Ibunda Kiki Farrel Meninggal Karena Kanker Usus, Hindari 3 Makanan Ini

Kiki Farrel dan Mama Dahlia
Sumber :
  • IG @kikifarrel_

VIVA – Ibunda Kiki Farrel, Mama Dahlia, meninggal dunia karena penyakit kanker usus yang dideritanya. Mama Dahlia menghembuskan napas terakhir pada hari ini, Kamis 12 Mei 2022. 

Meninggal Dunia, Hilbram Dunar Ternyata Berjuang Melawan Kanker Sejak Tahun Lalu

Diketahui, ibunda dari Kiki Farrel sudah mengidap kanker usus sejak 2017 lalu. Setelah beberapa tahun berjuang, kanker usus yang diidap Mama Dahlia sudah masuk stadium akhir. 

Dilansir Geisinger, memilih makanan yang baik seperti sayuran segar dan biji-bijian adalah bagian dari gaya hidup sehat. Tetapi, mengetahui makanan mana yang harus dihindari juga sama pentingnya seperti mengisi piring dengan sayuran segar dan protein tanpa lemak. 

Kiki Farrel Ungkap Hubungan Tamara Tyasmara dan Yudha Arfandi Tak Direstui Sahabat

Faktanya, menghindari beberapa makanan dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker, terutama kanker usus besar

Ilustrasi usus.

Photo :
  • Pixabay
Kiki Farrel Bela Tamara Tyasmara yang Tersenyum Lebar saat Tahlilan: Fotonya Udah Diedit

Ahli bedah kolorektal di Geisinger Wyoming Valley Medical Center,  Dr. Bogdan Protyniak, mengatakan, mengambil beberapa tindakan pencegahan dapat menghasilkan kesehatan usus besar yang baik. 

"Kanker usus besar sangat dapat diobati pada tahap awal. Tetapi karena gejalanya sulit dideteksi sejak dini, cara terbaik untuk mencegah kanker usus besar adalah dengan mengambil langkah-langkah pencegahan," kata dia. 

Faktanya, makanan tertentu dapat meningkatkan kemungkinan seseorang terkena kanker usus besar hingga 37 persen. Dr. Protyniak menyebutkan tiga makanan yang harus dihindari untuk mengurangi risiko terkena kanker usus besar. Apa saja?

Daging olahan dan daging merah
Para peneliti telah menemukan, makan 50 gram daging olahan setiap hari (yang setara dengan 1 hot dog atau 4 potong bacon) dapat meningkatkan risiko kanker usus besar sebesar 18 persen. 

Ilustrasi daging merah.

Photo :
  • Pixabay/joon2079

"Untuk mengurangi risiko kanker usus besar, pertimbangkan untuk menukar daging merah dengan unggas dan ikan. Ini dapat membantu memulai dari yang kecil dengan menukar makanan ini sekali atau dua kali seminggu pada awalnya," ujarnya. 

Roti putih
Sama seperti daging olahan, biji-bijian olahan juga dapat meningkatkan risiko kanker usus besar. Biji-bijian olahan dalam roti putih dan makanan yang mengandung tepung putih lainnya dapat meningkatkan kadar gula darah, yang menyebabkan resistensi insulin. Hal ini dapat meningkatkan risiko kanker usus besar serta kanker lain, seperti kanker ginjal. 

Sebenarnya, biji-bijian merupakan sumber serat utama dalam makanan. Tetapi karena diproses sedemikian rupa, makanan dari tepung puting tidak mengandung serat sebanyak makanan dari gandum utuh. Memilih roti gandum dan oat, dapat meningkatkan asupan serat dan mengurangi risiko kanker usus besar. 

Minuman manis
Hasil penelitian juga telah menunjukkan hubungan antara minuman manis dan obesitas, yang juga dapat menyebabkan kanker. 

Ilustrasi minuman ringan atau minuman bersoda.

Photo :
  • Pixabay/ PDPics

"Gula dalam minuman seperti soda dapat menyebabkan peradangan kronis. Peradangan dapat menyebabkan berbagai jenis kanker di seluruh tubuh, termasuk kanker usus besar," papar Dr. Protyniak. 

Untuk menghindari kanker usus besar ganti minuman manis dengan air putih dan minuman rendah kalori, serta rendah gula lainnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya