Orang Tertua di Dunia Meninggal Dunia, Ini Rahasia Umur Panjang

Kane Tanaka, manusia tertua di dunia
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Orang tertua di dunia, Kane Tanaka, seorang wanita berusia 119 tahun dari Jepang telah meninggal, 
pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan negara itu membenarkan hal tersebut. 

Omongan Rafathar Ini Bikin Raffi Ahmad Takut Gak Punya Umur Panjang

Lahir pada 2 Januari 1903, pemegang Guinness World Records mengembuskan napas terakhirnya di sebuah rumah sakit di kota Fukuoka, Jepang barat, pada Selasa, 19 April. Dalam hidupnya, ia mengalahkan kanker dua kali dan menyaksikan dua pandemi - flu Spanyol 1918 dan COVID-19. Dia meninggal karena komplikasi terkait usia dan pergi ke alam surga dengan damai.

Kebanyakan orang bermimpi panjang umur dan sehat, tapi Kane Tanaka adalah salah satu dari mereka yang benar-benar melakukannya. Ini menimbulkan rasa ingin tahu di antara banyak orang tentang apa yang dia lakukan dengan benar untuk hidup seabad dan menyaksikan keajaiban dunia. 

10 Negara dengan Umur Pendek Terbanyak! Indonesia Masuk? Cek Posisinya di Sini!

Nah, Anda juga penasaran, kami memiliki beberapa detail kebiasaan sehari-harinya yang dilansir dari Times of India.

?Bangun pagi

Miris Minat Baca Orang Indonesia Rendah, Cuma 1 dari 1000 Orang yang Suka Baca

Sesuai laporan, Tanaka adalah orang yang bangun lebih awal. Dia biasanya bangun jam 6 pagi setiap hari. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang bangun lebih awal cenderung tidur lebih awal dan bersenang-senang lebih lama. 

Kebiasaan ini meningkatkan kualitas tidur, yang pada akhirnya meningkatkan mood, dan tingkat konsentrasi, serta mengurangi risiko obesitas dan penyakit kronis lainnya.

Kebiasaan belajar

Bahkan di usia 119 tahun, Tanaka biasa membaca setiap sore. Dari semua favoritnya adalah untuk memecahkan masalah yang berhubungan dengan matematika. Itu membantu otaknya tetap aktif dan fokus. 

Membaca sesuatu secara teratur mengurangi risiko demensia, yang sering muncul pada orang tua. Sesuai penelitian, membaca meningkatkan fokus, memori, empati, dan keterampilan komunikasi Anda. Ini dapat mengurangi stres dan membantu Anda hidup lebih lama.

Bermain catur 

Bermain permainan papan dapat membantu melindungi keterampilan berpikir di usia tua. Studi menunjukkan bahwa orang yang bermain kartu dan permainan papan lebih mungkin untuk tetap tajam secara mental di kemudian hari. Bahkan setelah melewati 70 ingatan mereka, pemecahan masalah, kecepatan berpikir dan kemampuan berpikir umum tetap utuh.

?Hal-hal lain yang dapat dilakukan untuk hidup lebih lama

Selain itu, makan makanan yang sehat dan bersih serta berolahraga secara teratur juga terbukti cukup bermanfaat dalam menambah usia hidup Anda. Jadi, jika Anda ingin berumur panjang seperti Tanaka, tambahkan hal-hal ini ke dalam rutinitas Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya