10 Manfaat Daun Sirih yang Tak Terduga, Salah Satunya Cegah Kanker

Daun Sirih.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Manfaat daun sirih menarik untuk dicari tahu, hal tersebut tentu untuk menambah ilmu serta pengetahuan kita untuk kesehatan tubuh. Berbicara tentang daun sirih, pasti tidak jauh dari pengobatan tradisional maupun alami yang memiliki ragam manfaat di dalamnya.

Arab Saudi Gandeng Bill Gates Berikan Vaksin Polio pada Jemaah Haji

Jika membicarakan ramuan alami, pasti daun sirih menjadi salah satu yang dicari untuk sebagai solusi. Daun sirih atau paan adalah bagian yang tak terpisahkan dari budaya dan tradisi India yang kaya. Terlepas dari hubungan spiritualnya, sirih adalah daun ajaib yang dikemas dengan beberapa manfaat kesehatan.

Daun sirih atau paan memiliki makna spiritual yang mendalam bagi budaya India. Sejarahnya dimulai hampir 5.000 tahun yang lalu. Daun berbentuk hati ini awalnya ditemukan dan disebutkan dalam berbagai teks kuno dan agama juga. 

Gelombang Cuaca Luar Biasa Panas Melanda Asia Selatan dan Tenggara

Ilustrasi daun sirih.

Photo :
  • U-Report

Istilah Hindi untuk daun sirih, 'Paan', berasal dari kata Sanskerta 'Parna' yang berarti 'daun'. Terlepas dari makna budayanya, daun sirih juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

Mereka memainkan peran integral dalam Ayurveda. Daun ini memiliki beberapa khasiat obat dan juga membantu dalam pengobatan berbagai penyakit dan gangguan.

Daun sirih merupakan sebuah tanaman yang merambat dari keluarga Piperaceae, kebanyakan dikonsumsi di India dan Asia sebagai 'Paan' bersama dengan 'Arcea Nut' atau tembakau.

Sementara banyak yang melihatnya sebagai 'Paan' dikonsumsi setelah makan yang baik atau hanya sebagai kebiasaan, itu juga memiliki tempat yang signifikan selama ritual keagamaan di India.

Di India, setumpuk daun sirih dipersembahkan kepada Dewa, sesepuh dalam keluarga sebagai tanda penghormatan selama festival dan acara. Namun, daun mengkilap berbentuk hati ini sering diabaikan karena banyaknya manfaat kesehatan yang ditawarkannya kepada umat manusia.

Dikenal sebagai 'Paan Ka Patha' dalam bahasa Hindi, Tamalapaaku dalam bahasa Telugu, Vethalapaaku dalam bahasa Tamil, Vattla dalam bahasa Malayalam, daun-daun ini tidak seburuk yang Anda bayangkan. 

Daun sirih datang dengan beberapa manfaat kesehatan kuratif karena mengandung vitamin seperti Vitamin C , tiamin, niasin, riboflavin, karoten dan sumber kalsium.

Daun sirih yang umumnya dibudidayakan di Sri Lanka, India, Malaysia, Filipina, Aftrika Timur dan Indonesia ini, nyatanya sudah lama digunakan dalam ritual keagaam di India. Pasalnya, daun ini diduga membawa keberuntungan.

Tidak hanya itu, daun sirih juga disebut sebagai 'Emas Hijau'. Daun sirih menjadi salah satu aset kuno dalam pengobatan India Ayurveda, dan penggunaannya di India sudah ada sejak 400 SM.

Tahukah kamu ternyata begitu banyak manfaat yang diberikan dari daun sirih ini. Menurut pengobatan tradisional, daun sirih ternyata dapat membantu pengobatan sakit kepala, gatal-gatal, mastitis, luka sayat, lecet, sembelit, dan luka.

Hal tersebut lantaran, daun sirih memiliki senyawa yang bersifat antibakteri, antiprotozoal, dan antijamur. Berikut ini akan kami bagikan sederet informasi kelebihan dari daun sirih untuk kesehatan.

Manfaat Daun Sirih

Air rebusan daun sirih.

Photo :
  • U-Report

Daun sirih kebanyakan dikonsumsi dengan cara dikunyah, atau juga banyak yang mengolahnya dengan direbus dan kemudian manfaatkan air rebusannya.  Daun sirih dikenal memiliki aroma yang begitu kuat, yang datangnya dari kandungan afenol, dimana berfungsi sebagai zat antiseptik. Bukan sekadar daun, berikut ini manfaat menakjubkan dari daun sirih yang perlu Anda ketahui;

1. Analgesik

Daun sirih adalah analgesik yang sangat baik yang menawarkan bantuan instan dari rasa sakit. Ini dapat digunakan dalam mengurangi rasa sakit yang disebabkan karena luka, memar, ruam. Buat pasta dengan daun sirih yang lembut dan oleskan ke daerah yang terkena. Jus daun sirih memberikan bantuan dari nyeri internal dalam tubuh.

2. Meringankan Sembelit

Daun sirih adalah pembangkit tenaga antioksidan yang membersihkan radikal dari tubuh. Ini mengembalikan tingkat PH normal dalam tubuh dan membantu sakit perut. Ayurveda secara luas merekomendasikan makan daun sirih untuk menghilangkan sembelit . Hancurkan daun sirih dan masukkan ke dalam air semalaman. Minum airnya di pagi hari saat perut kosong untuk melancarkan buang air besar.

3. Meningkatkan Pencernaan

Pernah bertanya-tanya mengapa mengunyah daun sirih setelah makan enak? Direkomendasikan karena karminatif, usus, anti-perut kembung dan untuk sifat-sifat yang membantu dalam melindungi usus. Daun sirih meningkatkan metabolisme yang memicu sirkulasi dan merangsang usus untuk menyerap vitamin dan nutrisi penting.

4. Mengurangi masalah pernapasan

Daun sirih banyak membantu dalam mengobati masalah yang berhubungan dengan batuk dan pilek. Ini adalah obat yang sangat baik bagi mereka yang menderita dada, kemacetan paru-paru dan asma. Oleskan sedikit minyak mustard pada daun, hangatkan dan letakkan di dada untuk menyembuhkan hidung tersumbat. Anda juga bisa merebus beberapa daun dalam air, tambahkan kapulaga, cengkeh dan kayu manis dalam dua gelas air. Kurangi menjadi 1 cangkir dan konsumsi ramuan ini dua hingga tiga kali sehari untuk bantuan yang sangat baik dari masalah kemacetan dan pernapasan.

5. Sifat antiseptik dan anti jamur

Daun sirih memiliki sifat antiseptik yang luar biasa karena kaya akan polifenol terutama chavicol yang menawarkan perlindungan ganda dari kuman. Ini juga digunakan secara luas dalam mengobati radang sendi dan orkitis.

Sifat anti-jamurnya yang luar biasa memberikan bantuan instan dari infeksi jamur. Menerapkan pasta daun sirih membunuh infeksi jamur di daerah yang terkena.

6. Menjaga Kesehatan Mulut

Daun sirih memiliki banyak zat antimikroba, yang secara efektif memerangi sejumlah bakteri yang tinggal di mulut yang memicu bau tidak sedap, serta masalah gigi berlubang, plak, dan kerusakan gigi. Mengunyah sedikit pasta daun paan setelah makan tidak hanya meningkatkan kesehatan usus tetapi juga melawan bau mulut, bau mulut, serta meredakan sakit gigi, nyeri gusi, pembengkakan dan infeksi mulut.

7. Meredakan Nyeri Sendi

Harta karun senyawa anti-inflamasi ditemukan dalam daun sirih, yang sangat mengurangi ketidaknyamanan dan nyeri pada persendian - tanda-tanda menonjol dari banyak penyakit kronis yang melemahkan seperti rheumatoid arthritis, osteoporosis dll. Menghangatkan seikat daun sirih segar dan mengikatnya mereka erat di sekitar tulang dan sendi yang terkena secara signifikan mengurangi intensitas rasa sakit, peradangan di daerah itu dan meredakan gejala radang sendi.

8. Mengelola Diabetes

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa bubuk daun sirih berpotensi menurunkan lonjakan gula darah pada pasien diabetes tipe 2 yang baru didiagnosis. Daun sirih adalah antioksidan kuat yang membantu dalam memerangi stres oksidatif dan peradangan yang lebih rendah yang disebabkan karena glukosa darah yang tidak terkontrol dan mendukung dalam pengelolaan diabetes mellitus.

9. Mencegah Kanker

Daun sirih bila dikonsumsi dengan tembakau dan buah pinang merupakan faktor penyebab peningkatan risiko kanker mulut. Namun, perlu dicatat bahwa daun sirih sendiri dikemas dengan senyawa fenolik berharga yang memiliki sifat antioksidan, anti-mutagenik dan anti-proliferasi. Selain itu, daun sirih juga mengandung banyak fitokimia yang memiliki manfaat melawan kanker.

10. Melawan Depresi

Daun sirih digunakan selama berabad-abad sebagai obat alami untuk merangsang fungsi sistem saraf pusat. Kehadiran senyawa fenolik aromatik dalam daun sirih merangsang pelepasan katekolamin yang mendukung dalam meningkatkan rasa sejahtera dan mengangkat suasana hati. Oleh karena itu, mengunyah daun sirih saja adalah cara sederhana untuk mengalahkan depresi.

Coros Vertix 2S.

Coros Rilis Vertix 2S, Ini Spesifikasi dan Harganya

Brand jam tangan GPS yang kini sedang naik daun di kalangan atlet dan pencinta olahraga, Coros mengumumkan peluncuran smartwatch terbaru mereka yakni, Coros Vertix 2S.

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024