Pelihara Anjing Bisa Sebabkan Hepatitis Akut Misterius pada Anak?

Ilustrasi anjing dan pemiliknya
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan secara resmi Kejadian Luar Biasa (KLB) kasus hepatitis akut yang tidak diketahui penyebabnya, pada 15 April 2022. Penyebab dari penyakit tersebut masih belum diketahui. Pemeriksaan laboratorium di luar negeri telah dilakukan dan virus hepatitis tipe A, B, C, D dan E, tidak ditemukan sebagai penyebab dari penyakit tersebut.

Bayi Perempuan Penuh Luka Diduga Gigitan Anjing Ditemukan di Pinggir Jalan Jeneponto

Di tengah kasus misterius akut yang terjadi di sejumlah negara, baru-baru ini kepala kesehatan Inggris mengungkap, memelihara anjing atau mengonsumsi parasetamol dapat memicu kasus hepatitis misterius pada anak-anak. Dilansir dari laman The Sun, data resmi menunjukkan, 163 anak di Inggris telah terjangkit penyakit tersebut, dengan 11 anak membutuhkan transplantasi hati.

Tidak ada anak yang meninggal di Inggris karena kondisi tersebut, dan diperkirakan secara global sekarang ada lebih dari 250 kasus. Petugas medis sekarang telah memperingatkan bahwa kasus penyakit lebih umum di rumah tangga di mana ada anjing.

Viral Kurir Dikejar Anjing saat Hendak Antarkan Paket, Netizen: Bukan Takut Tapi Najis

Kampanye pencegahan penyakit Hepatitis

Photo :
  • twitter.com/litbangkemenkes

Dalam 92 kasus di seluruh Inggris, 64 kasus positif terjadi pada anak-anak yang berasal dari keluarga yang memelihara anjing, menurut data dari Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA).

Saat Jenifer hingga Dino Endus Peredaran Narkoba di Pelabuhan Bakauheni

Petugas medis sekarang menjelajahi tautan ini tetapi menyoroti, ini mungkin karena tingkat kepemilikan anjing yang tinggi di Inggris. Ditemukan juga, tiga perempat responden pernah menyebutkan menggunakan parasetamol. Lebih sedikit melaporkan penggunaan ibuprofen dan tidak ada yang melaporkan penggunaan aspirin.

Prevalensi penggunaan parasetamol dianggap konsisten dengan pedoman pengelolaan penyakit akut pada anak-anak, kata para ahli. Investigasi terhadap kondisi tersebut termasuk wawancara dengan orang tua dan kuesioner yang dikirim ke keluarga yang terkena dampak.

Ilustrasi hewan peliharaan/anjing.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

Awal pekan ini Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan ada 230 anak-anak di seluruh dunia dengan penyakit tersebut. Hepatitis adalah peradangan hati dan biasanya disebabkan oleh virus hepatitis, A,B,C,D atau E.

Tak satupun dari anak-anak di Inggris telah dites positif untuk jenis ini, dan tidak ada yang dianggap immunocompromised.

Pejabat kesehatan Inggris mengatakan kemungkinan seorang anak terkena hepatitis tetap "sangat rendah", tetapi orang tua harus mengetahui gejalanya.

Beberapa tanda-tanda utama yang perlu Anda waspadai adalah menguningnya bagian putih mata atau kulit (jaundice), urin gelap
kotoran pucat, berwarna abu-abu (kotoran), kulit yang gatal, nyeri otot dan sendi, suhu tubuh tinggi, merasa sakit, merasa sangat lelah sepanjang waktu, kehilangan selera makan
hingga sakit perut.

Sementara itu, Direktur Infeksi Klinis dan Emerging di UKHSA, Dr Meera Chand mengatakan orang tua masih perlu waspada terhadap tanda-tanda utama.

Ilustrasi anak sakit.

Photo :
  • Pexels/miroshnichenko

"Khususnya penyakit kuning, cari semburat kuning di bagian putih mata dan hubungi dokter Anda jika Anda khawatir. Penyelidikan kami terus menunjukkan bahwa ada hubungan dengan adenovirus dan penelitian kami sekarang menguji hubungan ini dengan ketat. Kami juga sedang menyelidiki kontributor lain, termasuk SARS-COV-2 sebelumnya, dan bekerja sama dengan NHS dan mitra akademis untuk memahami mekanisme cedera hati pada anak-anak yang terkena dampak," kata dia.

Petugas medis mengatakan penyelidikan penyebabnya masih berlangsung dan adenovirus adalah virus yang paling sering terdeteksi dalam sampel yang diuji. Namun, mereka menyoroti bahwa hal ini tidak umum menyebabkan hepatitis.

Adenovirus biasanya menyebar melalui kontak pribadi yang dekat, tetesan pernapasan, dan permukaan. Ada lebih dari 50 jenis adenovirus, yang paling sering menyebabkan flu biasa.

Tapi bukti awal menunjukkan anak-anak dengan hepatitis telah terinfeksi adenovirus tipe 41 yang menyebabkan gejala sakit perut, muntah, mual dan diare.

Ini terjadi sebelum tanda-tanda peradangan hati, yang mungkin termasuk penyakit kuning (menguningnya kulit dan mata). Beberapa tanda-tanda umum dari virus ini adalah gejala pilek dan flu biasa, demam, sakit tenggorokan, bronkitis, radang paru-paru, konjungtivitis, masalah gastro seperti sakit dan diare.

Penyakit serius lebih jarang terjadi pada virus, tetapi orang dengan sistem kekebalan yang lemah atau penyakit pernapasan atau jantung yang ada memiliki risiko lebih tinggi mengalami gejala parah. Tanda-tanda yang kurang umum termasuk peradangan kandung kemih atau infeksi dan masalah yang mempengaruhi otak atau sumsum tulang belakang.

Hepatitis adalah efek samping yang jarang terjadi. Kebersihan penting dalam hal adenovirus karena mereka menyebar melalui kontak pribadi yang dekat seperti menyentuh. Sama seperti Covid, virus ini juga dapat menyebar melalui batuk dan bersin dan dengan menyentuh permukaan dengan adenovirus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya