Cara Ampuh Turunkan Berat Badan Saat Puasa dengan Jahe

Ilustrasi jahe.
Ilustrasi jahe.
Sumber :
  • Pixabay/ Couleur

VIVA – Berbicara mengenai puasa, selain dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan rasa syukur umat manusia, puasa juga bisa menjadi momen untuk memperbaiki kualitas tubuh seseorang.

Puasa diketahui bermanfaat untuk mendetoksifikasi tubuh. Selain itu, puasa juga bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Salah satu alasannya, puasa bisa membakar lemak sebagai energi.

Pada saat berpuasa, tubuh akan mengalami perubahan, seperti asupan energi berkurang, total cairan tubuh menurun, serta kadar serum leptin, insulin, dan kortisol berubah.

Hal tersebut dapat menunda penyerapan karena lebih rendahnya pengosongan lambung dan aliran darah dibandingkan pada siang hari. Itu sebabnya, tubuh akan lebih banyak membakar lemak untuk menghasilkan energi.

Namun, penting juga untuk mengatur pola makan sehingga penurunan berat badan saat puasa bisa stabil hingga setelah puasa. Selain mengatur pola makan, konsumsi jahe ternyata juga bisa membantu menstabilkan berat badan.

Jahe mengandung senyawa gingerol dan shogaol yang merangsang beberapa aktivitas biologis. Senyawa gingerol mendorong aktivitas tubuh tertentu yang membantu makanan untuk dicerna lebih cepat dan merangsang tubuh mempercepat makanan yang dicerna melalui usus besar.

Ilustrasi teh jahe.

Ilustrasi teh jahe.

Photo :
  • U-Report