6 Manfaat Daun Pepaya Jepang untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Manfaat Daun Papaya Jepang
Sumber :
  • Steemit

VIVA – Manfaat daun pepaya Jepang memang sudah bukan rahasia umum lagi untuk kesehatan. Meskipun namanya ada unsur Jepang, namun daun pepaya ini ternyata bukanlah daun pepaya yang berasal dari Jepang, melainkan berasal dari Jawa Barat. Selama ini mungkin kita mengenal daun pepaya dengan rasa yang pahit, berbeda dengan daun pepaya Jepang yang memiliki rasa manis.

Ramalan Zodiak Senin 8 April 2024, Sagitarius: Ada Kesempatan Menyambut Cinta Masa Lalu

Tak hanya digunakan sebagai sayur saja, daun pepaya juga sering digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Daun pepaya diketahui mengandung kandungan yang sangat alami dalam menyehatkan tubuh. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, berikut ini sejumlah manfaat daun pepaya Jepang dan efek sampingnya yang bisa kamu ketahui yang dikutip dari Steemit. 

Manfaat daun pepaya Jepang

Persiapan Mudik Bawa Anak, Waspada Gejala dan Pertolongan Pertama

1. Sebagai Anti Kanker

Cegah kanker payudara

Photo :
  • U-Report
Bank Mandiri Tingkatkan Kontribusi ke Target SDGs Lewat Program Kesehatan TJSL

Manfaat daun pepaya Jepang untuk kesehatan yang pertama dan yang paling fantastis adalah dapat digunakan sebagai obat anti kanker. Daun pepaya Jepang ini diketahui bisa membuat tubuh menjadi lebih kuat, terutama sel-sel yang rentan terkena kanker. Selain itu kandungan yang terdapat dalam daun pepaya yakni acetogenin, terbukti sangat ampuh dalam mencegah terjadinya kanker.

2. Baik untuk Kesehatan Usus

Ilustrasi usus manusia.

Photo :
  • Pixabay

Selanjutnya, manfaat daun pepaya Jepang yang satu ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan usus. Hal ini dikarenakan daun pepaya Jepang yang alami dan mengandung enzim seperti chymopapain, papain, amilase, protease, karbohidrat dan mineral yang membuat usus lebih bersih dan membuat organ pencernaan tubuh dapat berfungsi dengan baik. Ketika organ pencernaan berfungsi dengan baik, maka kita akan terhindar dari berbagai penyakit yang ada di dalam tubuh.

3. Dapat Membunuh Bakteri

Ilustrasi bakteri.

Photo :
  • Pixabay/qimono

Daun pepaya Jepang juga ternyata memiliki manfaat lainnya yakni sangat ampuh dalam membunuh dan melawan berbagai bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Dengan demikian tubuh akan tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri jahat.

4. Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Ilustrasi penderita jantung koroner.

Photo :
  • U-Report

Manfaat daun pepaya Jepang lainnya juga dapat mencegah penyakit jantung koroner. Jantung koroner sendiri biasanya terjadi karena kadar kolesterol yang tinggi. Untuk mencegah jantung koroner, dibutuhkan banyak vitamin C sebagai antioksidan dalam melancarkan peredaran darah. Namun dengan mengkonsumsi daun pepaya Jepang secara rutin maka kamu bisa terhindar dari penyakit jantung koroner karena di dalam daun pepaya Jepang kaya akan vitamin C yang dikandung.

5. Anti penuaan/Anti aging

Ilustrasi penuaan.

Photo :
  • U-Report

Perlu kamu ketahui bahwa daun pepaya Jepang memiliki lebih dari 50 asam amino seperti glisin, valin, asam glutamat, leusin, triptofan, distidin dan lain-lain. Nah, semua bahan yang terkandung dalam daun pepaya jepang tersebut sangat diperlukan dalam pembuatan kosmetik dan dijadikan sebagai bahan dasar dalam kosmetik. Untuk itu dengan mengonsumsi daun pepaya kamu akan merasakan manfaatnya sebagai anti aging dan menunda penuaan dini. 

6. Menyembuhkan Penyakit Lambung

asam lambung

Photo :
  • U-Report

Manfaatnya yang terakhir adalah dapat menyembuhkan penyakit lambung. Daun pepaya Jepang mampu menangkal radikal bebas atau berfungsi sebagai antioksidan. Hal ini dikarenakan daun pepaya memiliki aktivitas glutation peroksidase yang dilakukan melalui penelitian dan didapatkan hasil bahwa seseorang yang mengonsumsi daun pepaya memiliki tingkat stres oksidatif yang relatif kecil sehingga meminimalisir terjadinya tukak lambung.

Efek Samping Daun Pepaya Jepang

Setelah kamu mengetahui sejumlah manfaat yang didapatkan dari daun pepaya Jepang, kamu juga perlu tahu bahwa daun ini juga memiliki efek samping. Apa saja efek sampingnya? Berikut ini beberapa efek samping dari daun pepaya Jepang yang perlu kamu ketahui, diantaranya sebagai berikut: 

1. Berbahaya bagi Ibu Hamil

Ibu hamil

Photo :
  • Pixabay/ Fotorech

Perlu diketahui dan diingat bahwa daun pepaya Jepang ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh Ibu hamil karena justru malah dapat membahayakan. Mengapa bisa dibilang bahaya bagi ibu hamil? Karena daun pepaya Jepang ini dapat menyebabkan keguguran yang dikarenakan kandungan enzim papain yang dapat menjadi racun bagi janin yang sedang dikandung. 

2. Bisa Menyebabkan Alergi

Alergi pada kulit.

Photo :
  • U-Report

Kamu juga perlu tahu bahwa daun pepaya Jepang bisa menyebabkan alergi yang muncul pada tubuh. Jadi, jangan asal mengonsumsinya ya! Hal itu dikarenakan kandungan seperti enzim papain yang terkandung di dalam daun pepaya Jepang yang dapat menyebabkan alergi seperti pilek atau mata pedas. Jadi, bagi kamu yang mengonsumsi daun pepaya Jepang dan bereaksi alergi, maka lebih baik dihentikan konsumsinya dan berkonsultasi pada dokter. 

Itulah penjelasan mengenai manfaat daun pepaya Jepang untuk kesehatan tubuh yang dilengkapi dengan efek samping yang penting juga untuk kamu ketahui. Kamu bisa menggunakan daun pepaya Jepang ini sebagai obat alternatif untuk menyembuhkan penyakit seperti yang tertera di atas. Meskipun memiliki efek samping, namun manfaat yang dimiliki daun pepaya Jepang ini tetap lebih besar sehingga bisa dikonsumsi. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan dan membacanya. 

Ilustrasi zodiak

Ramalan Zodiak Selasa 9 April 2024, Virgo Harus Berhati-hati

Ramalan zodiak Selasa, 9 April 2024. Taurus patah hati mulai menemukan kedamaian. Leo sedikit stres hari ini. Virgo harus berhati-hati. Pisces keluar dari zona nyaman.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024