Resep Teh Herbal Temulawak, Redam Kolesterol Pasca Lebaran

Ilustrasi Temulawak
Sumber :
  • Pixabay/ SoFuego

VIVA – Ragam menu Lebaran selalu nampak lezat namun di sisi lain juga memicu dampak kurang baik bagi tubuh, termasuk peningkatan kadar kolesterol. Hal ini membuat banyak orang, terutama usia lanjut, mulai merasakan masalah di tubuh sehingga butuh cara cepat meredam kolesterol.

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Pakar Herbal, Rianti Maharani MSi., menyebutkan bahwa ada cara aman dan alami untuk meredam kolesterol, salah satunya dengan temulawak. Tanaman akar ini diketahui sudah digunakan sejak ratusan tahun lalu oleh nenek moyang untuk membuat tubuh lebih bugar.

"Temulawak bisa turunkan kolesterol. Sudah dipakai ratusan tahun lalu termasuk untuk kolesterol. Kita pakai ramuan lain juga," jelasnya dalam acara Hidup Sehat tvOne, Senin 9 Mei 2022.

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

Dokter Rianti menjelaskan bahwa herbal ini dikenal ampuh untuk meredakan kolesterol karena kandungan kurkumin di dalamnya. Disarankan untuk mengonsumsi rutin agar hasilnya lebih maksimal dengan penurunan kolesterol perlahan hingga 6 pekan.

"Ada kandungan kurkumin dari temulawak bisa turunkan kadar kolesterol dalam darah. Untuk dapatjan hasil, kerja 3-6 minggu. Tiga kali sehari satu gelas diminum. Disarankan takarannya tepat. Kalaupun berlebih, dampaknya akan membuat buang air terus karena sifatnya diuretik," jelasnya.

7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Protein untuk Kesehatan Tulang

Berikut bahan dan cara mengolahnya:

Ramuan temulawak.

Photo :
  • U-Report

Bahan:

1 gram daun jati cina
6 gram daun jati belanda
6 gram tempuyung
5 gram daun teh hijau
5 gram temulawak
4 gram kunyit
3 gram meniran
Boleh tambah madu, gula merah

Cara mengolah:

Air 5 gelas, rebus. Gunakan bahan non logam untuk merebus.
Masukan semua bahan
Rebus 15 menit
Saring. Sajikan.

"Temulawak terbukti ilmiah turunkan kadar koelsterol tubuh. Lalu tqnaman obat dari rumput, yaitu tempuyung sifatnya diuretik. Meniran dan kunyit juga berkhasiat turunkan kolesterol," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya