15 Manfaat Minum Air Hangat, Mampu Hilangkan Racun dalam Tubuh

Minum air hangat
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Manfaat minum air hangat bisa menurunkan berat badan, hingga membantu membersihkan racun. Air minum sangat penting bagi kesehatan tubuh. Kebanyakan orang menikmati segelas H2O dingin yang menyegarkan. Kamu mungkin tidak tahu bahwa beberapa orang juga menikmati segelas air hangat yang menyegarkan. 

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Minum segelas air hangat di pagi hari membantu tubuh mengeluarkan racun. Air hangat memecah makanan di perut dan menjaga sistem pencernaan agar tetap bugar. Ketika racun dikeluarkan, itu meningkatkan sirkulasi darah tubuh.

Situs femina.in.health menyebutkan ada lima alasan mengapa harus minum air hangat di pagi hari. Oleh karena itu, minum air hangat di pagi hari memiliki keuntungan sebagai berikut.

Industri Facility Manajemen Indonesia di Atas Vietnam dan Kamboja

Manfaat minum air hangat pada pagi hari

Ilustrasi minum air hangat.

Photo :
  • U-Report
6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

1. Lancarkan pencernaan

Manfaat minum air hangat pada pagi hari dapat membantu proses pencernaan. Dengan meminum segelas air hangat di pagi hari akan membantu tubuh membuang racun.

2. Berfungsi sebagai pencahar

Sembelit sering disebabkan oleh dehidrasi sehingga minum beberapa gelas air yang sangat hangat segera setelah Anda bangun sangat penting. Air akan merangsang buang air besar dan melancarkan buang air besar.

3. Meredakan nyeri haid

Manfaat minum air hangat pada pagi hari beberapa cangkir, juga dapat memberi kamu kelegaan yang luar biasa ketika kamu menderita kram menstruasi. Kehangatan dari air menenangkan kejang otot perut yang menyakitkan.

4. Mempercepat penurunan berat badan

Rupanya manfaat minum air hangat juga dapat menurunkan berat badan. Minumlah beberapa gelas air hangat segera setelah kamu bangun dari tempat tidur di pagi hari untuk meningkatkan suhu tubuh kamu. Dengan demikian metabolisme kamu akan meningkat. Tingkat metabolisme yang meningkat membantu kamu untuk membakar lebih banyak kalori. Untuk hasil terbaik, minumlah dengan lemon yang membantu mengekang mengidam makanan.

5. Bagus untuk masalah telinga, hidung dan tenggorokan

Pernahkah kamu memperhatikan bagaimana kamu mendambakan air hangat ketika kamu sedang pilek? Itu karena membersihkan akumulasi lendir dan membantu kamu untuk bernapas lebih baik. Air panas juga menghilangkan mikroba penyebab sakit tenggorokan dan menenangkan seluruh saluran pernapasan kamu.

Manfaat minum air panas (Jillian Kubala, Kathryn Watson, dan Daniel Potter, 2020): Meredakan kemacetan, melancarkan pencernaan, sistem saraf pusat, sembelit, hidrasi, penurunan berat badan, sirkulasi, mengurangi stres, menghilangkan racun, meredakan akalasia dan risikonya.

Minum air, panas atau dingin, membuat tubuh kamu tetap sehat dan terhidrasi. Beberapa orang mengklaim bahwa air panas secara khusus dapat membantu meningkatkan pencernaan, meredakan kemacetan, dan bahkan meningkatkan relaksasi, dibandingkan dengan minum air dingin.

Saat meminum minuman panas, penelitian merekomendasikan suhu optimal antara 130 hingga 1600 F (54 hingga 710C). Suhu di atas ini dapat menyebabkan luka bakar. Untuk meningkatkan kesehatan ekstra dan sedikit vitamin C, coba tambahkan sedikit lemon ke dalam air panas untuk membuat air lemon. Melansir dari The Manila Times, berikut manfaat minum air hangat.

10 Manfaat minum air hangat

Air lemon hangat.

Photo :
  • U-Report

1. Dapat meredakan hidung tersumbat

Secangkir air menghasilkan uap. Memegang secangkir air hangat dan menghirup uap lembutnya dalam-dalam dapat melonggarkan sinus yang tersumbat dan bahkan meredakan sakit kepala akibat sinus.

2. Dapat membantu pencernaan

Minum air putih untuk menjaga sistem pencernaan tetap berjalan. Saat air bergerak melalui perut dan usus, tubuh lebih mampu membuang limbah.

3. Dapat meningkatkan fungsi sistem saraf pusat

Tidak mendapatkan cukup air, panas atau dingin, dapat memiliki efek negatif pada fungsi sistem saraf Anda, yang pada akhirnya mempengaruhi suasana hati dan fungsi otak.

4. Dapat membantu meringankan sembelit

Dehidrasi adalah penyebab umum sembelit. Dalam banyak kasus, air minum adalah cara yang efektif untuk meredakan dan mencegah sembelit. Tetap terhidrasi membantu melunakkan tinja dan membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan. Minum air secara teratur dapat membantu menjaga buang air besar kamu teratur.

5. Membuat kamu terhidrasi

Meskipun beberapa bukti menunjukkan bahwa air dingin adalah yang terbaik untuk rehidrasi, minum air pada suhu berapa pun akan membantu kamu tetap terhidrasi.

6. Mengurangi menggigil kedinginan

Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa meskipun respons alami tubuh dalam kondisi dingin adalah menggigil, minum cairan hangat dapat membantu mengurangi menggigil.

7. Meningkatkan sirkulasi

Aliran darah yang sehat memengaruhi segalanya, mulai dari tekanan darah hingga risiko penyakit kardiovaskular. Mandi air hangat membantu organ peredaran darah kamu, arteri dan vena berkembang dan membawa darah lebih efektif ke seluruh tubuh kamu.

8. Dapat menurunkan tingkat stres

Manfaat minum air hangat juga dapat menurunkan setres. Karena minum air hangat membantu meningkatkan fungsi sistem saraf pusat, jika meminumnya bisa mengurangi rasa cemas.

9. Dapat membantu sistem detoksifikasi tubuh

Manfaat minum air hangat selanjutnya yaitu dapat membantu system detoksifikasi. Minum air putih penting untuk membilas tubuh kamu. Ini juga dapat membantu peradangan, menjaga persendian tetap terlumasi dengan baik, dan mencegah asam urat.

10. Dapat membantu meringankan gejala akalasia

Akalasia adalah suatu kondisi di mana kerongkongan kamu mengalami kesulitan memindahkan makanan sendiri ke dalam perut kamu. Orang dengan akalasia mengalami kesulitan menelan. Mereka mungkin merasa seolah-olah makanan tersangkut di kerongkongan mereka alih-alih pindah ke perut. Ini juga disebut disfagia.

Demikian ulasan tentang manfaat minum air hangat yang perlu kamu ketahui. Hal ini lantaran dengan meminum air hangat agar memiliki dampak positif kepada tubuh. Mulai dari menurunkan berat badan, hingga menghilangkan racun. Semoga artikel ini bermanfaat.

Ilustrasi Demam Berdarah Dengue (DBD)

Waspada! DBD di Indonesia Melonjak Hampir 3 Kali Lipat pada Kuartal I 2024

Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) terjadi di Indonesia pada kuartal I tahun 2024. Hingga Maret 2024, terdapat 43.271 orang yang menderita DBD dan 343 jiwa meregang nyawa.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024