7 Gejala Cacar Monyet yang Perlu Diketahui

Cacar monyet
Sumber :
  • The Sun

VIVA – Penyakit langka cacar monyet memiliki ciri-ciri yang mirip dengan cacar pada manusia, meskipun tidak begitu berbahaya. Virus cacar monyet tidak terlalu sering terlihat tetapi dapat menyebabkan ketakutan menyebar ketika muncul.

Kemenkes Catat Lebih dari 60 Ribu Kasus DBD di Indonesia, Pemudik Harus Waspada

Dilansir dari The Sun, orang yang terkena cacar monyet biasanya tidak menunjukkan gejala setidaknya selama lima hari. Tapi bisa sampai 13 atau bahkan 21 hari sebelum tanda-tandanya terlihat jelas. Masa ini disebut “masa inkubasi”.

Infeksi menyebabkan dua periode penyakit. Pada fase pertama, hingga lima hari, pasien dapat menderita:

Bagaimana Membedakan Gejala Infeksi dengan Penyakit Biasa pada Anak?

- Suhu tinggi - 38C atau lebih.
- Sakit kepala
- Nyeri otot
- Sakit punggung
- Kelenjar bengkak
- Panas dingin
- Kelelahan

Pada fase kedua penyakit, kulit mulai pecah - biasanya dalam satu hingga tiga hari setelah demam. Ini memiliki gejala yang lebih terlihat yang dapat diidentifikasi sebagai monkeypox

Ramai Kasus Flu Singapura, Ahli: Itu PTKM

- Ruam
- Bintik-bintik

Ruam cacar monyet biasanya dimulai satu hingga lima hari setelah gejala pertama muncul, kata NHS. Bintik-bintik sering muncul di wajah sebelum menyebar ke bagian tubuh lainnya. Ruam sebagian besar memengaruhi wajah (95 persen kasus) dan tangan (75 persen), menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Selama sakit, ruam berubah dari benjolan merah terangkat, menjadi bintik-bintik berisi cairan.
Bintik-bintik itu akhirnya meletus dan membentuk koreng yang kemudian rontok.

Apakah cacar monyet mematikan?

Anda dapat tertular cacar monyet dengan menyentuh bintik-bintik atau koreng dari seseorang yang terinfeksi, serta pakaian atau tempat tidur mereka. Itu juga dapat ditularkan dari bersin dan batuk.

Namun, kemungkinan penularan virus di antara manusia dianggap rendah. Biasanya seseorang mendapatkan virus dari kontak langsung dengan darah atau cairan tubuh hewan yang terinfeksi - yang belum pernah terjadi di Inggris.

Cacar monyet biasanya berlangsung dari dua sampai empat minggu dan bisa sembuh tanpa pengobatan. Kasus yang parah lebih sering terjadi pada anak-anak. Komplikasi cacar monyet bisa muncul - beberapa mematikan.

Mereka termasuk infeksi sekunder seperti sepsis, ensefalitis, dan infeksi kornea yang menyebabkan kehilangan penglihatan. Sebanyak satu dari 10 orang yang terjangkit penyakit ini meninggal, menurut WHO, kebanyakan pada orang yang lebih muda. Tidak ada yang diketahui meninggal karena penyakit ini di Inggris.

Apa yang harus dilakukan jika menderita cacar monyet?

Di Inggris, jika seseorang diketahui menderita cacar monyet, mereka perlu dirawat di rumah sakit spesialis, seperti unit penyakit menular khusus Rumah Sakit Royal Free.

"Penting untuk menekankan bahwa cacar monyet tidak menyebar dengan mudah di antara orang-orang dan risiko keseluruhan untuk masyarakat umum sangat rendah," kata  Dr Colin Brown, Direktur Infeksi Klinis dan Emerging, UKHSA.

Minimalkan kontak dengan orang lain jika Anda menderita cacar monyet dan segera hubungi profesional medis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya