Kenali Gejala Sakit Kepala Akibat COVID-19

Sakit kepala atau pusing
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Virus corona kemungkinan akan menyebabkan berbagai gejala termasuk demam, batuk, sakit tenggorokan, pilek, sakit tubuh, dan kelelahan. Selain itu, Anda mungkin juga mengalami gejala yang tidak biasa seperti kehilangan indra penciuman dan perasa bersama dengan masalah pencernaan. 

Yang Harus Dilakukan Orang Tua Saat Anak Mulai Sakit, Dokter: Jangan Diajak ke Mall!

Tetapi menurut aplikasi studi gejala ZOE Inggris adalah di antara lima gejala yang paling banyak dilaporkan dari varian Omicron, pertama kali ditemukan di Afrika Selatan. Virus SARs-CoV-2 dikatakan menyebabkan sakit kepala yang menyerupai sakit kepala tegang atau migrain.

Sakit kepala tegang dapat menyebabkan nyeri ringan hingga sedang, yang menyebabkan sesak, atau tekanan di sekitar dahi atau bagian belakang kepala dan leher, demikian dikutip dari Times of India.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Di sisi lain, migrain dapat menyebabkan nyeri berdenyut yang parah, sensasi berdebar, biasanya di satu sisi kepala. Ini juga bisa disertai dengan muntah dan mual.

Virus corona

Photo :
  • Times of India
KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Perhatikan tingkat keparahan, tanda dan gejala

Sakit kepala dikatakan sebagai salah satu gejala neurologis COVID-19 yang paling umum yang dapat bertahan bahkan setelah semua gejala lainnya hilang.

Sebuah studi tahun 2020 menemukan bahwa dari 130 peserta positif COVID-19, 74,6 persen mengalami sakit kepala ringan hingga sedang. Seperempat dari pasien mengalami sakit kepala seperti migrain yang parah dan dicatat bahwa itu adalah salah satu gejala paling awal yang muncul.

Studi lain yang diterbitkan di PubMed Central menemukan bahwa orang yang menderita sakit kepala karena COVID mengalami sakit kepala tegang. Beberapa cirinya antara lain:

- Nyeri sedang sampai berat
- Sakit di kedua sisi kepala
- Sakit di sekitar dahi termasuk sisi kepala dan sekitar mata
- Sensasi sesak atau berdenyut
- Sedikit respons terhadap obat OTC

Nyeri sendi

Photo :
  • Times of India

Studi ini juga mencatat bahwa seperempat dari peserta mengalami sakit kepala yang menyerupai migrain. Gejalanya meliputi nyeri berdenyut biasanya di satu sisi kepala disertai mual dan muntah dan kepekaan terhadap cahaya, bau, atau sentuhan.

Long COVID-19 telah menjadi fenomena umum ketika datang ke COVID-19. Ini mengacu pada gejala yang berlangsung selama berminggu-minggu dan berbulan-bulan setelah pemulihan.

Menurut sebuah studi tahun 2022 yang diterbitkan dalam The Journal of Headache and Pain, dari 288 orang dengan COVID-19, sebanyak 22,2% mengalami gejala neurologis, di mana 69,1% di antaranya mengalami sakit kepala.

Sakit kepala berlangsung selama 7 hari bagi kebanyakan orang. Namun, 18% orang yang mengalami sakit kepala berjuang melawan gejala selama lebih dari 30 hari, sementara 10 persen selama 3 bulan.

Lakukan test

Ilustrasi swab test/PCR/Antigen.

Photo :
  • Pixabay/neelam279

Jika Anda mengalami sakit kepala ringan hingga sedang, itu bisa berarti apa saja.Mengingat sakit kepala disertai gejala seperti demam, batuk, sakit tenggorokan, pilek, sakit tubuh dan kelelahan, segera periksakan diri Anda. Tes PCR cepat atau RT adalah cara terbaik untuk mengetahui apakah Anda terinfeksi atau tidak.

Dalam kasus sakit kepala parah, sangat penting berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosis yang tepat.

Untuk mengatasi sakit kepala di rumah, Anda dapat minum obat bebas (dengan resep dari dokter Anda). Selain itu, istirahat dapat membuat banyak perbedaan. 

Pijat dahi dan pelipis Anda untuk mendapatkan bantuan instan dan minum banyak air, karena dehidrasi juga dapat menyebabkan sakit kepala dan pusing.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya