5 Buah Ini Ramah Bagi Pasien Diabetes, Kelola Kadar Gula Darah

Buah dan sayur
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Untuk setiap pasien diabetes, tantangan terbesar adalah mengelola kadar gula darah mereka. Setelah didiagnosis dengan kondisi tersebut, diet mereka menjadi sedikit ketat, dan makanan apa pun (terutama yang manis) yang dapat meningkatkan kadar gula darah dihindari. 

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Salah satu kebingungan kebanyakan pasien diabetes adalah jenis buah yang harus mereka sertakan dalam makanan mereka. Seperti yang kita ketahui, buah-buahan secara alami kaya akan gula dan dapat meningkatkan kadar gula darah seperti halnya gula buatan. 

Satu-satunya perbedaan adalah kandungan gula dalam buah-buahan tidak terlalu berbahaya. Namun, itu perlu dikonsumsi dalam jumlah sedang. Menjadi kaya akan antioksidan dan nutrisi lainnya, seseorang tidak dapat sepenuhnya menghindari buah dari makanan mereka. 

8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Gejala Menopause

Berikut adalah lima buah ramah diabetes yang dapat ditambahkan ke dalam diet Anda, yang dilansir dari Times of India.

Persik

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Buahnya enak, tinggi serat dan ramah diabetes. Kaya akan vitamin C, vitamin A dan potasium, buah ini meningkatkan gula darah sekaligus. Senyawa bioaktif yang ada dalam buah persik juga dapat melawan obesitas dan masalah kesehatan yang disebabkan oleh diabetes. 

Asupan buah persik secara teratur juga dapat membantu mengurangi peradangan, meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh dan memperbaiki pencernaan.

Plum hitam

Jamun atau blackberry India adalah obat Ayurveda untuk mengobati sensitivitas insulin dan menangani diabetes selama berabad-abad. Buah ini rendah gula dan asupan hariannya dapat menjaga kadar gula darah tetap terkendali. 

Senyawa dan antioksidan yang ada dalam buah hitam membantu mengubah pati menjadi energi dan menjaga kadar gula darah.

Apel

Kaya serat, tinggi nutrisi dan rendah fruktosa, apel adalah buah lain yang sangat baik yang dapat Anda tambahkan ke dalam diet Anda. Dikemas dengan serat larut dan tidak larut, apel dapat membantu mencegah sembelit dan membuat Anda kenyang lebih lama. 

Serat juga memperlambat proses pencernaan dan penyerapan gula. Itu berarti gula memasuki aliran darah secara perlahan dan tidak meningkatkan kadar gula darah.

Pepaya

Makan pepaya juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Sesuai laporan, pepaya mungkin memiliki efek hipoglikemik pada tubuh. Buah ini juga mengandung flavonoid, antioksidan alami yang dapat membantu mengatur gula darah. 

Antioksidan di dalamnya dapat mencegah kerusakan sel dan mengatur berat badan yang sehat. Buah rendah kalori sarat dengan vitamin B, folat, kalium dan magnesium.

Jambu biji

Rendah kalori dan kaya serat, jambu biji dapat dicerna secara perlahan dan diserap secara perlahan oleh sel. Itu tidak meningkatkan kadar gula darah seperti buah-buahan lainnya. Ini juga memiliki vitamin C 4 kali lebih banyak daripada jeruk. 
Selain itu, kandungan natriumnya juga rendah dan tinggi kalium. Nutrisi ini juga bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya