa mengonsumsi kafein meningkatkan waktu kelelahan selama latihan bersepeda sebesar 12% dan secara signifikan mengurangi tingkat kelelahan subjektif pada peserta. Studi lain memiliki temuan serupa, melaporkan bahwa mengonsumsi kafein sebelum dan selama putaran golf meningkatkan kinerja, meningkatkan tingkat energi subjektif, dan mengurangi perasaan lelah.

2. Risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah

Diabetes

Photo :
  • Times of India

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi secara teratur dapat dikaitkan dengan penurunan risiko terkena diabetes tipe 2 dalam jangka panjang. Faktanya, satu ulasan dari 30 penelitian menemukan bahwa setiap cangkir kopi yang dikonsumsi orang per hari dikaitkan dengan risiko 6% lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

Hal ini diduga karena kemampuan kopi untuk mempertahankan fungsi sel beta di pankreas yang bertanggung jawab untuk memproduksi insulin untuk mengatur kadar gula darah. Selain itu, kopi juga akan antioksidan dan dapat mempengaruhi sensitivitas insulin, peradangan, dan metabolisme yang semuanya terlibat dalam pengembangan diabetes tipe 2.

3. Dapat mendukung kesehatan otak

Menjaga kesehatan otak.

Photo :
  • U-Report

Manfaat kopi selnajutnya yaitu bisa menyehatkan otak. Meskipun penelitian telah menunjukkan hasil yang beragam, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat membantu melindungi terhadap gangguan neurodegeneratif tertentu, termasuk penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

Menurut satu ulasan dari 13 penelitian, orang yang secara teratur mengonsumsi kafein memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit Parkinson. Terlebih lagi, konsumsi kafein juga memperlambat perkembangan penyakit Parkinson dari waktu ke waktu.

Tinjauan lain dari 11 studi observasional pada lebih dari 29.000 orang juga menemukan bahwa semakin banyak orang mengonsumsi kopi, semakin rendah risiko penyakit Alzheimer. Selain itu, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kopi moderat dapat dikaitkan dengan risiko demensia dan penurunan kognitif yang lebih rendah.

4. Dapat meningkatkan manajemen berat badan

Ilustrasi berat badan.

Photo :
  • U-Report

Menurut beberapa penelitian, kopi dapat mengubah penyimpanan lemak dan mendukung kesehatan usus, yang keduanya bermanfaat untuk manajemen berat badan. Misalnya, satu ulasan dari 12 penelitian menyimpulkan bahwa konsumsi kopi yang lebih tinggi dapat dikaitkan dengan penurunan lemak tubuh, terutama pada pria. Dalam studi lain, peningkatan asupan kopi dikaitkan dengan penurunan lemak tubuh pada wanita.

Lebih jauh, satu penelitian menemukan bahwa orang yang minum satu hingga dua cangkir kopi per hari memiliki kemungkinan 17% untuk memenuhi tingkat aktivitas fisik yang direkomendasikan, dibandingkan dengan mereka yang minum kurang dari satu cangkir per hari. Tingkat aktivitas fisik yang lebih tinggi dapat membantu meningkatkan manajemen berat badan.

5. Risiko depresi yang lebih rendah

Depresi

Photo :
  • Pinkvilla

Manfaat kopi lainnya yaitu mengurangi tingkat depresi. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa minum kopi dapat dikaitkan dengan risiko depresi yang lebih rendah. Menurut satu ulasan dari tujuh penelitian, setiap cangkir kopi yang dikonsumsi orang per hari dikaitkan dengan risiko depresi 8% lebih rendah.

Studi lain menemukan bahwa minum setidaknya empat cangkir kopi setiap hari dikaitkan dengan risiko depresi yang jauh lebih rendah, dibandingkan dengan minum hanya satu cangkir per hari. Terlebih lagi, satu penelitian pada lebih dari 200.000 orang menunjukkan bahwa minum kopi dikaitkan dengan risiko kematian akibat bunuh diri yang lebih rendah.

6. Dapat melindungi terhadap kondisi hati

Ilustrasi hati

Photo :
  • Times of India

Menariknya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat mendukung kesehatan hati dan melindungi dari penyakit. Seperti satu penelitian menemukan bahwa minum lebih dari dua cangkir kopi per hari dikaitkan dengan tingkat yang lebih rendah dari jaringan parut hati dan kanker hati pada orang dengan penyakit hati.

Penelitian lain menunjukkan bahwa semakin banyak orang minum kopi, semakin rendah risiko kematian akibat penyakit hati kronis. Minum satu cangkir kopi per hari dikaitkan dengan risiko 15% lebih rendah, sementara minum empat cangkir per hari dikaitkan dengan risiko 71% lebih rendah.

Studi lain baru-baru ini menemukan bahwa konsumsi kopi dikaitkan dengan penurunan kekakuan hati, yang merupakan ukuran yang digunakan profesional kesehatan untuk menilai fibrosis, pembentukan jaringan parut di hati.

7. Mendukung kesehatan jantung

Sakit jantung

Photo :
  • Times of India

Manfaat kopi juga dapat mendukung kesehatan jantung. Faktanya, satu ulasan menemukan bahwa minum tiga hingga lima cangkir kopi per hari dikaitkan dengan penurunan 15% risiko penyakit jantung. Tinjauan lain dari 21 studi menunjukkan bahwa minum tiga hingga empat cangkir kopi setiap hari dikaitkan dengan risiko stroke 21% lebih rendah.

Terlebih lagi, satu penelitian pada lebih dari 21.000 orang juga menemukan bahwa peningkatan asupan kopi dikaitkan dengan penurunan risiko gagal jantung secara signifikan. Namun, perlu diingat bahwa kafein dapat mempengaruhi tingkat tekanan darah. Oleh karena itu, orang dengan tekanan darah yang tidak terkontrol mungkin perlu membatasi atau memoderasi asupan kafein mereka.

8. Dapat meningkatkan umur panjang

Sehat dan panjang umur.

Photo :
  • U-Report

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat membantu memperpanjang umur, berkat banyak potensi manfaat kesehatannya. Misalnya, satu ulasan dari 40 penelitian menyimpulkan bahwa minum dua hingga empat cangkir kopi setiap hari dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah, terlepas dari faktor-faktor seperti usia, status berat badan, dan konsumsi alkohol.

Demikian pula, penelitian lain pada 1.567 orang menemukan bahwa minum kopi berkafein dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah setelah 12 dan 18 tahun masa tindak lanjut. Selain itu, minum setidaknya satu cangkir kopi per hari juga dikaitkan dengan risiko kematian akibat kanker yang lebih rendah.

Menariknya, satu penelitian tabung menunjukkan bahwa kopi mampu secara signifikan memperpanjang masa hidup ragi dengan melindungi terhadap radikal bebas dan kerusakan DNA. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah ini juga berlaku untuk manusia.

9. Dapat meningkatkan kinerja atletik

Ilustrasi Pelatnas Atletik

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarok

Manfaat kopi selanjutnya yaitu dapat meningkatkan kinerja atletik. Satu ulasan dari sembilan penelitian melaporkan bahwa minum kopi sebelum berolahraga meningkatkan daya tahan orang dan mengurangi pengerahan tenaga yang dirasakan, dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Studi lain pada 126 orang dewasa yang lebih tua menemukan bahwa minum kopi dikaitkan dengan peningkatan kinerja fisik dan kecepatan kiprah yang lebih cepat, bahkan setelah para peneliti menyesuaikan faktor-faktor seperti usia, lemak perut, dan tingkat aktivitas fisik.

Selain itu, ulasan besar melaporkan bahwa konsumsi kafein moderat dapat sedikit meningkatkan output daya dan waktu penyelesaian uji coba waktu. Namun, hasilnya bervariasi, sehingga para peneliti juga mencatat bahwa kafein dapat mempengaruhi orang secara berbeda.

Jika kamu memiliki kolesterol tinggi atau sensitif kafein, hamil atau anak harus memperhatikan minum kopi. Bagi orang lain, kopi dalam jumlah yang wajar (1-6 cangkir sehari) bisa baik untuk tubuh. Demikian ulasan manfaat kopi bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

Ilustrasi Demam Berdarah Dengue (DBD)

Waspada! DBD di Indonesia Melonjak Hampir 3 Kali Lipat pada Kuartal I 2024

Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) terjadi di Indonesia pada kuartal I tahun 2024. Hingga Maret 2024, terdapat 43.271 orang yang menderita DBD dan 343 jiwa meregang nyawa.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024