9 Khasiat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Cegah Keriput

Minyak zaitun.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Khasiat minyak zaitun untuk kesehatan tubuh tentu saja tidak perlu diragukan lagi. Minyak alami ini bukan hanya baik untuk menjaga berat badan, tapi juga memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah. Tidak heran jika minyak zaitun sering dipakai untuk mengolah makanan atau sebagai campuran dari bahan makanan. Minyak zaitun atau olive oil ini merupakan minyak alami yang diekstraksi dari buah zaitun. 

Khasiat Premium DNA Salmon Soap, Beri Manfaat Luar Biasa Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Menurut proses ekstraksi yang dilewati dan jumlah kandungan asam oleat di dalamnya, minyak zaitun terbagi ke dalam tiga jenis, ada extra virgin, virgin, dan refined (light). Minyak yang berasal dari tanaman asli Mediterania ini mengandung banyak senyawa yang baik untuk tubuh. Seperti vitamin E, K, lemak (omega 9, omega 6, omega 3, dan juga lemak jenuh) phenolic, serta zat besi. Nah, berikut ulasan tentang khasiat minyak zaitun dari aboutoliveoil.org. 

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

10 Makanan yang Menjadi Favorit Nabi Muhammad SAW

Serangan jantung

Photo :
  • Times of India

Minyak zaitun dianggap menyehatkan jantung karena memiliki banyak kandungan. Dalam sebuah penelitian, orang yang makan minyak zaitun sekitar 4+ sendok makan per hari memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular, dan risiko untuk terkena serangan jantung, stroke, serta kematian akibat jantung. Minyak ini juga telah dikaitkan dengan peningkatan kadar kolesterol dan penurunan tekanan darah. 

Biar Aman dan Terpercaya, 5 Faktor Ini Wajib Dipertimbangkan saat Pilih Klinik Kecantikan

Tetapi Anda tidak harus mengonsumsi 4+ sendok makan minyak zaitun per hari untuk menuai manfaatnya. Faktanya, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) mengatakan ada bukti yang kredibel untuk mendukung klaim bahwa mengonsumsi 1 sendok makan minyak kaya asam oleat, termasuk minyak zaitun, dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner. 

2. Mengurangi Risiko Kanker

4 Februari, Hari Kanker Sedunia (Sumber Foto : Freepik.com)

Photo :
  • vstory

Meskipun tidak ada makanan yang merupakan peluru ajaib untuk pencegahan kanker, konsumsi minyak zaitun mungkin menjadi salah satu alasan risiko kanker cenderung lebih rendah. Temuan dari studi tahun 2020 baru-baru ini menunjukkan bahwa minyak zaitun memicu perubahan bakteri usus yang terkait dengan pencegahan kanker kolorektal. 

Sementara penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa wanita yang makan paling banyak minyak zaitun cenderung memiliki risiko lebih rendah terkena kanker usus besar dan kanker payudara. Beberapa komponen minyak zaitun telah menunjukkan sifat anti-kanker, termasuk asam oleat, hidroksitirosol, oleocanthal, pitosterol, dan squalene.

3. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh 

Sistem imun tubuh.

Photo :
  • U-Report

Untuk kamu yang mencoba menghindari pilek, mencegah risiko kanker, atau mengelola kondisi autoimun, sistem kekebalan yang sehat sangat penting. Dan ternyata, sistem kekebalan tubuh kamu sangat menyukai lemak sehat! Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa makan 3 sendok makan minyak zaitun setiap hari dikaitkan dengan pertumbuhan dan aktivasi sel T. 

Di sisi lain, mengonsumsi minyak jagung, mentega, atau minyak kedelai dalam jumlah yang sama tidak memiliki khasiat ini. Tingkat polifenol dan MUFA yang lebih tinggi dalam minyak zaitun ini bisa jadi berkat. Beberapa peneliti juga percaya itu mungkin memiliki dampak yang menguntungkan dalam membantu melawan infeksi dari COVID-19.

4. Menyeimbangkan Gula Darah dan Membantu Mencegah Diabetest

Gula darah

Photo :
  • Indian Express

Lemak sehat adalah komponen utama bagi siapa pun yang mencoba mencegah atau mengelola diabetes tipe 2. Dalam sebuah studi tahun 2017, orang yang makan minyak zaitun paling banyak memiliki gula darah yang lebih rendah dan 16% penurunan risiko terkena diabetes. 

Semua lemak membantu memperlambat penyerapan glukosa ke dalam aliran darah, yang dapat menjaga gula darah tetap stabil, tetapi penelitian menunjukkan bahwa lemak tak jenuh tunggal utama dalam minyak zaitun, asam oleat, mungkin sangat protektif terhadap resistensi insulin. Lemak jenuh, di sisi lain, dapat meningkatkan peradangan dan memiliki efek berbahaya pada sel beta, sel pankreas yang memproduksi insulin.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Remaja dengan Pola Diet Sehat

Photo :
  • vstory

Karena minyak zaitun membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil, minyak zaitun dapat membantu mengekang keinginan makan yang mungkin menyebabkan makan berlebihan dan penambahan berat badan. Sebuah studi tahun 2018 menemukan bahwa wanita yang kelebihan berat badan yang menambahkan 1 sendok makan minyak zaitun untuk makan pagi mereka.

Mereka berhasil menguras lebih banyak lemak tubuh dan memiliki penurunan tekanan darah yang lebih besar dibandingkan dengan wanita yang menambahkan minyak kedelai untuk sarapan mereka. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa mengonsumsi minyak zaitun yang tinggi dalam orang yang sedang diet tidak menyebabkan penambahan berat badan.

6. Mencegah Kulit Keriput

wajah keriput

Photo :
  • U-Report

Kulit orang dewasa tentu saja berbeda dengan kulit anak remaja. Semakin bertambahnya usia, maka akan memengaruhi kondisi kulit seseorang, salah satunya adalah keriput. Keriput merupakan kerutan yang ada di wajah. Kerutan tersebut terjadi karena beberapa hal. Biasanya terjadi lantaran pertambahan usia seseorang. 

Biasanya orang-orang akan merogoh kocek yang dalam untuk mencegah hal tersebut. Padahal, terdapat cara sederhana yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah dari khasiat minyak zaitun. Minyak zaitun ini bisa membantu dan juga mencegah timbulnya keriput di wajah. Ini merupakan salah satu manfaat yang sangat berguna untuk kesehatan kulit. 

7. Menghilangkan Ketombe

Ketombe

Photo :
  • U-Report

Khasiat minyak zaitun berikutnya adalah menghilangkan ketombe. Ketombe sendiri merupakan salah satu pengganggu dalam rambut. Umumnya, ketombe muncul lantaran kulit kepala yang kotor dan berminyak. Walaupun ada beberapa ketombe yang tak terlihat, tetap saja akan mengganggu aktivitas. Hal ini karena ketombe akan menimbulkan kegatalan. 

Untuk itu, kamu dapat mengatasi masalah ketombe dengan memakai minyak zaitun. Khasiat minyak zaitun tersebut dapat membasmi para ketombe. Kemudian kamu juga dapat menambahkan bahan lain. Seperti air jeruk lemon yang akan membuat hasil lebih maksimal. Setelah kering, kamu dapat membilasnya atau berkeramas. 

8. Mengatasi Kerontokan

Rambut rontok

Photo :
  • Times of India

Masalah lain yang dapat mengganggu adalah rambut rontok. Rambut rontok adalah hal biasa. Terutama pada wanita. Banyak faktor yang menyebabkan jenis kerontokan rambut ini. Seperti sampo yang salah, bahkan dari radiasi. Rambut rontok adalah masalah yang menjengkelkan. Selain itu, jika kerontokan rambut dibiarkan berlanjut, hal itu dapat menyebabkan hal lain.

Jadi, kamu perlu menggunakan banyak vitamin untuk rambut Anda. Ini akan mencegah terjadinya kerontokan rambut. Anda bisa mengobati kerontokan rambut dengan minyak zaitun. Manfaat merawat rambut dengan minyak zaitun sangat besar. Minyak zaitun memperkuat akar rambut. Untuk hasil terbaik, Anda bisa mencampur kuning telur dengan minyak zaitun.

9. Menghaluskan Wajah

Kulit wanita halus.

Photo :
  • http://www.info-isl.com

Khasiat minyak zaitun yang lain untuk kesehatan kulit wajah adalah menghaluskan wajah. Akan tetapi untuk hasil yang terbaik, kamu bisa membuat masker dengan memakai minyak zaitun yang dicampur dengan buah pepaya. Karena, enzim papain dalam buah pepaya dapat membantu untuk meregenerasi kulit.

Kemudian vitamin A, vitamin C, dan vitamin E sebagai anti oksidan turut membantu untuk menutrisi, melembapkan kulit, serta menghaluskan wajah. Pepaya juga dapat menjadi sunscreen atau tabir surya alami untuk kulit wajah kamu. Gabungan dari kedua bahan tersebut akan semakin mempercepat kulit wajah kamu lebih halus. 

Ilustrasi kopi.

Heboh Kopi Tanpa Kafein, Disebut Mengandung Bahan Pemicu Kanker

Kopi tanpa kafein kerap menjadi pilihan bagi orang-orang yang menghindari kafein namun ingin tetap mengonsumsi kopi. Namun sepertinya, Anda harus mulai mempertimbangkan.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024