Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya, Auto Glowing!

Ilustrasi jerawat/kulit berjerawat.
Ilustrasi jerawat/kulit berjerawat.
Sumber :
  • Pexels/Anna Nekrashevich

VIVA – Semua jenis kulit pasti pernah mengalami munculnya jerawat di wajah. Saat melihat ada jerawat, naluri kadang ingin langsung menghempaskannya. Sebab tak jarang timbulnya jerawat di wajah mengganggu penampilan. Ditambah sering pula jerawat meninggalkan bekas yang sulit untuk dihilangkan.

Ketika kamu sedang berjerawat, jangan asal menekannya! Hal ini justru membuat jerawat meradang dan terkadang menimbulkan nyeri.

Ada berbagai obat untuk menghilangkan jerawat serta bekasnya secara alami. Namun perlu dicatat, keberhasilan cara ini tergantung pada kondisi kulit masing-masing. Yuk, simak cara menghilangkan jerawat dan bekasnya seperti yang dilansir VIVA dari Swirlsister dan Healthline. Siap buat glowing

Bahan alami untuk menghilangkan jerawat 

  1. Tea tree oil

Tea tree oil

Tea tree oil

Photo :

Bahan ini dikenal dengan sifat antibakterinya. Maka dari itu, banyak skincare disertai kandungan tea tree oil untuk kulit yang sedang berjerawat. 

Campurkan 2 tetes tea tree oil dengan minyak kelapa dan oleskan pada jerawat. Biarkan selama beberapa jam dan bilas dengan air hangat.

  1. Aloe vera gel

Ilustrasi lidah buaya/aloe vera.

Ilustrasi lidah buaya/aloe vera.

Photo :
  • Freepik

Saat ini banyak gel yang berfungsi menenangkan kulit yang dengan kandungan lidah buaya di dalamnya. Untuk mengatasi jerawat, cukup oleskan sedikit gel dari tanaman lidah buaya dan biarkan semalaman. Cara ini pun berlaku untuk kamu yang ingin menghempaskan bekas jerawat.

  1. Obat aspirin yang dihancurkan

Ilustrasi aspirin.

Ilustrasi aspirin.

Photo :
  • Pixabay/Public domain pictures

Kamu tidak salah baca, tablet aspirin bahkan bisa digunakan untuk menghempaskan jerawat! Alih-alih meminumnya langsung, kamu perlu menghancurkannya sampai menjadi pasta dengan tambahan air kemudian bubuhkan pada jerawat. 

Aspirin bersifat anti-inflamasi sehingga mampu menenangkan kulit yang meradang.

  1. Madu

Madu

Madu

Photo :
  • https://www.healthline.com/

Sama seperti tea tree oil, madu memiliki sifat antibakteri yang dapat mengurangi peradangan pada kulit berjerawat. Oleskan madu sebanyak satu atau dua tetes pada jerawat lalu biarkan semalaman dan bersihkan keesokan paginya.

Selain dapat mengurangi peradangan, madu juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Ya, kamu pun bisa menggunakan madu untuk menghilangkan bekas jerawat.

  1. Es batu

es batu

es batu

Photo :
  • vstory

Sifat es yang dingin bisa meringankan rasa sakit dari pembengkakan pada jerawat. Langkahnya yaitu bungkus es batu dengan kain halus kemudian kompres di atas jerawat.

Jangan meletakkan es langsung ke kulit atau mengompresnya lebih dari 20 detik. Lakukan hal ini dua kali sehari.

  1. Teh hijau

Ilustrasi Teh hijau.

Ilustrasi Teh hijau.

Photo :
  • U-Report

Minuman yang satu ini mampu mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada kulit. Caranya dengan seduh sekantong teh hijau selama beberapa menit lalu biarkan mendingin. Setelah cukup dingin untuk kulit, letakkan di atas jerawat dan biarkan selama semalam.

Bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat 

Seperti yang sudah diutarakan, terkadang jerawat meninggalkan bekas yang membandel sehingga sulit untuk dihilangkan. Jangan khawatir! Sejumlah bahan alami pun mampu membantu menghilangkan bekas jerawat. Selain lidah buaya dan madu, berikut beberapa bahan alami untuk menghempaskan bekas jerawat.

  1. Black seed oil

Habbatussauda.

Habbatussauda.

Photo :
  • U-Report

Diambil dari tanaman Nigella sativa atau habbatussauda, black seed oil mempunyai sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Kondisi tersebut membuat minyak ini bisa mengurangi bekas luka, mempercepat penyembuhan luka, serta meratakan pigmentasi kulit.

  1. Jus lemon

Air lemon.

Air lemon.

Photo :
  • Unsplash

Jus lemon mengandung vitamin C yang dikenal dapat mencerahkan dan meratakan warna kulit. Oleskan beberapa tetes jus lemon ke bekas luka jerawat, cukup sedikit saja sebab jus lemon sifatnya sangat asam yang dapat menimbulkan perih jika terkena bekas luka. 

  1. Rosehip seed oil

Rosehip

Rosehip

Photo :
  • pixabay

Minyak ini terbukti mampu mengurangi bekas luka pasca operasi sehingga dianggap dapat menghilangkan bekas jerawat juga. Gunakan rosehip seed oil sebanyak dua kali sehari agar bekas luka tersamarkan.