Ramai Hepatitis Misterius, Ramuan Herbal Ini Sehatkan Hati

Ramuan temulawak.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Hepatitis misterius tengah menjangkiti banyak orang, khususnya usia anak, di berbagai negara. Tak sedikit orangtua yang akhirnya khawatir akan penularan hepatitis akut tanpa sebab hingga memicu gejala parah dan kematian.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Hepatitis menyerang organ hati atau liver yang berfungsi menyaring berbagai bahan berbahaya agar tak terserap di tubuh. Apabila organ hati mengalami gangguan, maka tubuh sulit untuk bugar dan sehat. Terlebih jika sudah mengalami kerusakan yang mengharuskan pasien menjalani transplantasi hati.

Untuk itu, butuh pencegahan sejak dini agar organ hati anak bisa dijaga. Pencegahan hepatitis yang paling umum adalah mencuci tangan dan menjaga kebersihan makanan. Nah, Pakar Herbal, Rianti Maharani MSi., juga mengatakan bahwa salah satu cara menyehatkan hati dengan asupan herbal.

Suka Hangatkan Makanan Sisa Buka untuk Sahur? Hati-hati Bisa Sebabkan Masalah Serius Ini

"Lagi ramai soal penyakit hepatitis akut. Ramuan ini bisa tingkatkan fungsi hati. Terbukti ampuh mengatasinya," tuturnya dalam acara Hidup Sehat tvOne, Senin 9 Mei 2022.

Tak hanya itu, ramuan herbal temulawak juga mampu menambah nafsu makan pada anak sehingga imunitas meningkat dan mencegah berbagai penyakit. Di temulawak, minyak atsiri dari uap air rebusannya sendiri sudah berfungsi sebagai nafsu makan sehingga dianjurkan merebus airnya tanpa penutup panci.

3 Ramuan Herbal untuk Sembuhkan DBD, Bisa Dibuat di Rumah

"Yang membuat nafsu makan adalah minyak atsiri, dan itu ada di temulawak. Maka biarkan terbuka tutup rebusan agar minyak atsiri menguap. Aman bagi anak. Sudah ada penelitian bahwa temulawak bisa pada anak bisa tingkatkan nafsu makan dan berat badan," jelasnya.

Ilustrasi anak sakit.

Photo :
  • Pexels/Cottonbro

Berikut resep ramuan teh herbal temulawak:

Bahan:

Air 400ml
28 gram Temulawak, iris tipis
6 gram kunyit, iris tipis.
12 gram daun jombang
Pandan secukupnya
Sereh secukupnya, geprek

Cara mengolah:

Rebus air hingga mendidih. Masukan temulawak dan kunyit. Tunggu beberapa menit.
Masukan kembali daun jombang. Tunggu hingga 5 menit
Masukan pandan dan sereh untuk menambaj aroma. Matikan kompor
Saring, sajikan selagi hangat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya