Anak Buah Terawan Deklarasikan Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia

Deklarasi Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia
Sumber :
  • Istimew a

VIVA – Staf Khusus Mantan Menteri Kesehatan, dr. Terawan Agus Putranto, Brigjen TNI (Purn) dr. Jajang Edi Priyanto, Sp.B.,MARS, mendeklarasikan berdirinya Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI).

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week

Organisasi profesi dokter ini dikatakan sudah mengantongi SK Kemenkumham No. AHU003638.AH.01.07.2022, tentang Pengesahan Pendirian Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia.

"Adapun berdirinya perkumpulan ini adalah dalam memenuhi hak Warga Negara Indonesia dalam berserikat dan berkumpul, serta mengeluarkan pendapat yang dijamin oleh Pasal 28 UUD 1945 selaku konstitusi tertinggi di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hak kami ini telah diwujudkan dalam SK Kemenkumham tersebut," ujarnya saat konferensi pers di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu 27 April 2022.

Banyak Pasien Berobat ke Luar Negeri, Rumah Sakit di Indonesia Kini Dibuat Layaknya Hotel Bintang 5

Jajang melanjutkan, PDSI akan berkontribusi pada dunia kesehatan pada umumnya dan dunia kedokteran pada khususnya. 

"Tentunya kami juga mengharapkan dukungan dari segenap pihak, khususnya rakyat Indonesia yang menjadi tujuan utama panggilan profesi kami ini. Karena kami juga rakyat Indonesia, maka PDSI adalah dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat," kata dia. 

Pengen Mulai Perawatan Kulit? Perhatikan Ini Biar Gak Terjerumus Klinik Abal-abal

Sebagai bagian dari rakyat Indonesia, Jajang mengatakan, PDSI berkomitmen penuh menjunjung tinggi Negara Kesatuan RI, taat pada asas tunggal Pancasila, serta tunduk pada UUD 1945 sebagai konstitusi tertinggi, menjunjung tinggi kesejawatan, dengan berwawasan Indonesia untuk dunia. 

"Segenap masukan yang konstruktif tentu kami terima dengan senang hati dan justru itu yang sangat kami harapkan. Kami menyadari bahwa profesi dokter memang bertujuan untuk memajukan taraf kesehatan masyarakat, bukan hanya semata-mata urusan dokter. Oleh sebab itu, kami berkomitmen untuk senantiasa bekerjasama dengan pihak legislatif, pihak eksekutif, serta pihak yudikatif," tuturnya. 

Terawan Agus Putranto

Photo :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

"Kami juga menjunjung tinggi kewenangan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) sebagai wakil negara dalam mengurus sertifikasi, pendidikan dokter berkelanjutan, serta hal-hal terkait pendidikan, serta pembinaan praktik kedokteran," sambung dia. 

Lebih lanjut Ketua Umum PDSI itu mengatakan, sudah saatnya asosiasi medis hanya fokus pada perlindungan hukum dan kesejahteraan, lazimnya asosiasi medis di negara maju lainnya. Sudah saatnya asosiasi medis bekerja secara proporsional dengan kerjasama bersama pemerintah dan masyarakat.

"Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia turut serta dalam mendukung reformasi kesehatan Indonesia dan mendukung program-program kesehatan Indonesia melalui kebijakan-kebijakan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia," pungkas dr. Jajang Edi Priyanto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya