Ramah Diabetes, 5 Buah Ini Bikin Gula Darah Selalu Aman

Ilustrasi buah-buahan.
Ilustrasi buah-buahan.
Sumber :
  • Freepik/Valeria_aksakova

VIVA – Buah-buahan secara alami kaya akan gula dan dapat meningkatkan kadar gula darah seperti halnya gula buatan. Satu-satunya perbedaan adalah kandungan gula dalam buah-buahan tidak terlalu berbahaya. Namun, hanya boleh dikonsumsi dalam jumlah sedang. 

Kaya akan antioksidan dan mengandung banyak nutrisi lainnya, seseorang tentu saja tidak boleh menghindari buah sepenuhnya, termasuk para pasien diabetes

Berikut 5 buah ramah diabetes yang bisa dimasukkan ke dalam menu sehari-hari bahkan membantu mengontrol gula darah, dilansir Times of India, Rabu 4 Mei 2022. 

Persik
Selain ramah diabetes, buah persik juga tinggi serat. Buah satu ini kaya akan vitamin C, A, dan potasium. Senyawa bioaktif yang ada dalam buah persik juga dapat melawan obesitas dan masalah kesehatan yang disebabkan oleh diabetes. 

Ilustrasi diabetes.

Ilustrasi diabetes.

Photo :
  • Pexels/Nataliya Vaitkevich

Asupan buah persik secara teratur juga dapat membantu mengurangi peradangan, meningkatkan kekebalan tubuh dan memperbaiki pencernaan. 

Jamun atau plum hitam
Jamun, plum hitam atau blackberry India merupakan obat Ayurveda untuk mengobati sensitvitas insulin dan menangani diabetes selama berabad-abad. Buah ini rendah gula dan asupan hariannya dapat menjaga kadar gula darah tetap terkendali. 

Halaman Selanjutnya
img_title