Obatnya Radang Tenggorokan, Bisa Sembuh dengan Bahan Alami

Obatnya sakit tenggorokan
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Obatnya radang tenggorokan bisa diatasi secara alami. Nyeri di tenggorokan merupakan salah satu gejala yang paling umum ketika sakit tenggorokan. Kebanyakan sakit tenggorokan disebabkan oleh infeksi, atau oleh faktor lingkungan seperti udara kering. Meskipun sakit tenggorokan bisa membuat tidak nyaman, biasanya akan hilang dengan sendirinya. Sakit tenggorokan terbagi menjadi beberapa jenis, berdasarkan bagian tenggorokan yang terkena seperti:

Parto Patrio Rela Nahan Sakit Demi Tepati Janji Liburan Keluarga ke Bali
  • Faringitis mempengaruhi area tepat di belakang mulut.
  • Tonsilitis adalah pembengkakan dan kemerahan pada amandel, jaringan lunak di bagian belakang mulut.
  • Laringitis adalah pembengkakan dan kemerahan pada kotak suara, atau laring.

Gejala sakit tenggorokan

Tetap Kompak, Momen Eko dan Akri Jenguk Parto, Minta Penggemar Jangan Khawatir Hal Ini

Sakit tenggorokan

Photo :
  • Times of India

Gejala sakit tenggorokan dapat bervariasi tergantung pada apa yang menyebabkannya. Sakit tenggorokan bisa terasa seperti gatal, pembakaran, kering, dan lainnya. Mungkin lebih sakit saat kamu menelan atau berbicara. Tenggorokan atau amandel mungkin juga terlihat merah.

Parto Patrio Terbaring Lemah di RS Usai Operasi, Istri: Patah Hati Aku

Terkadang, bercak putih atau area nanah akan terbentuk di amandel. Bercak putih ini lebih sering terjadi pada radang tenggorokan daripada sakit tenggorokan yang disebabkan oleh virus. Seiring dengan sakit tenggorokan, kamu mungkin merasakan gejala seperti:

  • hidung tersumbat
  • pilek
  • bersin
  • batuk
  • demam
  • kedinginan
  • pembengkakan kelenjar di leher
  • suara serak
  • pegal-pegal
  • sakit kepala
  • kesulitan menelan
  • kehilangan nafsu makan

Penyebab sakit tenggorokan

sakit tenggorokan

Photo :
  • Times of India

Penyebab sakit tenggorokan berkisar dari infeksi hingga cedera. Berikut beberapa penyebab sakit tenggorokan yang paling umum terjadi.

1. Pilek, flu, dan infeksi virus lainnya

Virus menyebabkan sekitar 90 persen sakit tenggorokan. Di antara virus yang menyebabkan sakit tenggorokan adalah:
flu biasa

  • influenza — flu.
  • mononukleosis, penyakit menular yang ditularkan melalui air liur.
  • campak, penyakit yang menyebabkan ruam dan demam.
  • cacar air, infeksi yang menyebabkan demam dan ruam yang gatal dan bergelombang.
  • Gondongan, infeksi yang menyebabkan pembengkakan kelenjar ludah di leher.

2. Radang tenggorokan dan infeksi bakteri lainnya

Infeksi bakteri juga dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Yang paling umum yaitu radang tenggorokan, infeksi tenggorokan dan amandel yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus grup A. Radang tenggorokan menyebabkan hampir 40 persen kasus sakit tenggorokan pada anak-anak. Tonsilitis, dan infeksi menular seksual seperti gonore dan klamidia juga dapat menyebabkan sakit tenggorokan.

3. Alergi

Ketika sistem kekebalan bereaksi terhadap pemicu alergi seperti serbuk sari, rumput, dan bulu hewan peliharaan, ia melepaskan bahan kimia yang menyebabkan gejala seperti hidung tersumbat, mata berair, bersin, dan iritasi tenggorokan. Kelebihan lendir di hidung bisa menetes ke bagian belakang tenggorokan. Ini disebut postnasal drip dan dapat mengiritasi tenggorokan.

4. Udara kering

Udara kering mampu menyedot kelembapan dari mulut dan tenggorokan, dan membuatnya terasa kering dan gatal. Udara kemungkinan besar kering di bulan-bulan musim dingin saat pemanas menyala.

5. Asap, bahan kimia, dan iritasi lainnya

Banyak bahan kimia dan zat lain yang berbeda di lingkungan mengiritasi tenggorokan, termasuk rokok dan asap tembakau lainnya
polusi udara, produk pembersih dan bahan kimia lainnya.

6. Cedera

Cedera apa pun, seperti pukulan atau luka di leher, dapat menyebabkan rasa sakit di tenggorokan. Sepotong makanan tersangkut di tenggorokan juga bisa mengiritasinya.

7. Penyakit refluks gastroesofageal (GERD)

Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah suatu kondisi di mana asam dari lambung kembali ke kerongkongan tabung yang membawa makanan dari mulut ke perut. Asam membakar kerongkongan dan menyebabkan gejala seperti mulas dan refluks asam, regurgitasi asam ke tenggorokan.

8. Tumor

Tumor tenggorokan, kotak suara, atau lidah adalah penyebab sakit tenggorokan yang kurang umum. Ketika sakit tenggorokan adalah tanda kanker, itu tidak hilang setelah beberapa hari.

Obatnya radang tenggorokan secara alami

Ilustrasi wanita sakit tenggorokan.

Photo :
  • U-Report

Melansir dari Penn Medicine, berikut cara alami mengatasi radang tenggorokan.

1. Berkumur dengan Air Garam

Meskipun air garam mungkin tidak memberikan kelegaan segera, ini masih merupakan obat yang efektif untuk membunuh bakteri sambil melonggarkan lendir dan mengurangi rasa sakit. Cukup campurkan setengah sendok teh garam ke dalam 8 ons air hangat dan berkumurlah.

2. Madu Untuk Sakit Tenggorokan

Obatnya radang tenggorokan lainnya yaitu madu. Madu adalah salah satu obat terbaik untuk sakit tenggorokan karena sifat antibakteri alaminya yang memungkinkannya bertindak sebagai penyembuh luka, segera meredakan rasa sakit sambil bekerja untuk mengurangi peradangan. Madu juga dapat membunuh bakteri dan membantu melawan infeksi virus.

Jika kamu menderita batuk parah selain sakit tenggorokan, madu juga dapat bertindak sebagai penekan batuk yang efektif. Campurkan dua sendok makan madu dengan segelas air hangat atau teh dan aduk rata. Minum beberapa kali sehari sesuai kebutuhan. Penting untuk dicatat bahwa madu tidak boleh diberikan kepada bayi di bawah usia satu tahun.

3. Lemon untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mirip dengan air garam dan madu, lemon sangat bagus untuk sakit tenggorokan karena dapat membantu memecah lendir dan meredakan nyeri. Terlebih lagi, lemon dikemas dengan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memberinya lebih banyak kekuatan untuk melawan infeksi. Campurkan satu sendok teh jus lemon ke dalam segelas air hangat dan minum untuk bantuan cepat.

4. Saus Pedas untuk Menghilangkan Rasa Sakit dengan Cepat

Mungkin terdengar aneh menggunakan saus pedas untuk meredakan tenggorokan yang terbakar, tetapi bumbu ini sebenarnya telah terbukti dapat meredakan sakit tenggorokan. Saus pedas terbuat dari paprika yang kaya akan capsaicin, yang dapat digunakan untuk melawan peradangan dan meredakan nyeri. Jadi, meskipun mungkin terbakar pada awalnya, menjatuhkan beberapa tetes saus pedas ke dalam segelas air hangat untuk berkumur mungkin merupakan obat yang tepat untuk menyembuhkan sakit tenggorokan.

5. Jenis Teh Terbaik untuk Sakit Tenggorokan

Ada banyak jenis teh herbal yang bisa kamu coba untuk meredakan sakit tenggorokan dengan cepat. Teh cengkeh dan teh hijau keduanya mengandung sifat antibakteri dan anti-inflamasi untuk melawan infeksi sekaligus memberikan kelegaan. Teh raspberry, chamomile, dan peppermint adalah pilihan yang bagus untuk menghilangkan rasa sakit dan mengurangi peradangan.

Teh chamomile juga dapat berfungsi sebagai pelumas alami, jadi jika suara kamu serak dan mengalami kesulitan berbicara, ini mungkin pilihan terbaik. Selain itu, teh peppermint secara alami dapat membuat tenggorokan mati rasa dan mengurangi rasa sakit. Saat memilih teh terbaik untuk sakit tenggorokan Anda, Anda mungkin juga ingin memeriksa kandungan kafeinnya.

6. Humidifier untuk Membuka Sinus

Jika kamu melihat peningkatan jumlah sakit tenggorokan yang kamu alami musim ini, mungkin sudah waktunya untuk berinvestasi dalam pelembab udara. Udara kering, terutama selama hari-hari musim dingin yang keras dan dingin, dapat menjadi penyebab sakit tenggorokan. Humidifier akan menjaga kelembapan udara dan membuka sinus kamu. Tambahkan satu atau dua sendok makan gosok uap atau larutan hidrogen peroksida untuk memberikan kelegaan tambahan.

Demikian ulasan tentang obatnya radang tenggorokan bisa diatasi secara alami, hingga penyebab sakit tenggorokan. Semoga bermanfaat.

Parto Patrio

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Round-up dari kanal Showbiz pada Kamis, 26 April 2024. Salah satunya tentang sakit yang diidap Parto hingga harus dilarikan ke rumah sakit.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024