62 Orang Terinfeksi Salmonella Usai Konsumsi Kinder Joy Belgia

Petugas Dinas Perdagangan Kota Madiun, Jawa Timur meminta pengelola toko untuk menarik sementara penjualan produk telur cokelat merek Kinder Joy dari pasaran karena diduga terkontaminasi bakteri Salmonella sesuai hasil keputusan BPOM.
Sumber :
  • Antara/HO-Diskominfo Kota Madiun.

VIVA – Otoritas keamanan pangan di Belgia telah mengonfirmasi bahwa 62 orang terinfeksi salmonella setelah mengonsumsi produk cokelat merek Kinder atau dikenal dengan Kinder Joy, yang dibuat di pabrik Ferrero di Arlon, Belgia, pada April 2022. 

Lolly Ngaku Bakal Berkarier di Indonesia, Ingi Buat Nikita Mirzani Bangga

Dalam pernyataannya, Badan Federal untuk Keamanan Rantai Makanan (FASFC) mengatakan, diperkirakan tidak ada penambahan siginfikan dalam jumlah infeksi.  

Sebelumnya, Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) Eropa telah melaporkan kasus salmonella yang dikonfirmasi di Eropa dan Inggris, terkait dengan tanaman Ferrero Belgia. Setelah itu, FASFC melakukan investigasi bersama dengan National Reference Laboratory (NRL) for Salmonella, Agency for a Quality Life (AViQ) Belgia dan Common Community Commission (GGC) Brussels.

Narkoba Disamarkan Sebagai Susu! Pelajar Ditangkap di Bandara

Dilansir The HealthSite, Senin 16 Mei 2022, penyelidikan menyimpulkan bahwa 62 orang terinfeksi salmonella setelah mengonsumsi produk cokelat Kinder yang dibuat di pabrik Ferrero di Arlon. 

Ilustrasi cokelat.

Photo :
  • Pixabay
Putuskan Lepas Hijab, Zara Tegaskan Tak Akan Pakai Busana Seksi

Pada bulan April, FASFC telah mengambil keputusan mencabut izin pabrik untuk melanjutkan operasi dan mengizinkan konsumen mengembalikan semua produk Kinder yang diproduksi di pabrik itu. Ferrero mengajukan permintaan otoritas baru ke FASFC pada akhir pekan lalu. Namun hasilnya akan tergantung pada kesimpulan penilaian FASFC. 

Beberapa kasus salmonellosis, yaitu infeksi yang disebabkan oleh bakteri salmonella, telah dilaporkan di Eropa sejak akhir 2021. Bakteri tersebut biasanya ditularkan ke manusia dengan memakan makanan yang terkontaminasi. 

Infeksi salmonella diketahui dapat memengaruhi saluran usus, menyebabkan diare, demam dan kram perut. Pada akhir Maret 2022, infeksi ini dikaitkan dengan produk cokelat Kinder yang dibuat oleh pabrik Ferrero di Arlon, Belgia, berdasarkan data epidemiologi. 

Pada 8 April 2022, sebanyak 150 kasus dilaporkan di sembilan negara Uni Eropa dan Inggris. Sebagian besar pasien adalah anak-anak di bawah usia 10 tahun dan banyak dari mereka yang dirawat di rumah sakit. 

Masih di bulan yang sama, FASFC mengindentifikasi produk cokelat Kinder yang dibuat oleh pabrik Ferrero Belgia, sebagai sumber wabah salmonella multi-negara ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya