Peneliti Thailand Peringatkan Jangan Lepas Masker Saat di Toilet Umum

Memakai masker
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Tim peneliti Thailand menemukan dalam sebuah penelitian bahwa tanpa masker, ada risiko 10% terinfeksi COVID-19 di toilet umum. Studi ini diterbitkan dalam Journal of Water and Health.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Tim yang dipimpin oleh peneliti dari Chulabhorn Research Institute di Bangkok ini menemukan bahwa risikonya naik hingga hampir 100% jika orang yang terinfeksi COVID-19 benar-benar batuk atau bersin di toilet. 

Namun, penelitian tersebut mengklaim bahwa jika keduanya mengenakan N95 atau masker wajah bedah, risikonya hanya 0,01%, demikian dilansir dari thethaiger yang dikutip dari Bangkok Post. Kini, para peneliti memperingatkan masyarakat untuk tidak melepas masker saat berada di toilet umum. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Thammanitchpol Denpetkul, seorang dosen di fakultas kedokteran tropis di Universitas Mahidol, mengatakan kepada Bangkok Post bahwa beberapa masker jauh lebih efektif daripada yang lain.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

“Beberapa masker kain mungkin tidak cukup baik untuk melindungi dari virus, tetapi jika seseorang menggunakan masker N95 dan memakainya dengan benar, risikonya adalah satu dari 100.000.”

Tren infeksi COVID-19 baru harian di Indonesia memang sedang menurun, untuk saat ini. Namun dibebaskannya mudik lebaran, juga menjadi kewaspadaan kita semua. 
 

Tasya Kamila

Trik ala Tasya Kamila agar Anak Gak Gampang Sakit, Bisa Dicontek Bun!

Tasya Kamila menyadari tidak bisa selalu mengawasi anak-anaknya 24 jam. Oleh sebab itu, ia punya cara tersendiri untuk menjaga kesehatan anak-anaknya. Bagaimana caranya?

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024