Studi: Kombinasi Vitamin dan Olahraga Turunkan Risiko Kanker Orangtua

Ilustrasi kanker.
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Kombinasi vitamin D dosis tinggi, Omega-3, dan olahraga sederhana di rumah dapat membantu mengurangi risiko kanker pada orang dewasa sehat berusia 70 atau lebih tua sebesar 61 persen, klaim sebuah penelitian.

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Diterbitkan dalam Frontiers in Aging, yang dikutip dari Times of India, ini adalah studi pertama yang menguji manfaat gabungan dari tiga intervensi kesehatan masyarakat yang terjangkau untuk pencegahan kanker invasif – yang telah tumbuh melewati jaringan atau sel asli di mana ia berkembang, dan menyebar ke jaringan sekitarnya yang sehat.

Terlepas dari rekomendasi pencegahan seperti tidak merokok dan perlindungan matahari, upaya kesehatan masyarakat yang berfokus pada pencegahan kanker terbatas, menurut Dr Heike Bischoff-Ferrari dari University Hospital Zurich di Swiss.

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

"Upaya pencegahan pada orang dewasa paruh baya dan lebih tua saat ini sebagian besar terbatas pada upaya skrining dan vaksinasi," kata Bischoff-Ferrari.

Penelitian telah menunjukkan bahwa Vitamin D menghambat pertumbuhan sel kanker. Demikian pula, Omega-3 dapat menghambat transformasi sel normal menjadi sel kanker, dan olahraga telah terbukti meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan, yang dapat membantu dalam pencegahan kanker.

Melahirkan Berulang Kali Dapat Menjadi Risiko Kanker Serviks, Benarkah?

Lansia Angkat Beban

Photo :
  • vstory

Namun, ada kurangnya studi klinis yang kuat yang membuktikan efektivitas ketiga intervensi sederhana ini, sendiri atau digabungkan. Bischoff-Ferrari dan rekan-rekannya menguji efek vitamin D3 dosis tinggi harian (salah satu bentuk suplemen Vitamin D), Omega-3 tambahan harian, dan latihan kekuatan rumah sederhana, sendiri dan dalam kombinasi, pada risiko kanker invasif di antara orang dewasa berusia 70 atau lebih tua.

Uji coba tiga tahun, yang diadakan di Swiss, Prancis, Jerman, Austria, dan Portugal, melibatkan 2.157 peserta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga perawatan (Vitamin D3, Omega-3, dan olahraga) memiliki manfaat kumulatif pada risiko kanker invasif, kata Bischoff-Ferrari.

Masing-masing perawatan memiliki manfaat individu yang kecil tetapi ketika ketiga perawatan digabungkan, manfaatnya menjadi signifikan secara statistik, dan para peneliti melihat penurunan risiko kanker secara keseluruhan sebesar 61 persen.

"Hasil kami, meskipun berdasarkan beberapa perbandingan dan membutuhkan replikasi, mungkin terbukti bermanfaat untuk mengurangi beban kanker," kata Bischoff-Ferrari, menambahkan kebutuhan untuk studi lebih lanjut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya