PDSI: Pemecatan Terawan Sangat Kasar Sekali

Eks Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Ketua Umum Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI), Brigjen TNI (Purn) dr. Jajang Edi Priyanto, Sp.B.,MARS, menyambut baik semua dokter yang ingin bergabung dengan PDSI yang baru dideklarasikan. 

Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients

Tidak terkecuali dengan Mantan Menteri Kesehatan, dr. Terawan Agus Putranto. Jajang yang juga pernah menjadi staf Khusus Terawan, menyambut dengan tangan terbuka jika nantinya Terawan ingin bergabung dengan PDSI. 

"Adapun ke depan kalau memang beliau mau bergabung dengan PDSI, kami akan terima dengan pintu terbuka. Silakan beliau memilih rumah tinggal baru, silakan. Kalau memang di rumah lama tidak nyaman, kita terima dengan rumah baru kita," ujarnya saat konferensi pers Deklarasi PDSI di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu 27 April 2022. 

Tenang Hadapi DBD! Menkes Pastikan RS Siap Tangani Pasien, Ini Imbauannya untuk Masyarakat

Namun, dokter Jajang mengaku masih belum berkomunikasi dengan Terawan atau mengajaknya untuk bergabung. 

Deklarasi Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia

Photo :
  • Istimew a
Soal Flu Singapura, Menkes Singgung Virus Terus Berkembang

"Kalau beliau punya inisiatif untuk bergabung, ya nanti kami akan membuka seluas-luasnya," tuturnya. 

Turut menanggapi Terawan yang diberhentikan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Jajang menceritakan bahwa Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, sudah diminta untuk memediasi antara IDI dan Terawan. 

Namun, Jajang menilai, mediasi tersebut tidak akan berhasil. Bahkan dia menganggap, Terawan yang diberhentikan secara tidak hormat, dianggap sebagai perilaku yang sangat kasar. 

"Tapi begini, IDI kan MK sudah memutuskan untuk memecat. Memecat itu kalimat yang sangat kasar sekali. Jadi dengan dipecat ini apalagi dia seorang jenderal bintang 3, seorang profesor, dipecat dengan tidak hormat, luka batinnya kan masih akan terbuka. Sehingga saya yakin mediasi ini juga tidak mungkin," kata dia. 

Terawan Agus Putranto

Photo :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Wakil Ketua PDSI, dr. Deby Vinski, menambahkan, bahwa PDSI hanya mewadahi jika Terawan nantinya ingin bergabung. Namun, PDSI tidak ada kaitannya dengan kasus Terawan. 

"Yang dimaksud dokter Jajang, Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia ini sesuai Pasal 28 saja. Jadi tidak berhubungan langsung, kita mewadahi itu. Dokter Terawan tadi, dia sama IDI terserah. Dia mau bergabung ke PDSI ya silakan, gapapa. Kita mewadahi," ujar dr Deby.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya