Bertambah 4 Kasus, Infeksi Cacar Monyet Kian Meluas?

Cacar monyet
Sumber :
  • The Sun

VIVA – Empat kasus tambahan cacar monyet telah ditemukan di Inggris di tengah upaya untuk melacak pasien. Tak satu pun dari infeksi baru yang memiliki hubungan dengan perjalanan ke Afrika, dan semuanya tersebar di London.

Piramida Sepakbola Inggris dalam Bahaya

Infeksi tambahan ini menjadikan jumlah total menjadi tujuh, dengan kasus pertama dilaporkan lebih dari seminggu yang lalu. Penyakit langka ini pada dasarnya disebarkan oleh hewan liar di bagian barat atau tengah Afrika.

"Ini langka dan tidak biasa," kata Kepala Penasihat Medis, UKHSA, Dr Susan Hopkins, dikutip dari laman The Sun.

Honda Luncurkan Motor Naked Sports Terbaru

"UKHSA dengan cepat menyelidiki sumber infeksi ini karena bukti menunjukkan bahwa mungkin ada penularan virus monkeypox di masyarakat, menyebar melalui kontak dekat," tuturnya.

Ia mengimbau agar masyarakat juga waspada terhadap ruam atau lesi tak biasa lantaran khawatir cacar monyet dapat menular lewat kontak seksual.

Arab Saudi Dirikan Maskapai Baru, Rute Riyadh-Afrika Akan Terealisasi

"Kami menghubungi setiap kontak dekat potensial dari kasus-kasus tersebut untuk memberikan informasi dan saran kesehatan," katanya.

Ini berarti Inggris telah melihat lompatan besar kasus dalam beberapa pekan terakhir, dengan hanya 12 yang sekarang dilaporkan. Ada pun infeksi cacar monyet terjadi setelah Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) mengonfirmasi sebuah kasus telah ditemukan di Inggris pada 7 Mei, dengan dua lainnya dikonfirmasi selama akhir pekan.

Pasien awal bepergian dari Nigeria dan dirawat di Rumah Sakit St Thomas di London. Orang-orang yang mungkin telah melakukan kontak dekat dengan kasus-kasus ini sekarang sedang diburu oleh dokter dan diberikan informasi dan saran kesehatan untuk mempersiapkan diri, kata UKHSA. 

Kini, empat lagi telah ditemukan, dua di antaranya saling kenal. Individu memiliki klad virus Afrika Barat, yang lebih ringan dibandingkan dengan klad Afrika Tengah.

UKHSA bekerja dengan NHS untuk menghubungi siapa saja yang mungkin telah melakukan kontak dekat dengan orang yang menular. Itu termasuk penumpang yang melakukan perjalanan "dalam jarak dekat" pada penerbangan pasien pertama ke Inggris, dan mereka yang terkait dengan kasus terbaru.

Ilustrasi manusia terinfeksi Cacar Monyet.

Photo :
  • Dok CDC Public Health

Penularan

Penyakit ini sangat langka dan tidak mudah menyebar antar manusia. Namun, dapat ditularkan melalui kontak dengan pakaian atau linen - termasuk tempat tidur - yang digunakan oleh pasien yang terinfeksi. Pada tahun 2018, lebih dari 50 orang telah diperingatkan bahwa mereka mungkin telah terpapar penyakit tersebut.

Gejala

Seorang perawat NHS tertular virus saat mengganti seprai pasien di rumah sakit, menyalahkan sarung tangan pelindung "sangat kecil". Kontak langsung dengan keropeng cacar monyet atau orang dengan ruam batuk atau bersin dapat menyebarkan virus.

Gejalanya antara lain demam, sakit kepala, kedinginan, kelelahan, nyeri, dan pembengkakan kelenjar getah bening. Ruam biasanya menyebar dari wajah ke seluruh tubuh sekitar lima hari setelah demam muncul sebelum membentuk keropeng.

Gejalanya biasanya ringan dan kebanyakan orang sembuh dalam beberapa minggu setelah menerima perawatan di rumah sakit spesialis. Ini memiliki tingkat kematian antara satu dan 10 persen, dengan sebagian besar kematian terjadi pada kelompok usia yang lebih muda.

"Penting untuk menekankan bahwa cacar monyet tidak menyebar dengan mudah di antara orang-orang dan risiko keseluruhan untuk masyarakat umum sangat rendah," kata Dr Colin Brown, Direktur Infeksi Klinis dan Muncul, UKHSA.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya