10 Cara Menghilangkan Mata Panda dan Penyebabnya

Ilustrasi mata.
Sumber :
  • Pixabay/ ShaunNameNotTaken

VIVA – Cara menghilangkan mata panda. Mengalami mata panda bisa terjadi pada siapa saja, baik itu laki-laki maupun perempuan. Beberapa orang memiliki cara yang berbeda untuk menutupi mata panda. Bisa dengan menggunakan make up, namun tidak bisa menghilangkan secara keseluruhan.

7 Warna Bola Mata Paling Langka di Dunia, Hanya 2 Persen Populasi yang Punya

Penyebab mata panda bisa bermacam-macam. Mata panda pada umumnya disebabkan karena kelelahan atau kurangnya tidur. Selain dua hal tersebut, mata pada juga bisa disebabkan karena dehidrasi, rokok, konsumsi minuman beralkohol, faktor genetik dan alergi.

Tidak hanya itu, mata panda juga bisa disebabkan karena proses penuaan. Seiring bertambahnya umur, tubuh akan mengalami penipisan pada kulit serta berkurangnya sistem jaringan lemak dan kolagen. Hal inilah yang akan membuat pembuluh darah di bawah mata terlihat menonjol, sehingga warna kulit terlihat lebih gelap.

Berapa Lama Rata-rata Umur Hidup Orang Indonesia? Ternyata Sampai Angka Ini

Berikut beberapa cara menghilangkan mata panda, seperti dikutip dari berbagai sumber kesehatan, sebagai berikut:

1. Menggunakan Kompres Air

Ramalan Zodiak Kamis 18 April 2024: Taurus Alami Krisis Keuangan, Virgo Harus Menjauhi Orang Negatif

Es batu.

Photo :
  • dok. pixabay

Cara menghilangkan mata panda bisa dengan mengompres air dingin dan letakan di bagian kedua mata. Mata panda terbentuk karena pembuluh darah di bawah kulit sekitar mata menjadi lebar. Untuk menghilangkan mata panda bisa menggunakan air dingin.

Caranya, bungkus es batu dengan kain bersih atau rendam kain ke dalam air dingin, kemudian tempelkan di kulit sekitaran mata kurang lebih 15 sampai 20 menit.

2. Minum Air Putih

Ilustrasi minum air/air putih.

Photo :
  • Pexels/Karolina Gabrowska

Salah satu penyebab munculnya mata panda bisa jadi karena kurangnya air dalam tubuh. Untuk itu, cara menghilangkan mata panda bisa dengan mengkonsumsi air putih yang cukup, setidaknya minimal delapan gelas selama satu hari agar kebutuhan cairan dalam tubuh tetap terpenuhi. Kekurangan cairan tubuh dapat membuat Anda kelihatan kelelahan dan mata panda akan semakin terlihat dengan jelas.

3. Hindari Begadang

Bergadang.

Photo :
  • U-Report

Penyebab paling sering terjadi ketika anda mengalami mata panda adalah begadang. Untuk itu, kurangi dan hindari kegiatan begadang. Kebanyakan begadang di malam hari bisa menyebabkan kemunculan lingkar hitam di bawah mata anda. Usahakan untuk tidur lebih awal dari biasanya. Idealnya, waktu tidur yang normal bagi orang dewasa berkisar dari 7-8 jam per malam.

Cara ini tidak hanya membantu menghilangkan mata pada, tapi bisa juga meningkatkan kesehatan secara menyeluruh. Tidur cukup setiap hari merupakan kebutuhan paling mendasar untuk menjaga pikiran dan tubuh tetap sehat.

4. Posisi Tidur

Posisi tidur.

Photo :
  • U-Report

Selain tidak melakukan kegiatan begadang, posisi tidur yang salah juga jadi salah satu penyebab timbulnya mata panda. Untuk mencegahnya, ketika tidur buatlah posisi kepala lebih tinggi dengan badan. Bisa menggunakan beberapa bantal agar cairan yang ada di bagian mata tidak menggenang pada bagian bawah mata dan menyebabkan bengkak.

Pastikan terlebih dahulu jika bantal yang digunakan adalah bantal yang empuk dan nyaman. Hindari penggunaan bantal yang terlalu keras karena bisa menyebabkan leher terasa sakit. Dengan posisi tidur yang nyaman akan menghilangkan sedikit demi sedikit lingkaran hitam yang ada di bagian mata.

5. Gunakan Timun

Timun

Photo :
  • Pixabay

Timun atau mentimun bisa juga dimanfaatkan untuk menghilangkan mata panda. Mentimun begitu banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh, salah satunya bisa menghilangkan mata panda. Menggunakan mentimun sangat mudah, hanya perlu mentong kecil kemudian letakkan pada bagian kulit mata.

Lakukan ini secara rutin sebelum melanjutkan aktivitas tidur, tempelkan mentimun pada mata kurang lebih 15 menit. Kandungan aktif timun dan suhu dinginnya dapat mengurangi pembengkakan serta lingkaran hitam pada mata.

6. Menggunakan bahan alami

Ilustrasi lidah buaya/aloe vera.

Photo :
  • Freepik

Cara menghilangkan mata pada, dapat juga mengoleskan bahan alami, seperti minyak almond atau gel lidah buaya. Menurut penelitian, bahan-bahan tersebut mengandung antioksidan dan anti radang yang dapat mengurangi warna gelap dan pembengkakan pada mata. Bahan alami tersebut juga dapat melembabkan kulit di sekitar mata, sehingga membuat mata tampak lebih cerah.

7. Hindari Minuman Beralkohol

Ilustrasi Scotch whisky/minuman beralkohol.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

Cara menghilangkan mata panda, bisa juga dengan berhenti minum-minuman yang mengandung alkohol. Minuman beralkohol dapat menyebabkan dehidrasi ringan yang membuat mata panda semakin terlihat jelas. Selain itu, konsumsi kopi berlebihan juga membuat Anda terjaga lebih lama, sehingga mata panda pun semakin sulit hilang.

8. Menggunakan Krim Mata

Aplikasi krim di area mata

Photo :

Cara menghilangkan mata panda bisa menggunakan beberapa krim yang mengandung vitamin C, Vitamin E, Vitamin K atau ekstrak daun teh. Hal itu bisa mengurangi permasalahan mata panda, akan tetapi hasilnya tidak akan instan. Perlu melakukannya secara rutin atau mungkin perlu menggunakan krim mata selama beberapa minggu hingga mata panda bisa tampak lebih samar.

9. Tutup Dengan Make-up

Make up

Photo :
  • Istimewa

Sudah mencoba beberapakali menggunakan bahan yang alami, namun masih terlihat mata panda, solusinya juga bisa disamarkan dengan menggunakan make-up, khususnya bagi perempuan.

Menggunakan make-up bisa sangat efektif, salah satunya concealer yang disesuaikan dengan warna kulit. Make-up bisa menyamarkan mata panda. Agar hasilnya lebih maksimal bisa menggunakan foundation dan bedak, akan tetapi sebelum menggunakan make-up pastikan dulu make-up yang digunakan tidak berbahaya dan tidak mengandung bahan yang merusak kulit.

10 Hubungi Dokter

Ilustrasi mata panda.

Photo :
  • U-Report

Jika sudah melakukan berbagai cara untuk menghilangkan mata panda, alangkah baiknya langsung saja menghubungi dokter spesial. Dengan menghubungi dokter tertentu, ini merupakan langkah yang tepat agar mendapatkan solusi terbaik. Dokter juga mungkin akan menawarkan berbagai prosedur medis lainnya untuk membantu menghilangkan mata panda.

Ilustrasi Zodiak

Ramalan Zodiak Jum’at 19 April 2024, Sagitarius: Teman dekat Mungkin Mengkhianatimu

Ramalan zodiak Jum’at, 19 April 2024. Sagitarius, waspadalah terhadap kemungkinan pengkhianatan dari seorang teman dekat. Jangan ragu mengejar peluang bisnis baru Pisces.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024