7 Cara Menggunakan Jahe untuk Sembuhkan Batuk 

Ilustrasi jahe.
Sumber :
  • Pixabay/ Couleur

VIVA – Batuk seringkali menimbulkan ketidaknyamanan pada tenggorokan dan menganggu aktivitas. Saat gejala Batuk menyerang, biasanya akan timbul rasa kering dan gatal pada tenggorokan. Oleh karena itu, dibutuhkan penanganan yang tepat agar Batuk tidak berkelanjutan dan menghambat aktivitas harian. 

Trik ala Tasya Kamila agar Anak Gak Gampang Sakit, Bisa Dicontek Bun!

Memanfaatkan herbal seringkali dilakukan untuk meredakan batuk. Bahkan tak jarang, bahan-bahan bumbu di dapur juga sering digunakan untuk mencegah batuk. Salah satu bahan dapur yang sering dimanfaatkan adalah jahe. 

Batuk, menjadi salah satu penyakit yang sering menyerang segala kalangan usia. Nah, saat batuk menyerang banyak sekali yang memanfaatkan jahe untuk melegakan batuk serta menghangatkan tenggorokan. 

5 Cara Masukkan Lemon ke Dalam Makanan untuk Menurunkan Berat Badan

Jahe adalah bahan paling favorit yang telah digunakan secara tradisional dalam mengobati penyakit yang berhubungan dengan pilek dan juga batuk. 

Perlu diketahui, jahe kaya akan sifat anti-inflamasi dan juga memiliki kandungan yang bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Sifat anti-inflamasi ini membantu menghilangkan rasa sakit tenggorokan dan menjadi ramuan mint penghangat tubuh. Berikut tips cara menggunakan jahe untuk mencegah dan menyembuhkan batuk seperti dilansir laman Times of India. 

Penyanyi Hizrah yang Sempat Viral Kini Sukses Jadi Milyarder di Bisnis Herbal

Jahe + Minuman madu

Ilustrasi herbal Indonesia, jahe dan madu.

Photo :
  • U-Report

Indikasi utama bahwa tubuh memberi sinyal saat infeksi flu terjadi melalui sakit tenggorokan. Pada saat hal tersebut terjadi, parut jahe dan tambahkan ke panci berisi air mendidih. Setelah mendidih, tambahkan madu ke dalamnya dan peras setengah lemon dan minum selagi hangat. Ramuan ini bermanfaat untuk meredakan sakit tenggorokan dan batuk. Jahe mengurangi peradangan yang menyebabkan rasa gatal di tenggorokan saat sakit dan madu membantu menenangkannya juga menjinakkan batuk yang kasar.

Jahe + teh Tulsi

Ini telah menjadi obat di sebagian besar rumah tangga di India untuk waktu yang sangat lama. Yang harus Anda lakukan adalah memarut jahe dan menambahkan 4-5 daun Tulsi ke dalam air saat membuat teh. Biarkan air ini mendidih selama sekitar satu menit dan kemudian tambahkan sisa bahan. Jadi Infuse water jahe dan Tulsi ini bisa menurunkan suhu tubuh jika Anda demam dan juga akan membantu meredakan sakit kepala dan batuk.

Serai + minuman jahe

Serai juga kaya akan sifat anti-jamur dan anti-inflamasi yang membantu Anda mengatasi flu, pilek dan batuk. Ketika dikombinasikan dengan jahe, minuman ini bisa memberikan keajaiban. Rebus jahe parut dan tambahkan serai kering atau segar ke dalam air mendidih. Matikan api dan biarkan meresap selama 3-4 menit. Bisa ditambahkan madu jika suka manis.

Minuman Lemon + Jahe

Jahe lemon.

Photo :
  • U-Report

Menambahkan jus lemon ke air panas bersama dengan beberapa ruas jahe membantu mencegah dan menghilangkan dahak. Jahe juga berfungsi sebagai antioksidan dan membantu tubuh melepaskan racun yang selanjutnya dapat menghilangkan infeksi dan flu. Rebus air jahe dan peras beberapa lemon ke dalamnya. Vitamin C yang ada dalam lemon juga bekerja sebagai zat aktif dalam menghilangkan lendir dan meredakan rasa sakit.

Akar jahe mentah

Mengunyah akar jahe secara langsung mungkin terdengar agak menyeramkan. Tetapi efeknya bisa sangat mengutungkan. Ini juga salah satu cara terbaik untuk menyerap semua manfaat yang dapat diberikannya selama pilek dan batuk. Untuk mendapatkan hasil terbaik, disarankan untuk mengikuti ini setidaknya 2-3 kali sehari tetapi jika tidak merasa nyaman, tidak perlu mengikuti teknik ini.

Permen atau permen jahe

Anda dapat menemukannya di toko bahan makanan lokal. Permen jahe ini juga bisa memberikan efek menghangatkan tubuh. Kunyah hingga 3 permen sehari untuk menenangkan tenggorokan dan juga meredakan batuk.

Bubuk jahe

Bubuk jahe.

Photo :
  • U-Report

Menambahkan bubuk jahe ke makanan juga bisa sangat bermanfaat bagi tubuh untuk melawan gejala flu. Cukup tambahkan sekitar 2 sendok teh bubuk jahe ini ke makanan Anda saat memasak dan Anda akan melihat perubahan nyata pada kesehatan Anda.

Konsisten dalam meningkatkan taraf hidup pelanggan dan sebagai merek obat batuk yang telah hadir lebih dari 30 tahun di Indonesia Vicks Indonesia dengan bangga meluncurkan produk baru yang dipersembahkan untuk masyarakat Indonesia, Vicks Formula Jahe Madu merupakan obat batuk sirup herbal yang mengandung Triple Herbal Action: Jahe, Madu, Licorice dan Mint yang membantu meringankan batuk dan melegakan tenggorokan. 

dr.Yoska Yasahardja selaku Senior Medical Manager P&G Health Indonesia mengungkapkan, “Secara empiris dan didukung oleh data-data ilmiah, Jahe mengandung efek anti peradangan atau antiinflamasi, Madu juga kerap kali digunakan sebagai salah satu bahan herbal yang mampu membantu melegakan tenggorokan dikarenakan Madu memproduksi lapisan pelindung yang meringankan iritasi atau inflamasi pada membran mukosa, Licorice juga berperan penting untuk membantu mengencerkan dahak sehingga dahak akan lebih mudah dikeluarkan saat batuk menyerang, yang terakhir kandungan Mint sendiri tentunya memberikan sensasi dingin dan menyegarkan, Mint juga dapat bekerja sebagai analgesik.”

Brand Director P&G Health Care – Indonesia Cough & Cold, Yoelitta Bongso mengatakan “Obat tradisional memiliki peranan penting dalam membantu meredakan keluhan Batuk.

"Masyarakat Indonesia selalu lekat dengan warisan tradisi yang diturunkan dari satu generasi ke generasi, jika orang tua kita zaman dahulu kerap membuat ramuan herbal Jahe & Madu untuk meringankan batuk, melegakan serta menghangatkan tenggorokan, kalau sekarang praktis bisa #diVicksinAja." 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya