4 Tempat Selain Vagina yang Dapat Tertular Penyakit Menular Seksual

Hubungan seks.
Sumber :
  • dailystar

VIVA – Penyakit menular seksual (PMS) dan infeksi (IMS) adalah aspek kesehatan seksual yang sering tidak kita bicarakan secara terbuka. Namun, ini adalah diskusi yang harus Anda lakukan dengan pasangan, pasangan, dan bahkan anak-anak kita setelah mereka mencapai tahap pubertas tertentu.

Kenapa Vagina Wanita Bau Seperti Ikan Amis Busuk?

Sementara banyak yang menggunakan istilah PMS dan IMS secara bergantian, mereka berbeda. PMS pertama kali dimulai sebagai IMS, yang merupakan infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus, atau parasit. 

Jika tidak diobati, infeksi menjadi berkepanjangan dan dari waktu ke waktu berkembang menjadi penyakit. Kebanyakan orang menyadari bagaimana infeksi menyebar melalui seks vaginal dan pertukaran cairan tubuh. 

Pakai Bikini Bentuk Alat Kelamin Dijahit, Julia Fox Dikecam

Namun, banyak orang lain yang tidak mengetahui tentang cara lain infeksi menular seksual dapat ditularkan dari orang ke orang. Yang mengatakan, baca terus untuk mengetahuinya.

Oral seks

Peradangan Vagina Hingga Seks Menyakitkan, Penelitian Temukan Solusi Atasi Masalah Kewanitaan

Seks oral adalah jenis aktivitas seksual yang melibatkan penggunaan mulut, bibir, atau lidah untuk kesenangan. Meskipun Anda tidak dapat hamil melalui seks oral, Anda masih dapat tertular infeksi menular seksual. 

Konon, mirip dengan kondom, ada alat pelindung untuk mencegah IMS melalui kontak oral. Kondom lidah atau bendungan gigi, juga disebut kondom oral, adalah kondom yang digunakan selama seks oral. Ini dapat menghindari infeksi seperti klamidia, herpes, gonore, sifilis dan HPV.

Seks anal

Hubungan seksual

Photo :
  • Times of India

Seks anal adalah bentuk lain dari seks penetrasi yang melibatkan penetrasi anal dengan penis. Sama seperti seks vaginal, seks anal juga menyebabkan pertukaran cairan tubuh, yang dapat mengakibatkan penularan penyakit seksual. Para ahli percaya bahwa risiko tertular IMS jauh lebih tinggi dari seks anal daripada jenis aktivitas seksual lainnya.

Beberapa PMS umum yang dapat Anda kembangkan adalah klamidia, herpes genital dan kutil, gonore, hepatitis B, HIV, dan sifilis. Untuk menghindari penularan penyakit seksual dari seks anal, Anda harus menggunakan pelindung seperti kondom.

Kontak kulit

Beberapa IMS seperti Human papillomavirus (HPV), herpes, dan sifilis dapat menyebar melalui kontak kulit ke kulit. Meskipun Anda dapat menggunakan kondom lateks sebelum kontak seksual kulit-ke-kulit untuk mencegah timbulnya infeksi semacam itu, diyakini bahwa infeksi ini lebih sulit dicegah daripada yang menyebar melalui cairan tubuh dan darah.

Paparan darah

IMS dan PMS umumnya ditularkan melalui kontak seksual. Namun, beberapa PMS seperti hepatitis B dan HIV dapat menyebar melalui kontak darah-ke-darah yaitu melalui jarum suntik bersama atau peralatan untuk menyuntikkan narkoba, peralatan tindik badan atau jarum tato.

Cara melakukan seks yang aman

Menggunakan perlindungan selama segala bentuk seks penetrasi dapat meminimalkan risiko terkena infeksi menular seksual. Yang mengatakan, pastikan bahwa Anda atau pasangan Anda menggunakan kondom untuk seks vaginal dan anal dan bendungan gigi untuk seks oral. Selain itu, berikut adalah beberapa cara untuk mempraktikkan seks aman.

- Pastikan Anda membuka tentang sejarah seksual Anda kepada pasangan Anda, sehingga dia tahu apa yang diharapkan.
- Lakukan tes IMS secara teratur, terutama jika Anda bertemu banyak pasangan.
- Menerima vaksinasi Anda untuk HPV dan hepatitis

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya