Kolesterol Sudah Fatal Jika Temukan Tanda Ini di Kaki

Ilustrasi kaki.
Sumber :
  • Freepik/schantalao

VIVA – Membiarkan kolesterol tidak diobati dapat menyebabkan iskemia ekstremitas kritis, yaitu aliran darah terhambat ke kaki. Namun, ini tidak akan terjadi jika tubuh membunyikan 'lonceng alarm'. Seorang ahli telah berbagi mengenai gejala serius yang bisa menandakan bahwa kolesterol telah menjadi fatal. 

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

"Low density lipid cholesterol (LDL) dikenal sebagai kolesterol jahat karena jumlah yang tinggi dalam darah menyebabkan penyumbatan di arteri dan meningkatkan risiko masalah jantung atau stroke," ujar Dr Rodney Foale, Konsultan Kardiologis di Harley Street Clinic., bagian dari HCA Healthcare UK, dilansir Express, Selasa 17 Mei 2022. 

Itulah alasannya sangat penting menjaga kadar kolesterol tetap terkendali karena kondisinya dapat berkembang menjadi masalah lebih lanjut. Kolesterol tinggi dianggap sebagai awal dari masalah kesehatan yang serius. 

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

"Jika tidak diobati, seiring waktu kolesterol tinggi dapat menyebabkan aterosklerosis. Arteri tersumbat dengan zat lemak yang disebut plak, yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Proses yang membuat arteri Anda tersumbat ini terkadang dapat menyebabkan masalah serius dan seringkali fatal, termasuk iskemia ekstremitas kritis," kata Dr Foale. 

Ilustrasi kolesterol.

Photo :
  • Freepik/brgfx
7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Protein untuk Kesehatan Tulang

Kondisi yang berpotensi fatal tersebut disebabkan karena tingginya kadar kolesterol dalam darah. Di mana iskemia ekstremitas kulit terjadi jika aliran darah ke kaki menjadi sangat terbatas. Untungnya, hal itu terjadi dengan menunjukkan gejala. 

Karena kondisi tersebut dipicu oleh berkurangnya aliran darah ke kaki, ini adalah area di mana gejala dapat terlihat. Dr Foale membuat daftar gejala iskemia ekstremitas kritis. 

- Rasa sakit terbakar yang parah di kaki yang berlanjut bahkan saat beristirahat.
- Kulit pucat, berkilau, halus dan kering
- Luka dan borok (luka terbuka) di kaki yang tak kunjung sembuh. 
- Kehilangan massa otot di kaki
- Kulit pada jari kaki atau tungkai bawah dingin dan mati rasa, berubah menjadi merah kemudian hitam, dan atau mulai membengkak dan bernanah yang berbau, menyebabkan nyeri hebat (gangren). 

"Angioplasti atau cangkok bypass biasanya merupakan pengobatan yang direkomendasikan, namun dalam beberapa kasus, amputasi di bawah lutut mungkin diperlukan. Jika Anda berpikir Anda mengalami gejala iskemia ekstremitas kritis, Anda harus segera menghubungi dokter Anda untuk diagnosis," tuturnya. 

Ilustrasi kolesterol tinggi

Photo :
  • Times of India

Sayangnya, tidak banyak tanda peringatan kolesterol tinggi karena tanda bahaya biasanya hanya muncul seiring perkembangan kondisi. 

"Ini adalah faktor risiko tersembunyi, yang berarti itu terjadi tanpa kita sadari. Jika mereka merasa Anda berisiko, dokter umum Anda akan merujuk Anda untuk tes darah sederhana untuk memeriksa kolesterol Anda. Ini adalah satu-satunya cara untuk mengetahui apakah kolesterol Anda terlalu tinggi," paparnya. 

Dokter akan mendasarkan pada usia, berat badan, status merokok, tekanan darah tinggi, apakah Anda penderita diabetes, atau apakah ada riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi atau masalah jantung. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya