Dianggap Tak Sehat, 4 Roti Ini Ternyata Bagus untuk Diabetes

Ilustrasi roti
Sumber :
  • Pixabay/Fotoshoptofs

VIVA – Orang dengan diabetes biasanya dilarang mengonsumsi roti. Namun, dengan memilih jenis yang tepat dan bergizi, beberapa jenis roti justru memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. 

Kembali Beroperasi, Pabrik Roti di Gaza Diserbu Ratusan Warga Palestina hingga Antre Berjam-jam

Mulai dari menjaga kesehatan jantung hingga mengurangi risiko diabetes, berikut beberapa jenis roti yang seharusnya dimakan, dilansir Times of India, Selasa 10 Mei 2022. 

Roti gandum utuh
Roti gandum utuh atau juga disebut roti cokelat, terbuat dari gandum utuh dan jauh lebih sehat dibanding roti putih yang terbuat dari tepung halus yang rendah nutrisi dan dikaitkan dengan obesitas

3 Toko Roti di Gaza Dibuka Kembali untuk Pertama Kalinya Sejak Perang Israel-Hamas Oktober 2023

Roti gandum membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko diabetes tipe 2. Selain itu, jenis roti ini juga lebih tinggi serat dan memiliki lebih banyak vitamin serta mineral. Makan roti gandum utuh juga membuat kita kenyang lebih lama. 

Roti gandum

Photo :
  • Times of India
Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Roti whole grain
Roti ini dibuat dari biji-bijian utuh sehingga meningkatkan nilai gizinya dan menurunkan indeks glikemiknya. Indeks glikemik mengacu pada seberapa cepat gula darah naik setelah mengonsumsi sesuatu. 

Roti whole grain, kaya akan vitamin, mineral, serat dan protein, terutama jika dibandingkan dengan roti tawar. Karena lebih berserat, jenis roti ini mampu meningkatkan kesehatan usus. 

Roti kecambah
Roti kecambah tidak mengandung tepung. Sebaliknya, roti ini terbuat dari biji-bijian yang tumbuh, kacang-kacangan dan biji-bijian dalam air yang dicampur menjadi adonan kemudian dipanggang menjadi roti. 

Proses ini membantu menurunkan indeks glikemik roti. Artinya, roti kecambah tidak meningkatkan gula darah jika dibandingkan dengan produk biji-bijian konvensional lainnya. Namun, tetap disarankan untuk memerhatikan porsi saat mengonsumsinya. 

Ilustrasi roti sourdough.

Photo :
  • Pixabay/dolfinmagikpro

Roti sordough
Roti ini dibuat dengan memfermentasi air dan tepung secara perlahan. Proses fermentasinya memecah beberapa pati dalam tepung. Proses fermentasi ini mampu menurunkan indeks glikemik roti dan juga menambahkan probiotik alami. 

Makan jenis roti ini akan menambah bakteri baik di usus. Selain itu, roti sordough juga dapat membantu meningkatkan imunitas dengan mengurangi risiko peradangan dan alergi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya