Empat Makanan Sehari-hari Ini Bisa Meningkatkan Risiko Kanker

Garam
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Mengetahui makanan mana yang harus dihindari sama pentingnya dengan mengisi piring Anda dengan sayuran segar. Faktanya, menghindari beberapa makanan sebenarnya dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker

Ternyata Buah Delima Punya Manfaat untuk Sembuhkan Kanker, Benarkah?

Meskipun setiap orang dapat mengembangkan kanker, ada fokus yang berkembang pada peran diet dalam memengaruhi risiko. Peran diet dalam menentukan risiko kanker masih kontroversial. 

Dilansir dari Times of India, sesuai penelitian, makanan tertentu telah dikaitkan dengan peningkatan risiko. Berikut adalah empat makanan sehari-hari yang ditemukan memiliki hubungan dengan peningkatan risiko kanker.

Angger Dimas Ungkap Alasan Sang Ibunda Dimakamkan Dekat Makam Dante

Minyak sayur terhidrogenasi

5 Negara Bagian dengan Cadangan Minyak Terbesar di AS

Ini adalah jenis lemak yang digunakan oleh produsen makanan untuk menjaga makanan tetap segar lebih lama. Penelitian telah menemukan bahwa minyak sayur terhidrogenasi terkait dengan peningkatan risiko terkena kanker prostat. 

Ini karena lemak trans yang basah kuyup dalam minyak ini. Lemak trans adalah salah satu jenis lemak terburuk. Mereka diketahui berkontribusi terhadap kanker, penyakit jantung dan masalah sistem kekebalan tubuh.

Lembaga Penelitian Kanker Dunia tidak menemukan bukti langsung bahwa makan sayur dan minyak biji dalam jumlah sedang meningkatkan risiko kanker. Namun, “lemak dan minyak tinggi kalori dan sering ditemukan pada makanan olahan seperti kue, kue kering dan biskuit. 

Kita tahu bahwa sering mengonsumsi makanan olahan berkalori tinggi dapat berkontribusi pada penambahan berat badan, kelebihan berat badan dan obesitas, yang pada gilirannya dapat meningkatkan risiko Anda dari setidaknya 12 jenis kanker yang berbeda," catatan badan kesehatan.

Makanan asin

Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan tinggi garam dapat menjadi faktor penting untuk mengembangkan kanker lambung. Garam dapat merusak lapisan lambung dan menyebabkan luka, yaitu area jaringan tubuh yang telah rusak. 

Jika dibiarkan berkembang, reaksi ini dapat menyebabkan kanker perut. Tekanan darah tinggi juga bisa disebabkan oleh terlalu banyak garam dalam makanan.

Meskipun Anda mungkin tidak menambahkan terlalu banyak garam ke dalam makanan yang Anda masak, sebagian besar garam yang kita konsumsi berasal dari makanan yang dikemas dan dibawa pulang seperti pizza, pai, saus, roti, dan sereal sarapan. Perlu dicatat bahwa makanan masih bisa tinggi garam dan tidak terasa asin.

Gula halus

Gula

Photo :
  • Times of India

Gula rafinasi adalah bentuk olahan dari gula alami yang diekstraksi dari makanan seperti tebu, bit gula, dan jagung. Sifat olahan gula rafinasi dapat menyebabkan sel kanker melakukan metabolisme di dalam tubuh. Gula rafinasi juga dapat meningkatkan risiko seseorang terkena obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.

"Tidak ada bukti bagus bahwa gula rafinasi atau jenis gula lainnya menyebabkan kanker," kata Cancer Research UK. 

Meskipun demikian, "terlalu banyak gula dalam makanan kita dapat mempersulit menjaga berat badan yang sehat," badan amal itu memperingatkan.

Tepung putih olahan

Gula pasir

Photo :
  • Times of India

Bahan lain yang mengkhawatirkan adalah tepung putih olahan, yang ditemukan dalam kue kering, roti, dan bahan makanan sehari-hari lainnya. Tepung diputihkan dengan gas klorin, yang merupakan bahan kimia yang digunakan untuk membuat tepung lebih putih.

Tepung putih olahan meningkatkan kadar insulin dan gula darah karena tingkat glikemiknya yang lebih tinggi. Tumor kanker lebih mudah tumbuh di dalam tubuh jika kadar gula darah seseorang lebih tinggi. 

Peningkatan kadar gula darah menyebabkan resistensi insulin, yang dapat meningkatkan risiko kanker usus besar—serta kanker lain seperti kanker ginjal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya