6 Pilihan Obatnya Vertigo, Cukup Efektif Terbuat dari Bahan Alami

Ilustrasi Vertigo
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Obatnya vertigo bisa diperoleh dengan mudah dan bahkan bisa memakai bahan alami. Penderita vertigo biasanya akan mengalami gejala pusing yang begitu luar biasa, sehingga akan cukup sulit buat mereka bergerak. Jangankan untuk beraktivitas, untuk berdiri atau berjalan saja rasanya menjadi tidak seimbang. Oleh sebab itu, sebagai pertolongan pertama untuk kamu yang mengalami gejala tersebut, coba redakan dengan bahan alami. 

Sering Mabuk Perjalanan? Ini Cara Mengatasinya Ketika Mudik Lebaran

Selain itu, gejala yang biasanya dialami dapat bervariasi, seperti pusing ringan dan muncul secara berkala. Serangan vertigo yang parah umumnya mempunyai durasi yang lama dan bisa bertahan selama beberapa hari sehingga pengidapnya tidak dapat beraktivitas normal. Bila penyakit ini mulai menyerang tubuh kamu, maka segeralah duduk dan ambil posisi ternyaman. Kemudian coba meracik obat yang bisa meredakan gejalanya. 

Gejala Vertigo

5 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Kulit, Bisa Melembapkan Kulit Secara Alami

PENYAKIT VERTIGO

Photo :
  • U-Report

Gejala yang paling umum dialami oleh orang yang mengalami vertigo adalah pusing berputar yang dibarengi dengan telinga berdengung. Hal ini dapat memicu mual dan muntah. Bila kondisi tersebut dibiarkan berlanjut, pengidapnya akan terjatuh karena kehilangan keseimbangan dan tidak bisa berdiri. 

5 Tips Aman dan Nyaman Mudik untuk Ibu Hamil, Jangan Lupa Konsultasi ke Dokter Kandungan

Jika sudah berbaring dan menutup mata pengidap juga akan merasa jika tubuhnya berputar-putar dengan rasa berdebar sampai memicu pingsan. Serangan penyakit ini umumnya berlangsung selama beberapa jam saja. Tapi, bila tidak segera diatasi, vertigo biasanya akan selalu kambuh dan bisa meningkatkan risiko terkena stroke. 

1. Minum Air Putih

Ilustrasi minum air/air putih.

Photo :
  • Pexels/Karolina Gabrowska

Tahukah kamu bahwa salah satu kondisi yang bisa mengakibatkan vertigo adalah dehidrasi. Ketika tubuh kekurangan cairan, maka tubuh kamu tidak dapat berfungsi dengan baik. Bila sudah terjadi demikian, kondisi ini dapat memberikan dampak buruk untuk beberapa bagian tubuh, salah satunya adalah sirkulasi. 

Biasanya, saat dehidrasi kamu akan mengalami tekanan darah rendah. Hal tersebut berpotensi mengakibatkan darah tidak bisa sampai ke otak sehingga kepala akan menjadi pusing dan timbul vertigo.

Inilah sebabnya, minum air putih menjadi salah satu obatnya vertigo yang paling ampuh, murah, dan efektif yang bisa kamu coba. Pastikan juga bahwa cairan tubuh kamu selalu terpenuhi. Normalnya, seseorang harus mengonsumsi 8-12 gelas air putih setiap hari. 

2. Jahe

Air jahe.

Photo :
  • U-Report

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Acupuncture and Tuina Science menemukan bahwa jahe dapat mengurangi efek vertigo lebih baik daripada reposisi manual, seperti manuver Epley saja. 

Akar jahe dapat direndam dalam secangkir air mendidih selama 5 menit. Bisa ditambah madu untuk membantu mengatasi rasa pahit. Minum obatnya vertigo ini dua hari sekali untuk mencegahnya.

3. Minyak Esensial

Ilustrasi essential oil/minyak esensial.

Photo :
  • Pixabay/silviarita

Berbagai minyak esensial, bila dioleskan atau dihirup, dapat membantu meringankan gejala vertigo. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan minyak atsini. Minyak atsiri adalah pilihan alami dan terjangkau untuk mengelola gejala vertigo, termasuk mual, sakit kepala, dan pusing. Beberapa pilihan yang tersedia untuk mengatasi vertigo termasuk minyak esensial peppermint, jahe, lavender, dan lemon.

Minyak atsiri dihirup melalui infuser atau diencerkan dalam minyak pembawa sebelum dioleskan. Seseorang mungkin harus bereksperimen dengan berbagai minyak untuk menemukan yang terbaik untuk mengobati gejala vertigo mereka. Meski tidak serta merta mengatasi vertigo, tapi minyak ini dapat dipakai untuk meredakan gejalanya. 

Kamu dapat memakai minyak esensial tersebut untuk memijat area dahi, pelipis, dan bagian belakang leher. Selain itu, kamu juga dapat meneteskan satu sampai dua tetes minyak esensial ke dalam air panas, kemudian menghirupnya. Bukan hanya itu, kamu juga diperbolehkan untuk meneteskan minyak esensial tersebut ke dalam diffuser di dalam kamar. 

4. Akupresur

Teknik akupresur untuk atasi migrain.

Photo :
  • VIVA/Adinda Permatasari

Akupresur menerapkan konsep yang sama dengan akupunktur, tetapi tanpa jarum. Tujuan akupresur adalah untuk meningkatkan kesehatan dan relaksasi. Ini dapat membantu mengelola vertigo dengan merangsang titik-titik tekanan di seluruh tubuh. Salah satu metode umum, yang disebut metode akupresur P6, melibatkan titik tekanan efektif yang terletak di dua tendon antara lengan bagian dalam dan pergelangan tangan.

5. Ginkgo Biloba

Ginkgo Biloba

Photo :
  • Pixabay/ marzena7

Ginkgo biloba merupakan salah satu obatnya vertigo yang cukup ampuh dan biasa dipakai dalam pengobatan tradisional China. Menyadur dari laman Medical News Today, Ginkgo biloba dapat mengobati masalah vertigo dengan cara melancarkan aliran darah ke otak. Dengan peredaran darah ke otak yang lebih lancar, masalah keseimbangan dan pusing ini dapat berkurang. 

Sementara dalam penelitian di International Journal of Otolaryngology mengatakan, Ginkgo biloba ini mempunyai khasiat yang sama dengan obat vertigo yang berjenis betahistine. Sementara untuk cara mengobati vertigo dengan bahan alami yang satu ini bisa dengan mengonsumsinya sebanyak 240 miligram per hari. 

6. Terapi Manuver Epley

Ilustrasi terapi.

Photo :
  • www.emprosnet.gr

Obatnya vertigo ini adalah obat alami yang bahkan bisa dilakukan sendiri di rumah. Tapi, untuk pelaksanaan awal dari terapi ini tentu memerlukan arahan dari ahli. Umumnya, manuver epley dilakukan sebanyak tiga kali dalam sehari sampai gejala vertigo yang dirasakan sudah mereda dalam 24 jam. Untuk keamanan dari terapi ini kamu tidak usah mengkhawatirkannya. 

Sebab, manuver epley tergolong aman, terlebih bila ada orang lain di rumah yang dapat membantu kamu. Tapi, manuver epley dianjurkan untuk kamu yang mempunyai kondisi kesehatan baik sehingga tidak bisa menggerakan tubuh secara bebas. Sebab, gerakan dari terapi ini kurang aman untuk kamu. Bila merasa ragu, ada baiknya dikonsultasikan dengan dokter. 

Ilustrasi pembuatan masker beras.

Masker Beras Ternyata Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Apa Saja?

Dalam dunia perawatan kulit yang terus berkembang, masker beras alami untuk wajah semakin menjadi favorit bagi banyak orang yang ingin menjaga kecantikan kulit mereka.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024