Bill Gates: Pandemi COVID-19 Terburuk Belum Datang

Ilustrasi COVID-19/virus corona
Sumber :
  • Pixabay/Tumisu

VIVA – Salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates, memperingatkan bahwa pandemi COVID-19 terburuk belum datang. Dia menyebut varian yang lebih menular bahkan lebih fatal dari varian Delta dan Omicron, mungkin akan muncul. 

Menggenggam Kilau Emas, Kisah Inspiratif Yoki Hardian Tenggara

"Kami bahkan belum pernah melihat yang terburuk (COVID-19). Risiko munculnya varian yang lebih ganas adalah jauh di atas 5 persen," kata dia dalam sebuah wawancara dengan Financial Times, dikutip dari The HealthSite, Selasa 3 Mei 2022. 

Untuk mengatasi pandemi yang akan datang, kata Gates, kita sangat membutuhkan vaksin yang tahan lebih lama sehingga mampu memblokir infeksi COVID-19.

Penyakit Menular Arbovirosis Jadi Ancaman Baru, Menkes Budi: Lakukan 5 Hal Ini untuk Menanganinya

Selain itu, miliarder tersebut juga menyarankan untuk membentuk tim ahli internasional, termasuk ahli epidemiologi dan pemodel komputer, untuk mengidentifikasi ancaman dan meningkatkan koordinasi internasional. 

Ilustrasi COVID-19/Virus Corona.

Photo :
  • pexels/Edward Jenner
WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Dia juga menginginkan agar tim respons epidemi global, yang dikelola oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), melakukan investasi ekstra untuk mengatasi situasi jauh dari sebelumnya. 

Sementara itu, berdasarkan data dari Universitas Johns Hopkins, beban kasus COVID-19 global telah melampaui angka 514 juta dan kematian melonjak menjadi lebih dari 6,23 juta. 

Di Indonesia sendiri, meski kasus kurva positif COVID-19 dilaporkan masih mengalami penambahan, namun angka kasus kesembuhan juga terus melonjak. 

Mengutip Data dari Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, hingga Senin, 2 Mei 2022, terjadi penambahan 168 kasus baru COVID-19 dalam 24 jam terakhir.

ilustrasi masker mencegah penularan influenza dan COVID-19

Photo :
  • Pixabay

Namun, angka tersebut sudah jauh melandai dibandingkan beberapa waktu sebelumnya. Bahkan, Indonesia sudah menetapkan beberapa pelonggaran, termasuk diperbolehkannya mudik Lebaran, dengan syarat tertentu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya