Ketahui Tanda-tanda Kolesterol Sedang Tinggi dan Cara Menunurunkan

Kolesterol
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Makanan khas Indonesia yang disajikan pada momen Idul Fitri sangat kental dengan bahan dasar santan, seperti rendang, opor ayam, sayur godog. Makanan tersebut jika tidak dibatasi akan meningkatkan kadar kolesterol.

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Kolesterol tinggi dikaitkan dengan penyakit utama tubuh. Kadar kolesterol yang tinggi akan berbahaya jika tidak ditangani dengan serius. Penumpukan plak karena adanya kadar kolesterol tinggi dalam tubuh adalah alasan utama di balik penyakit serius seperti penyakit kardiovaskular, penyakit arteri perifer, penyakit arteri koroner dan stroke.

Sering disebut sebagai silent killer, kolesterol tinggi tidak menunjukkan gejala apapun. Berbeda dengan kondisi kesehatan lainnya, di mana seseorang merasakan tanda-tanda tertentu, tidak ada tanda yang terlihat jika kadar kolesterol dalam tubuh melonjak.

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Dilansir dari Times of India, kolesterol adalah zat lilin berlemak yang meskipun penting untuk berbagai fungsi tubuh, sangat mematikan ketika melebihi tingkat normal. Kolesterol sangat penting untuk pembentukan membran sel dan hormon.

Ada dua jenis kolesterol yang sebagian besar diperhitungkan saat memutuskan apakah seseorang memiliki kolesterol tinggi atau tidak: lipoprotein densitas rendah (LDL) atau 'kolesterol jahat' dan lipoprotein densitas tinggi atau 'kolesterol baik'.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Ada trigliserida yang digunakan oleh tubuh sebagai sumber energi yang disimpan. Saat tidak digunakan kadar trigliserida dalam tubuh meningkat dan juga dapat menempatkan Anda pada risiko penyakit jantung.

?Berapa kadar kolesterol normal?

Kolesterol

Photo :
  • Times of India

Kadar kolesterol total ditentukan dengan memperhatikan kadar lipoprotein densitas rendah, lipoprotein densitas tinggi, dan trigliserida. Idealnya, tingkat lipoprotein densitas rendah harus kurang dari 70 miligram per desiliter. Mereka yang tidak memiliki faktor risiko dapat menganggap tingkat lipoprotein densitas rendah antara 100 hingga 130 miligram per desiliter sebagai normal.

Sesuai laporan Harvard, "Tingkat kolesterol lipoprotein densitas tinggi Anda juga penting. Orang dengan kadar di bawah 40 mg/dL lebih mungkin mengembangkan aterosklerosis, penyakit jantung, dan stroke. Secara umum, kadar trigliserida di bawah 150 mg/dL adalah tujuan yang bagus."

Ada beberapa cara untuk mengetahui apakah mereka memiliki kolesterol tinggi, dua yang menonjol di antaranya adalah faktor genetik dan pemeriksaan kesehatan secara teratur.

Fakta bahwa kolesterol tinggi tidak menunjukkan gejala apapun sampai menyebabkan komplikasi medis, harus memperingatkan semua orang untuk berhati-hati dengan kesehatan mereka.

Kolesterol tinggi berkembang menuju kerusakan jantung dan tanda-tanda awal kerusakan jantung, jika ditemukan tepat waktu, dapat membantu mendapatkan bantuan medis pada waktu yang tepat:

Tanda-tanda peringatan yang harus diwaspadai adalah:

- Nyeri dada, atau angina
- Mual
- Mati rasa
- Kesulitan dalam berbicara
- Kelelahan
- Peningkatan tekanan darah

Faktor risikonya

Sesuai laporan Harvard Medical School, berbagai faktor risiko penyakit jantung akibat kolesterol tinggi adalah pria yang lebih tua dari 45 tahun, menjadi wanita yang lebih tua dari 55 tahun, menjadi wanita dengan menopause dini, memiliki riwayat keluarga dengan penyakit arteri koroner prematur. 

Tes darah sederhana yang disebut profil lipoprotein dapat menilai kadar kolesterol Anda. Ini biasanya melaporkan kolesterol total, kolesterol LDL, kolesterol HDL dan trigliserida Anda, yang merupakan jenis lemak dalam darah.

Saat Anda siap untuk tes, Anda diharuskan berpuasa yaitu tidak makan makanan atau cairan selain air selama minimal 9 hingga 12 jam sebelum tes. Namun, beberapa tes yang terkait dengan kolesterol tidak mengharuskan puasa. Bicaralah dengan dokter Anda untuk memastikan hal yang sama.

Cara untuk menurunkan kolesterol tinggi

Sayur dan buah

Photo :
  • Times of India

Perubahan gaya hidup sangat penting jika Anda memiliki kadar kolesterol tinggi dalam tubuh.
Diet, aktivitas fisik berkontribusi banyak terhadap pengaturan kadar kolesterol pada manusia.

Berikut adalah beberapa resep sehat yang benar-benar dapat membantu Anda dalam menurunkan kadar kolesterol:

- Rebusan tomat

Ambil dua buah tomat ukuran sedang, potong menjadi empat bagian. Masukkan tomat ke dalam panci dan tambahkan bawang putih cincang, jahe, dan garam masala ke dalamnya. Tambahkan air dan rebus campuran ini selama 15-20 menit. Hancurkan tomat dengan benar dan saring campuran ini ke dalam mangkuk lain. Tempelkan rebusan tomat ini dengan sedikit minyak dan biji jintan. Makan panas.

- Sup jelai

Ambil jelai dan lentil, bersihkan dengan benar. Dalam pressure cooker tambahkan sedikit minyak atau mentega dan tambahkan beberapa biji jintan, bawang merah, bawang putih ke dalamnya. 

Tumis semua ini sebentar lalu tambahkan jelai dan lentil yang sudah dibersihkan. Masak dengan tekanan selama 15 menit dan kemudian bumbui dengan daun ketumbar dan lada hitam.

- Besan chilla atau telur dadar tanpa telur

Besan adalah makanan ajaib bagi mereka yang memiliki kolesterol tinggi. Untuk makan makanan bergizi tinggi ini, Anda bisa membuate resep yang mudah. Dalam mangkuk, ambil 3 sendok besan, biji jintan, lada hitam, dan garam. Campur semua ini bersama-sama dengan air dan sedikit dadih. Untuk adonan ini Anda bisa menambahkan tomat, bayam, bawang bombay, paprika dan sayuran cincang halus pilihan Anda.

Diamkan adonan selama 15 menit, lalu buat cabai seperti panekuk di atas penggorengan. Masak dengan baik di kedua sisi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya